Mudahkan Registrasi Pelat Nomor Cantik, Korlantas Polri Luncurkan BPKB PNBP Cashless dan ROPILNAS

08/11/2019

Pengemudian
Share this post:
Mudahkan Registrasi Pelat Nomor Cantik, Korlantas Polri Luncurkan BPKB PNBP Cashless dan ROPILNAS
Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri melanjutkan program digitalisasi layanan publik dengan meluncurkan BPKB PNBP Cashless dan Registrasi Online NRKB Pilihan Nasional (ROPILNAS), dua aplikasi untuk memudahkan masyarakat melakukan pembayaran dan registrasi kendaraan.

Sukses dengan program Smart SIM yang diluncurkan bulan lalu, digitalisasi layanan publik kembali dilakukan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Bebarengan dengan Rakernis (Rapat Kerja dan Tekhnis) fungsi lalu lintas tahun anggaran 2019, Rabu (6/11/19) di Ballroom Discovery Kartika Hotel Plaza, Kuta Bali, dua inovasi baru resmi diluncurkan, yaitu BPKB PNBP Cashless dan Registrasi Online NRKB Pilihan Nasional (ROPILNAS).

Peresmian dilakukan langsung oleh Kakorlantas Polri, Irjen Pol Refdi Andri, dalam sambutannya Kakorlantas menuturkan tujuan utama dari peluncuran keduanya adalah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang pembayaran dan registrasi identifikasi kendaraan bermotor agar lebih mudah, cepat, akurat, dan informatif.

"Pada aplikasi yang kita launching ini sangat membantu masyarakat, karena kita sudah meminimalkan cara-cara pembayaran dengan lebih mudah yaitu dengan cashless. Ke depan kita juga akan semua buat mudah seperti pembayaran STNK dan yang lainnya," tutur Kakorlantas, seperti dikutip dari ntmcpolri.info, (6/11/2019).

>>> Smart SIM Resmi Diluncurkan, Ini Kelebihan dan 4 Fungsi Utamanya!

Foto menunjukkan suasana saat Peluncuran dua inovasi baru Korlantas Polri

Dua inovasi baru diluncurkan Korlantas Polri untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat

BPKB PNBP Cashless adalah metode pembayaran non tunai melalui kode bayar virtual account. Aplikasi ini juga merupakan mendukung program dan instruksi Presiden, Kapolri dan Korlantas polri untuk menghindari korupsi, perampokan, pencurian, dan uang palsu.

Sedangkan Registrasi Online NRKB Pilihan Nasional (ROPILNAS) adalah aplikasi untuk memudahkan masyarakat dalam memilih NRKB (Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor) pilihan dan melakukan pembayaran secara online.

Seperti diketahui NRKB akan menghasilkan nopol seperti yang kita lihat pada pelat nomor kendaraan bermotor. Untuk NRKB Pilihan menghasilkan pelat nomor sesuai keinginan pemilik kendaraan atau biasa disebut pelat nomor cantik. Baik NRKB biasa atau NRKB pilihan, untuk mendapatkannya tidak gratis, ada tarif yang harus dibayarkan sesuai dengan Peraturan Pemerintah RI No. 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Kepolisian negara Republik Indonesia. Biaya untuk NRKB pilihan lebih besar mulai dari Rp 5.000.000 hingga Rp 20.000.000.

>>> Baca juga : Mau Pakai Pelat Nomor Cantik, Ini Ketentuan dan Biayanya!

Foto pelat nomor cantik pada Lamborghini

Nomor cantik bisa didapat dengan tarif registrasi yang berbeda

Berbeda dengan BPKB PNBP Cashless yang langsung bisa digunakan di seluruh wilayah Polda di Indonesia mulai pada hari peluncuran, Registrasi Online NRKB Pilihan Nasional (Ropilnas) baru berjalan di 5 wilayah Polda. Ke depan dan secara bertahap aplikasi ini juga akan diberlakukan di seluruh wilayah Indonesia.

"Tahap dua di tahun selanjutnya pada 14 Polda dan yang tahap tiga 15 Polda. Pada akhirnya, semua Polda sudah bisa menggunakan Ropilnas," kata Kakorlantas.

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Fatchur Sag
Share this post:

Berita lain

Masih Wacana, Ini Plus Minus STNK Kertas Jadi Kartu

05/11/2019

Pengemudian

3 menit

Ada wacana dari Korlantas Polri untuk mengganti Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) saat ini menjadi e-STNK berwujud kartu. Lalu apa plus minus jika rencana ini direalisasikan?

Lihat juga

Menarik, STNK Kertas Bakal Diganti Jadi e-STNK Mirip Smart SIM

01/11/2019

Pengemudian

3 menit

Memanfaatkan kemajuan teknologi Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri berencana mengganti STNK dari semula berbahan kertas menjadi e-STNK atau STNK Elektronik mirip Smart SIM.

Lihat juga

Jakarta Punya Aplikasi E-Uji Emisi Sebagai Syarat Perpanjang STNK

14/08/2019

Pasar mobil

5 menit

Sebuah aplikasi e-uji emisi telah diluncurkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Tujuannya menjadi data base tingkat emisi gas buang kendaraan yang ada di Ibukota untuk menentukan kebijakan lainnya.

Lihat juga

Berlaku Mulai Tahun Ini, STNK Mati 2 Tahun Otomatis Data Kendaraan di Samsat Dihapus

16/08/2019

Jual beli

5 menit

Peraturan mengenai pengahpusan data kendaraan apabila STNK mati 2 tahun akan mulai berlaku tahun ini. Seperti apa mekanismenya?

Lihat juga

Cara Balik Nama BPKB Kendaraan

25/07/2017

Jual beli

Membeli mobil bekas adalah pilihan bagi banyak orang yang tidak ada cukup uang untuk membeli mobil baru. Saat membeli mobil bekas, pastilah mereka harus melakukan balik nama STNK maupun BPKB mobil. Kali ini kami hendak memberikan informasi tentang cara balik nama BPKB kendaraan.

Lihat juga