Mobil Tua Bakal Dilarang Beredar di DKI, Ini Tanggapan Daihatsu

06/08/2019

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Mobil Tua Bakal Dilarang Beredar di DKI, Ini Tanggapan Daihatsu
Beragam tanggapan terlontar atas instruksi Gubernur DKI Jakarta yang melarang beredarnya mobil-mobil tua di Jakarta. Salah satunya dari PT Daihatsu Astra Motor (ADM) yang menyatakan akan mengkaji jika detailnya sudah jelas.

Sejak disahkannya Instruksi Gubernur (InGub) Nomor 66 Tahun 2019 Tentang Pengendalian Kualitas Udara oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada 1 Agustus 2019 lalu, kebijakan ini terus menuai tanggapan dari berbagai kalangan. Disebutkan dalam InGub tersebut "3. Memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi mulai pada tahun 2019 dan memastikan tidak ada kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 (sepuluh) tahun yang dapat beroperasi di wilayah DKI Jakarta pada tahun 2025"

Foto Daihatsu Terios 2012 tampak dari samping depan, dalam kondisi terawat

Jika larangan terealisasi, Jakarta bakal bebas dari mobil tua

>>> Mobil Tua Bakal Dilarang Beredar di DKI, Ini Sanksi Jika Tetap Digunakan

Belum dijelaskan lebih detail bagaimana teknis penerapannya, namun kebijakan ini jadi semacam 'paksaan' agar mobil dengan usia produksi lebih dari 10 tahun tidak boleh beredar di Jakarta. Padahal dalam usia tersebut mobil bisa dikatakan belum terlalu tua dan masih banyak yang sangat layak untuk dioperasikan.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai produsen sekaligus distributor memandang dari sisi lain yaitu kaitannya dengan manufaktur. Menurut ADM salah satu sisi positif dari kebijakan ini yaitu mendorong pabrikan untuk mempersembahkan produk yang benar-benar ramah lingkungan, atau setidaknya lebih baik dalam mengolah bahan bakar konvensional.

"Intinya kita dukung pemerintah kebijakannya. Itu juga sebetulnya kita selalu mengupayakan fuel consumption yang lebih baik dan emisi yang lebih baik," tutur Division Head Marketing Domestik PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Rudy Ardiman seperti dikutip dari Detik (5/8/2019).

>>> Tertarik membeli mobil Daihatsu, Cek harganya di sini!

Salah satu pemandangan lalu lintas di jalan tol Jakarta

Daihatsu menjadi salah satu penyumbang terbesar populasi mobil di Indonesia

Ke depan, ADM bakal terus mengkaji apa dampak yang akan timbul dari Instruksi Gubernur ini dan langka apa yang akan diambil perusahaan. ADM yakin pemprov DKI telah melakukan kajian sehingga instruksi ini diterbitkan. "Daripada berspekulasi kita belum tahu detailnya seperti apa. Kita juga belum mengkaji karena masih baru, jadi impactnya kita belum tau. Intinya kita support dari program pemerintah," kata Rudy.

Sebagai tambahan, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merupakan salah satu produsen mobil terbesar di Indonesia yang menghasilkan produk berbahan bakar konvensional. Produk yang dihasilkan bukan hanya dipakai dengan merek Daihatsu, tapi juga Toyota. Produk ADM juga ditujukan untuk memenuhi pasar ekspor selain untuk memenuhi pasar dalam negeri.

>>> Klik di sini untuk mendapatkan berbagai tips otomotif lainnya!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Candi Prambanan Jadi Saksi Suksesnya Acara Sedulur Daihatsu 2019

05/08/2019

Event - Promosi

4 menit

Sekitar 3000 lebih mobil dan pemilik mobil Daihatsu lintas era di Jawa Tengah dan sekitarnya saling silaturahmi merayakan persaudaraan dan semangat keluarga yang menjadi spirit dari mobil-mobil Daihatsu di Indonesia.

Lihat juga

Terapkan Tema Atraktif, Booth Daihatsu Kembali Jadi Favorit di GIIAS 2019

30/07/2019

Event - Promosi

5 menit

Kembali jadi salah satu booth yang mencuri perhatian, Daihatsu mempertahankan statusnya sebagai booth favorit dalam gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Lihat juga

Komparasi Renault Triber vs Daihatsu Sigra vs Toyota Calya: Duel Panas LCGC 7 Seater, Mana Terbaik?

26/07/2019

Jual beli

9 menit

Ini dia duel terpanas tahun ini, tanpa peringatan ibarat sang Napoleon kembali menyerang Samurai asal Jepang. Mobil Renault Triber ini hangat dibicarakan sebagai penantang Daihatsu Sigra dan Toyota Calya. Lantas mana yang pantas jadi terbaik dikelas panas ini?

Lihat juga

Mobil Tua Bakal Dilarang Beredar di DKI, Ini Sanksi Jika Tetap Digunakan

04/08/2019

Pengemudian

3 menit

Pemerintah DKI Jakarta mengeluarkan larangan beroperasinya mobil-mobil tua dengan usia lebih dari 10 tahun. Lantas apa sanksinya jika pemilik nekat tetap menggunakan di wilayah ibu kota?

Lihat juga

Mobil Tua Bakal Dilarang Beredar di DKI, Bagaimana Dengan Daerah Lain?

03/08/2019

Pengemudian

3 menit

Ada intruksi dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang melarang mobil tua dengan usia produksi 10 tahun ke atas untuk masuk wilayah DKI demi mengurangi tingkat polusi dan kemacetan. Bagaimana dengan daerah lain?

Lihat juga
 
back to top