Modifikasi Ford F-100 1954, Berjantung Chevrolet Camaro V8

22/09/2020

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Modifikasi Ford F-100 1954, Berjantung Chevrolet Camaro V8
Modifikasi Ford F-100 1954 yang satu ini memang menarik, karena dari luar cat birunya membuat mobil terlihat jauh lebih muda. Kemudian mengintip ruang interiornya dan mengetahui mesin yang digunakan, maka jangan coba-coba untuk beradu kencang dengan pick up tersebut.

Sepintas saat pertama melihat mobil ini, Anda mungkin merasa mobil tersebut seperti diecast alias mobil-mobilan. Tapi sejatinya, ini adalah hasil modifikasi Ford F-100 1954 yang dibuat full custom.

Adalah Speedtech Performance yang memiliki ide untuk modifikasi pick up tua ini. Tuner yang berbasis di Utah, Amerika Serikat (AS) itu mengerjakan proses modifikasi terhadap F-100 tersebut selama lebih dari 13 bulan. Tapi hasilnya memang layak diacungi dua jempol. Mulai dari eksterior dan interior yang direstorasi hingga tetap tampil klasik bersentuhan modern, hingga jantung pacu istimewa yang berkonfigurasi V8.

>>> Ford F1 1949 Pecahkan Rekor Kendaraan Diesel Tercepat di Pikes Peak

Direstorasi Ulang Eksterior dan Interiornya

Ford F-100 1954 Custom Interior

Jok, setir, dan panel meter yang dipakai membuat mobil ini jauh terlihat muda

Pertama-tama yang dilakukan pada modifikasi Ford F-100 ini adalah menata ulang kondisi eksteriornya agar kembali terlihat istimewa. Usia yang sudah puluhan tahun membuat banyak perbaikan yang harus dilakukan rumah modifikasi tersebut terhadap kendaraan pick up ini. Setelah semuanya beres, bodi pun dilebur cat BMW Rock Fish Blue yang terlihat begitu menarik.

Kemudian, gril depan juga sudah diganti dengan gril custom, lalu keempat fendernya juga sedikit dibentuk ulang secara custom. Ini agar velg Forgeline berdiameter 20 inci bergerak leluasa. Kemudian velg tersebut dibalut pula dengan ban Toyo Proxes ukuran 305/25 R20 di depan dan 335/25 R20 untuk bagian belakang.

Selesai urusan bagian luar, langkah selanjutnya sisi ruang kabin yang dibenahi. Tim Speedtech mendesain ulang dashboard dan doortrim serta membungkusnya dengan material kulit. Ini dilakukan agar senada dengan jok dan setir yang dipakai dari Ford Mustang 2016 serta juga berlapis bahan serupa. Kemudian tak lupa head unit layar sentuh keluaran Alpine turut dipasang.

>>> Inspirasi Modifikasi KIA Seltos Bergaya Off-Road Penjelajah

Modifikasi Ford F-100 1954 Ini Pakai Mesin V8 dari Camaro

Ford F-100 with Camaro Engine

Mesinnya dicomot kepunyaan Chevrolet Camaro ZL1

>>> Review Ford Raptor 2020: Bukan Sekadar Ranger Biasa

Jika dari luar sekilas penampilan Ford F-100 itu menarik dengan cat birunya yang khas, maka dibalik kap mesinnya Speedtech Performance telah menjebloskan seperangkat mesin baru. Mesin ini diambil dari Chevrolet Camaro ZL1. Yap, tak lain mesin yang terpasang adalah mesin LT4 V8 supercharged berdaya 650 Hp. Tenaga sebesar itu disalurkan ke roda belakang menggunakan transmisi otomatis 8L90-E.

Setelah semua terlihat sempurna, Speedtech rencananya akan memamerkan mobil ini dalam beberapa kesempatan pada pertunjukan lokal.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Modifikasi Ford Fusion, Ketika Sedan Bekas Tabrakan Berubah Jadi Mobil Drift

21/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Modifikasi Ford Fusion yang satu ini cukup ekstrim. Karena sebelumnya mobil merupakan korban tabrakan yang direstorasi menjadi sebuah mobil drift.

Lihat juga

Keren! Modifikasi Ford Mustang GT Ala Mobil Balap NASCAR

09/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Modifikasi Ford Mustang GT yang satu ini mengambil tema mobil balap retro NASCAR. Namun bukan cuma eksterior dan interiornya saja yang diubah, tapi tenaganya pun sudah jauh dari standar.

Lihat juga

Ken Block Drifting Pakai Pick-up Ford F-450

02/06/2020

Event - Promosi

5 menit

Ken Block kembali melakukan aksi driftingnya, namun kali ini bukan menggunakan mobil yang baru selesai ia bangun. Melainkan sebuah pick up truk Ford F-450 yang biasa menjadi truk penarik trailer.

Lihat juga

Ford F-Series Kembali Menjadi Pikap Terlaris di Amerika, 42 Tahun Berturut-Turut!

04/01/2019

Pasar mobil

Ford mengumumkan angka penjualan terakhir untuk tahun 2018 meningkat. Dan yang – mungkin biasa – truk pikap Ford F-Series menjadi yang teratas. Yang luar biasa adalah bagaimana truk pikap F-Series dari Ford menjadi yang teratas selama 42 tahun berturut-turut.

Lihat juga

Tesla Cybertruck Vs Ford F-150 Adu Tarik, Siapa Pemenangnya?

03/12/2019

Mobil baru

3 menit

Musk menyatakan Tesla Cybertruck merupakan model terakhir yang dirilis pada tahun ini. Dia juga menyatakan tak akan lagi merilis model baru dalam beberapa waktu berikutnya.

Lihat juga
 
back to top