Mudik Pakai Mobil Matik? Begini Triknya Kalau Menghadapi Jalan Menanjak

18/05/2019

Pengemudian
Share this post:
Mudik Pakai Mobil Matik? Begini Triknya Kalau Menghadapi Jalan Menanjak
Mudik pakai mobil matik memang memiliki beberapa keuntungan dibanding mobil transmisi manual. Namun Anda wajib mengetahui sejumlah trik saat mengemudikan mobil matik dan menghadapi kondisi jalan yang beragam, termasuk jalan menanjak.

Dalam lima tahun terakhir, populasi mobil transmisi otomatis alias mobil matik memang meningkat pesat. Karena kepraktisannya, banyak yang menggunakan mobil matik dibanding mobil transmisi manual.

>>> Jadi Favorit, Berikut Ini Jenis Transmisi Otomatis

Bahkan kini masyarakat Indonesia tak ragu lagi saat melakukan perjalanan mudik pakai mobil matik. Lantas bagaimana jika di tengah perjalanan Anda menghadapi kondisi jalanan menanjak dan macet akibat volume kendaraan yang meningkat saat musim mudik Lebaran?

Berikut trik menghadapi jalan menanjak saat mengemudikan mobil matik:

1. Tanjakan Tidak Curam

Injak pedal gas

Tambah tekanan di pedal gas saat menghadapi tanjakan tidak curam

Pada tuas transmisi mobil matik, biasanya ada huruf-huruf yang tertera seperti "P", "R", "N", "D", "D3", D2", "D1" atau "L". Arti huruf-huruf tersebut bisa Anda baca disini. Dan jika menemui jalan menanjak namun tidak terlalu curam, Anda bisa tetap posisikan tuas transmisi di "D" namun dengan sedikit menambah tekanan ada pedal gas agar laju mobil tetap stabil.

>>> Agar Tidak Tertipu, Simak Tips Membeli Mobil Bekas Transmisi CVT

2. Tanjakan Curam

Mobil di jalan menanjak

Selalu waspada saat menghadapi jalan menanjak

Jika ternyata di tengah perjalanan mudik, Anda harus mengemudi di jalan menanjak misalnya di daerah pegunungan, maka biasanya medan yang harus Anda lalui lebih curam. Untuk itu geser tuas transmisi ke posisi "D2" agar tenaga mobil tidak hilang dan Anda bisa melewati tanjakan dengan mudah.

>>> Temukan tips pengemudian lainnya di sini

3. Tanjakan dan Macet

Jalan menanjak dan macet

Saat jalan macet dan menanjakan gunakan gigi terendah

Tidak menutup kemungkinan, saat Anda mengemudi di jalan menanjak ditambah juga kondisi jalan macet akibat volume kendaraan yang meningkat saat musim mudik Lebaran tiba. Jika Anda mengemudikan mobil transmisi otomatis, maka geser tuas trasnmisi ke posisi "D1" atau "L".

>>> Cari mobil untuk mudik Lebaran? Cek disini

4. Tidak Perlu Injak Rem Saat Pindah Tuas Tranmisi

Mobil berhenti di jalan

Saat di rem mobil kehilangan torsi

Saat Anda akan menggeser tuas transmisi dari posisi "D" ke "D2" atau "D1" dan sebaliknya, hindari menginjak pedal rem. Anda Hanya perlu langung mengegser tuas transmis, atau menekan tombol yang ada di tuas persneling untuk dapat memindahkan gigi. Hal ini agar mobil tidak kehilangan torsi saat pedal rem diinjak.

Demikian tips mudik pakai mobil matik dan harus menghadapi jalan menanjak. Jangan lupa untuk selalu waspada dan menjaga keselamatan di jalan raya.

>>> Banyak tips menarik tentang mudik Lebaran disini

Prasetyo Adhi
Share this post:

Berita lain

7 Hal yang Harus Dihindari ketika Mengemudikan Transmisi Otomatis

10/01/2018

Pengemudian

Hadirnya transmisi otomatis tentu saja menjadi penemuan terbesar dalam industri otomotif saat ini. Transmisi otomatis tentunya membantu pengemudi pemula dalam mengemudikan mobilnya. Tapi, apakah anda mengetahui bagaimana cara mengemudikan transmisi otomatis agar selalu aman dan nyaman?

Lihat juga

Membeli Mobil Bekas: Mengecek Transmisi Mobil Matic Bekas

10/08/2018

Jual beli

Mobil bekas bertransmisi otomatis atau matic seringkali menjadi pilihan. Mengecek transmisi mobil matic bekas juga mudah, Anda cukup memperhatikan beberapa hal saja.

Lihat juga

Tips untuk Menghemat BBM Mobil Matic

Perbedaan yang cukup signifikan mobil dengan transmisi manual dengan transimis otomatis bisa dilihat dari pemakaian bahan bakarnya. Penelitian menujukkan bahwa mobil otomats lebih banyak memakan bahan bakar dibandingkan mobil dengan transmisi manual. Mobil transmisi manual mempunyai transmisi yang bisa disesuaikan dengan kecepatan dan keadaan jalan sehingga membuatnya menjadi lebih hemat. Meskipun begitu, ada beberapa tips yang bisa teman lakukan untuk menghemat bbm mobil matic.

Lihat juga

Test Drive Wuling Cortez L Lux Plus 1.8 i-AMT 2018

Rp 193.800.000

02/08/2018

Editor rate:

Test Drive Wuling Cortez L Lux Plus 1.8 i-AMT, Apa benar mending Wuling? Mungkin Anda sudah agak bosan bahkan kesal mendengar pertanyaan tersebut apalagi jika Anda termasuk netizen yang kekinian dengan memantau sosial media. Kami persembahkan reviewnya untuk Anda.

Lihat juga

Daftar Harga Toyota Calya Terbaru Mei 2020 Di Indonesia

01/05/2020

Toyota

Akhirnya, hal yang ditunggu-tunggu tiba juga. Yap, benar sekali, New Toyota Calya tahun 2019 akhirnya meluncur sebagai penyegaran baru. Bukan sekedar perubahan minor, tapi keseluruhan fitur benar-benar berubah. Penasaran? Berikut daftar harga Toyota Calya terbaru 2020.

Lihat juga