Mudik Dilarang, Jalin Silaturahmi Dengan 4 Cara ini!

06/05/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Mudik Dilarang, Jalin Silaturahmi Dengan 4 Cara ini!
Meski mudik dilarang pemerintah, komunikasi dengan sahabat dan orang-orang tercinta tetap harus dijaga. Jalin silaturahim dengan mereka dengan 4 cara berikut!

Musim lebaran tahun ini mudik dilarang oleh pemerintah. Meski demikian bukan berarti putus hubungan dengan keluarga, sahabat, serta orang-orang tercinta. Masih banyak cara bisa dilakukan agar kedekatan dengan mereka tetap terjaga, tanpa harus melanggar aturan social distancing dari pemerintah. Bahkan bisa jadi lebih aman dari terpapar virus Corona (COVID-19) meningingat tidak ada kontak langsung dalam jarak berdekatan.

Berikut 4 cara menjalin silaturahim jarak jauh yang bisa Anda lakukan dengan mudah:

1. Silaturahmi Online

Foto menunjukkan gadis melakukan video call

Mudik dilarang, silaturahim jalan terus via online

Jalin silaturahim dengan memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi. Anda bisa melakukannya lewat genggaman tangan melalui aplikasi yang ada di smartphone. Anda pun bebas memilih mau video call, pesan singkat, atau bahkan melalui vlog yang Anda buat sebelumnya. Cara pertama ini syaratnya cukup mudah dan jauh lebih murah dibanding ongkos perjalanan mudik, yaitu koneksi internet.

>>> Sisi Positif di Rumah Aja dan Tak Berkendara di Bulan Puasa

2. Update status di media sosial

Gambar ucapan selamat hari raya via Facebook

Manfaatkan sosmed untuk hal positif

Mirip dengan cara pertama yang membutuhkan smartphone dan koneksi internet, Anda bisa menjalin silaturahim memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan yang lain. Anda bisa berbagi informasi kondisi Anda nun jauh di sana, mengucapkan selamat serta bermaaf-maafan dengan keluarga dan orang-orang tercinta.

3. Bagi-bagi THR

Gambar banner bagi-bagi THR online

Saling berbagi kebahagiaan bisa dilakukan dimana saja

Akan sangat menyenangkan jika Anda bisa berbagi kebahagiaan, misalnya berbagi THR buat yang punya kelebihan rejeki. Anda bisa mengirim uang kepada keluarga di kampung melalui transfer di rekening bank atau dompet digital.

Cara yang sama bisa dilakukan sebaliknya, dari Anda yang berada di kampung halaman ke keluarga/orang-orang terdekat di perantauan. Seperti diketahui, musim puasa dan lebaran tahun ini mudik dilarang bersamaan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Mungkin keluarga di perantauan sedang merasa kesulitan dari sisi keuangan Anda bisa mengirimkan sejumlah uang kepada mereka dari kampung halaman. Selain membantu mereka untuk survive, cara ini juga bisa menjadi ajang silaturrahim yang sangat berharga.

>>> Industri Otomotif Diminta Tetap Membayar THR Meski Pabrik Tutup

4. Kirim bingkisan dan kartu ucapan Lebaran

Foto menunjukkan Paket Lebaran

Bukan nominal harganya yang berarti, tapi jalinan silaturrahimnya

Dikarenakan mudik dilarang, Anda tidak bisa berkendara ke luar kota. Namun beda dengan kendaraan jenis tertentu seperti kendaraan paket dan pos yang diizinkan tetap beroperasi selama larangan mudik dan PSBB.

Anda bisa memanfaatkan jasa mereka untuk sekadar mengirim hadiah atau bingkisan tanda silaturrahim serta ucapan selamat Lebaran. Tidak harus berisi barang-barang mahal, bahkan hanya berupa sembako, peralatan masak, kue kering, dan makanan ringan yang lain akan memberi kesan tersendiri. Jika Anda mau, Anda juga bisa menyelipkan kartu ucapan lebaran di dalamnya diserta permohonan maaf dan berbagi doa kebaikan.

Sekali lagi, tetap jalin silaturrahim dengan keluarga dan orang-orang terdekat meski Anda tidak diperbolehkan mudik.

>>> Berita mobil terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

10 Hari Larangan Mudik, Polda Jabar Paksa 33 Ribu Kendaraan Putar Balik

05/05/2020

Pasar mobil

3 menit

10 hari sejak berlaku larangan mudik Polda Jawa Barat berhasil mengarahkan lebih dari 33 ribu kendaraan yang hendak mudik untuk putar balik ke daerah asal.

Lihat juga

Beragam Modus Penyelundupan Pemudik, dari Truk Kerupuk sampai Mobil Towing

04/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Ada beragam cara penyelundupan pemudik yang dilakukan sejumlah oknum. Mulai dari menyembunyikan pemudik di balik bak muatan barang, mengangkut mobil ke atas truk, hingga menggunakan mobil towing yang disii pemudik.

Lihat juga

10 Hari Larangan Mudik Lebaran Tercatat Ada 23 Ribu Lebih Pelanggaran

04/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Jumlah pelanggaran terkait larangan mudik Lebaran sudha mencapai lebih dari 23.000 kendaraan. Semua kendaraan ini pun dipaksa putar balik karena terindikasi akan melakukan perjalanan mudik.

Lihat juga

Ingat, Ada Surat Keterangan dari RT/RW Bukan Alasan Boleh Mudik Lebaran!

01/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Polisi memberikan kelonggaran mereka yang boleh mudik Lebaran dengan catatan ada surat keterangan dari RT/RW. Tapi bukan cuma surat keterangan, ada penilaian lain yang akan dilakukan polisi.

Lihat juga
 
back to top