Modifikasi Toyota GR Supra SARD, Pertegas DNA Motorsport

27/11/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Modifikasi Toyota GR Supra SARD, Pertegas DNA Motorsport
Meski tidak sepopuler TRD atau Tom’s, SARD punya reputasi bagus khususnya di kancah motorsport. Hal ini juga yang coba diterapkan dalam projek modifikasi Toyota GR Supra, gimana hasilnya?

Jika dibandingkan rumah modifikasi Toyota lainnya, SARD memang tidak sepopuler TRD atau Tom’s. Tapi jangan salah, tuning house yang berbasis di Aichi ini memiliki sejarah panjang di ajang Motorsport selama 48 tahun.

Mobil balap Super GT Toyota Supra SARD

SARD memiliki sejarah panjang sebagai tuning house khusus balap Toyota

Berbagai projek balap Toyota digawangi oleh SARD, termasuk membawa Supra untuk balap di Le Mans 24 jam pada era 1990an. Berbekal pengamalan tersebut, SARD menegaskan DNA motorsport Toyota GR Supra lewat serangkaian modifikasi di sisi eksterior dan powertrain.

>>> Toyota Supra GR 450, Modifikasi Tak Biasa Dari Manhart

Lebih lebar, lebih agresif

Seperti kita lihat di foto dari sang tuning house Toyota GR Supra SARD terlihat sangat agresif. Bodykit yang dipakai lebih lebar sekitar 80mm dibandingkan versi standar, lubang udara depan juga terlihat lebih besar, dan menegaskan bentuk X di fascia mobil.

Tampilan depan Toyota GR Supra SARD

Bodykit depan semakin menegaskan kesan agresif fascia Supra A90

Kap mesin juga diganti dengan yang lebih besar untuk mengakomodasi lebar tapak ban mobil, SARD juga menambahkan kisi-kisi di kap mesin dan fender depan mobil. Pindah ke belakang, fender yang dibuat makin lebar menegaskan desain buritan mobil yang menganut bentuk ala botol Cola, pintu mobil juga dibuat ulang agar terlihat lebih senada.  

Tampilan belakang Toyota GR Supra SARD

Spoiler yang dipasang di Supra SARD terlihat lebih manis dan tidak berlebihan

Desain bumper belakang Toyota GR Supra SARD juga dibuat lebih dalam, tentu dengan kisi-kisi lebih besar dan diffuser yang juga menyematkan lampu mundur bentuk segitiga dari versi standar dan juga lubang knalpot yang lebih besar. Lip spoiler yang cukup menonjol di depan dan belakang mobil jadi menguatkan kesan agresif mobil, uniknya spoiler yang dipakai tidak terlalu besar yang justru memberi kesan manis.

>>> Lihat inspirasi modifikasi lain yang tak kalah menariknya di sini

Perombakan teknis, tenaga naik jadi 500 HP

Tampilan Toyota GR Supra SARD sudah cukup impresif, tapi sebenarnya itu hanyalah kedok yang menyembunyikan ubahan yang didapat di balik kap mesin. Tidak, SARD tidak melakukan swap engine 2JZ-GTE dan memilih tetap memakai mesin bawaan B58 3.0L turbo, dan girboks otomoatis 6-percepatan dari ZF.

Namun, tuner yang terbilang cukup sukses itu memodifikasi mesin bawaan Toyota GR Supra A90 dengan mengganti turbo BorgWarner yang lebih besar, dan roda kompresor merk Billet.

Mesin Toyota GR Supra yang telah dimodifikasi SARD

Sistem knalpot Toyota GR Supra

Ubahan mekanis yang dilakukan meningkatkan tenaga mobil sampai 112 HP

Selain itu, ECU juga dimodifikasi dan sistem knalpot diganti jadi bahan titanium dengan catalytic converster spesifikasi balap. Hasilnya, performa Toyota Supra A90 SARD melonjak jadi 500 HP di 5.800 rpm dan torsi 686 Nm di putaran mesin 3.000 rpm, ini naik 112 HP dan 186 Nm dari Toyota Supra 2021.

Untuk mengimbangi performa yang melonjak, SARD juga memodifikasi sektor kaki-kaki mobil dengan suspensi yang bisa diatur ketinggiannya, anti-roll bar yang lebih kaku, tambahan penguat sasis dan rem merk Alcon dengan kaliper depan enam piston. Melengkapi modifikasi Toyota Supra A90 SARD adalah velg 20 inci yang dibalut dengan ban Bridgestone Potenza S007A.

Total hanya ada 20 unit Toyota GR Supra SARD yang diproduksi, dengan harga sekitar 12.500.000 Yen (setara Rp 1,7 miliar), harga yang tidak murah mengingat Toyota GR Supra RZ dibanderol 7.313.000 Yen (setara Rp 993 juta).

>>> Pengalaman, tips & trik merawat dan servis mobil di Indonesia

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Paket Modifikasi VW Golf GTI Mk8 yang Lebih Terjangkau

27/11/2020

Pengemudian

5 menit

Modifikasi VW Golf GTI Mk8 kali ini dipersembahkan oleh Maxton Design dengan desain yang minimalis tapi terlihat elegan dan yang menarik, paket modifikasi ini dibanderol dengan harga terjangkau.

Lihat juga

Modifikasi Mazda RX-7 Bertenaga 1.000 Hp

27/11/2020

Pengemudian

5 menit

Modifikasi Mazda RX-7 yang satu ini cukup ekstrim, karena mobil tersebut sudah menggunakan mesin empat rotor yang ditambahkan turbo besar. Hasilnya, tenaga mobil ini melonjak jadi 1.000 hp.

Lihat juga

Modifikasi MINI Cooper Klasik Bermesin Honda Civic Type R

24/11/2020

Pengemudian

5 menit

Modifikasi Mini Cooper ini sepintas tidak ada yang menonjol jika dilihat dari luar, kecuali overfender dan velg lebar yang sudah terpasang. Namun dibalik kap mesinnya ternyata sudah terpasang mesin K20 milik Honda Civic Type R.

Lihat juga

Modifikasi Lamborghini Huracan Performante Bertema Militer AS

26/11/2020

Pengemudian

5 menit

Modifikasi Lamborghini Huracan Performante ini menggunakan tema cat militer Amerika pada keseluruhan bodinya serta dipadukan bodykit yang ciamik dan velg yang menarik.

Lihat juga

SVI MAX 3, Modifikasi Toyota Land Cruiser Jadi Mobil Militer Tahan Peluru

26/11/2020

Pengemudian

5 menit

Modifikasi Toyota Land Cruiser ini sedikit tidak biasa, karena seluruh bodinya dilucuti dan diganti dnegan plat baja anti balistik B6 untuk kebutuhan sebagai kendaraan militer perang.

Lihat juga
 
back to top