Mudik Ke Surabaya, Naik Mobil Lewat Tol atau Kereta Api?

09/12/2019

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Mudik Ke Surabaya, Naik Mobil Lewat Tol atau Kereta Api?
Ada banyak moda transportasi untuk menempuh jarak Jakarta-Surabaya sepanjang 750 km. Kira-kira mana yang lebih hemat, naik mobil pribadi lewat tol atau naik kereta api?

Musim liburan, waktunya mempersiapkan diri mengisi hari dengan beragam aktivitas. Banyak hal bisa dilakukan untuk merelaksasi pikiran dari kepenatan di tempat kerja. Buat Anda yang tak punya rencana kemana-mana, Anda bisa mengisi liburan di rumah menghabiskan waktu bersama keluarga. Atau jika ingin refreshing ringan, Anda bisa mendatangi tempat-tempat wisata terdekat untuk menikmati pemandangan alam yang indah. Anda juga bisa menikmati berbagai wahana yang tersedia, atau menikmati beragam kuliner yang menggoda.

Foto menikmati suasana wisata di waterpark

Liburan, saatnya bersantai dan menghilangkan stres

Nah, khusus buat kalian yang tinggal di ibu kota dan punya keluarga di Surabaya, kalian bisa mudik untuk melepas kerinduan bertemu dengan orang-orang tercinta, sembari menikmati panjangnya Jalan Tol Trans Jawa yang kini sudah beroperasi penuh.

Ngomong-omong perjalanan Jakarta-Surabaya ada baiknya persiapan dilakukan secara matang. Pertimbangkan berbagai hal yang berkaitan seperti efisiensi waktu, ongkos perjalanan, hingga tingkat kerepotan yang bakal dialami. Semua hal di atas berkaitan pada pemilihan moda transportasi yang akan digunakan.

Ada banyak moda transportasi yang bisa dipilih mulai pesawat, kereta api, mobil pribadi hingga shuttle. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Tapi kalau harus memilih, mending pesawat atau mobil? Mending naik mobil lewat tol atau kereta api? Ayo dihitung lalu tentukan pilihan!

  • Pesawat, hanya butuh waktu sekitar 2 jam dari Jakarta ke Surabaya. Lebih cepat dan nyaman dibanding yang lain sehingga kelelahan bisa diminimalisir. Konsekuensinya, butuh dana besar untuk kebutuhan tiket. Sebagai contoh untuk tiket kelas ekonomi tanggal 23 Desember 2019 harga termurah Rp 855.000 per satu penumpang dewasa. Bayangkan jika kalian berangkat satu keluarga 6 orang, tinggal mengalikan saja.
  • Kereta Api, harga tergantung kelas yang dipilih karena berpengaruh dengan kenyamanan. Untuk kelas ekonomi harga paling murah Rp 300.000 per satu penumpang dewasa. Kelas Executive paling murah Rp 680.000. Untuk kelas di atasnya lebih mahal lagi. Jika kalian berangkat satu keluarga, yah tinggal mengalikan saja. Kalau untuk waktu tempuh berkisar antara 9 sampai 10 jam.

>>> Mesin Mati Saat Melintasi Rel Kereta Api, Kok Bisa?

Foto kereta api melintas di stasiun

Oke juga naik kereta api

  • Bus/shuttle, ini moda transportasi yang cukup bersaing antara satu perusahaan dengan yang lain. Selain dalam hal pelayanan juga harga yang ditawarkan. Dari pantauan di situs pemesanan tiket Traveloka kami dapatkan harga termurah untuk perjalanan Jakarta-Surabaya adalah Rp 210.000 (bus dengan konfigurasi tempat duduk 2x2). Sedangkan yang termahal Rp 380.000. Kalian bisa memilih yang termurah untuk berhemat. Tapi kalau ingin lebih nyaman bisa memilih yang mahal. Silahkan hitung sendiri jika Anda membawa satu keluarga 6 orang.
  • Mobil pribadi. Untuk moda transportasi yang ini kalian bebas membawa penumpang beserta barang bawaannya hingga batas maksimal. Yang mau dihitung disini yaitu biaya operasional sepanjang perjalanan. Untuk Jakarta-Surabaya yang berjarak sekitar 750 km - 800 km, dengan perjalanan via tol Trans Jawa BBM (Pertamax) yang dibutuhkan sekitar 75 liter. Dikalikan harga Pertamax saat ini Rp 9.850 ketemu Rp 738.750 (dibulatkan Rp 740.000). Ditambahkan dengan biaya e-toll sekitar Rp 700 ribuan, ketemu Rp 1.440.000.

>>> Akhir Tahun, Yuk Pilih Mobil Paling Cocok Buat Liburan!

Contoh mobil keluarga yang recommended buat perjalanan jauh

Secara kesimpulan, jika Anda nge-trip sendiri dari Jakarta ke Surabaya atau sebaliknya, lebih hemat jika naik moda transportasi umum. Anda tinggal membeli tiket lalu naik dan diantar sampai pemberhentian terakhir. Untuk selanjutnya sampai alamat yang dituju bisa naik taksi online atau yang lain. Tapi kalau ngetrip sekeluarga 6 orang misalnya, naik mobil pribadi lebih hemat biaya dibanding transportasi umum. Bagaimana menurut kalian?

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Berapa Sih Kecepatan Mobil di Jalan Tol yang Aman dan Nyaman?

05/12/2019

Pengemudian

5 menit

Batas kecepatan mobil di jalan tol yang aman dan nyaman sebenarnya sudah ditetapkan dalam peraturan lalu lintas. Selain aman untuk pengemudi, menjaga kecepatan saat berkendara juga baik untuk kendaraan tersebut.

Lihat juga

Waspadai Derek Liar di Jalan Tol, Begini Cara Mendeteksi dan Menghindarinya

03/12/2019

Pengemudian

3 menit

Derek liar menyasar mobil-mobil mogok di jalan tol demi mendapat banyak keuntungan. Agar tidak jadi korban, begini saran polisi untuk mengetahui dan menghindarinya.

Lihat juga

Tilang Elektronik di Jalan Tol Sudah Berlaku, Ini Daftar Lokasinya

28/11/2019

Pengemudian

5 menit

Setelah disejumlah ruas jalan protokol, tilang elektronik di jalan tol juga sudah berlaku. Bahkan titik-titik kamera dipasang pada ruas jalan yang menghubungkan antara Jakarta dengan kota-kota lain disekitarnya.

Lihat juga

Mudik Jarak Jauh Naik Mobil, Lebih Baik Siang atau Malam?

26/04/2019

Pengemudian

Mudik lebaran merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh orang-orang muslim di Indonesia. Ada banyak moda transportasi yang dipilih, bisa kereta, pesawat, bis, motor, dan mobil. Jika Anda memilih mudik jarak jauh menggunakan mobil, kapankah waktu mudik yang terbaik?

Lihat juga

Dilema Baru di Ibu Kota: Naik Mobil atau MRT Jakarta?

08/03/2019

Pasar mobil

Naik mobil atau MRT Jakarta? Kebimbangan tersebut mungkin akan muncul di benak pemilik mobil pribadi yang sehari-hari beraktivitas di Ibu Kota. Wajar, karena kehadiran MRT bisa dinilai sebagai pilihan baru transportasi untuk berkomuter.

Lihat juga