Mudik ke Kampung Halaman? Waspada Saat Menghadapi Jalan Berlubang

13/05/2019
Ketika Anda melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, beragam kontur jalan akan Anda temui, termasuk menghadapi jalan berlubang. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar perjalanan tetap aman dan nyaman.

Melakukan perjalanan mudik Lebaran memang cukup berbeda dibanding Anda melakukan perjalanan pada hari-hari biasa. Kondisi tubuh yang lebih lemah akibat sedang berpuasa, serta lalu lintas yang lebih padat dibanding biasanya, disatu sisi membutuhkan konsentrasi yang lebih.

>>> 5 Persiapan Sebelum Masuk Jalan Tol yang Wajib Dilakukan Pengemudi

Namun, perjalanan lintas kota maka Anda akan dihadapkan pada kondisi jalan yang beragam pula. Ada jalan lurus, tanjakan, turunan, berkelok. Jalan tol, jalan kota, jalan pedesaan, serta jalan dengan permukaan aspal yang mulus atau jalan yang rusak dan berlubang.

Berikut tips menghadapi jalan berlubang saat Anda melakukan perjalanan mudik Lebaran:

1. Kurangi Kecepatan

Batas kecepatan di jalan raya

Selalu jaga kecepatan di perjalanan

Saat Anda menemui jalan berlubang, sebaiknya Anda memperlambat laju kendaraan Anda. Agar dapat melakukan tindakan ini, sebaiknya selalu jaga kecepatan kendaraan Anda agar tidak melebihi dari batas yang telah ditetapkan oleh rambu lalu lintas.

>>> Pentingnya Rambu-Rambu Batas Kecepatan

Hindari mengurangi kecepatan secara mendadak karena berpotensi mengagetkan mobil di belakang. Hindari pula mengerem kuat saat ban memasuki lubang. Hal tersebut akan memperkuat benturan antara ban, pelek dan pinggir lubang. Sebaiknya injak rem secara bertahap hingga sesaat sebelum ban menerjang lubang dan langsung melepas dengan cepat pedal rem.

2. Perkirakan Kedalaman Lubang

Lubang di tengah jalan

Waspada lubang yang terlalu dalam

Sebelum melalui lubang tersebut, perkirakan bagaimana kondisi dan kedalaman lubang yang akan dilewati. Kita bisa menjadikan mobil di depan sebagai parameter untuk melakukan pengukuran kedalaman lubang tersebut. Jika ternyata terlalu dalam, maka ambil sisi lain secara perlahan dari jalan yang akan dilalui. Jika memungkinkan, tempatkan lubang tepat di antara roda mobil.

>>> Sedang mencari mobil berbagai merek? Kami punya pilihannya!

3. Biarkan Ban Masuk ke Lubang

Ban mobil kempis di jalan

Periksa kondisi ban jika menghantam lubang dengan keras

Jika memang terpaksa harus masuk ke lubang, maka lewati secara perlahan dan biarkan seluruh permukaan telapak ban masuk ke lubang. Dengan demikian, Anda mengurangi risiko kerusakan ban, terutama kerusakan dinding ban.

Jika ban terlanjur melintas lubang dengan keras, segera menepi saat lokasi sudah aman. Cek kondisi ban apakah ada yang kempis, cek pula pelek apakah ada yang rusak atau bahkan peyang. Jika ada, ganti dengan ban cadangan untuk menghidnari ban bermasalah di tengah perjalanan.

>>> Temukan tips pengemudian lainnya di sini

4. Jangan Lepaskan Tangan dari Setir

Saat menghadapi jalan berlubang sebaiknya posisi kedua tangan tetap berada di setir dan memagang kemudi dengan kokoh. Melintasi jalan berlubang dapat menggerakan setir yang akan membuat mobil roda depan Anda berubah arah. Sehingga diperlukan kontrol kemudi yang tetap optimal.

>>> Tips & trik soal mobil paling lengkap ada disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
1

berita lain