Mobil Jenazah VS Ambulans, Siapa yang Lebih Prioritas?

06/07/2021

Pengemudian

3 menit

Mobil jenazah dan ambulans sama-sama punya hak untuk didahulukan saat di jalan raya. Lantas siapakah yang punya prioritas lebih tinggi antara keduanya?

Belum lama viral di sosmed rombongan pengantar jenazah melakukan pengeroyokan terhadap sopir truk trailer di Cilincing, Jakarta Utara. Alasannya karena emosi merasa tidak diberi jalan. Tidak hanya sopir yang jadi korban, truk berbadan besar juga jadi sasaran.

Gambar truk dikeroyok

Truk yang sempat viral karena dikeroyok karena menghalangi mobil jenazah

Kaca depan hancur setelah ditimpuk dengan batu oleh salah satu pelaku. Sebelumnya juga viral lewat IG @infocegatansolo, rombongan pengawal ambulans membawa pasien berpapasan dengan rombongan pengantar jenazah.

Gambar Ambulance Nissan Elgrand

Mobil ambulans vs mobil pengangkut jenazah mana yang jadi prioritas?

Alih-alih memberi jalan, salah satu pengendara pengantar mobil pengangkut jenazah malah menghentikan laju pengawal ambulans agar rombongannya bisa lewat duluan. Pada akhirnya pengendara pengantar jenazah ngacir menyusul teman-temannya setelah sempat bersitegang dengan pengawal ambulans beberapa saat.

Mobil jenazah vs ambulans

Perlu diketahui bahwa iring-iringan mobil jenazah dan ambulans masuk kategori kendaraan prioritas. Mereka punya untuk didahulukan saat melintas di jalan raya dan tidak boleh dihalang-halangi. Meski demikian, mobil ambulans jauh lebih prioritas untuk didahulukan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

>>> Jadi Mobil Anti Penyekatan Jalan, Inilah 5 Mobil Ambulans Termurah

Foto mobil ambulans melintas di jalan raya

"Dalam pasal 134 UU No. 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, peringkat darurat kendaraan ambulans yang membawa orang sakit sendiri berada di urutan kedua setelah pemadam kebakaran," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar kepada media, (5/7/2021).

Kendaraan prioritas

Secara berurutan, berikut pengguna jalan yang memperoleh hak utama untuk didahulukan sebagaimana pasal 134 UU LLAJ di atas:

  1. Pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas.
  2. Ambulance yang mengangkut orang sakit.
  3. Kendaraan yang memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas.
  4. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia.
  5. Kendaraan pimpinan Pejabat Negara Asing serta Lembaga Internasional yang menjadi Tamu Negara.
  6. Iring-iringan pengantar jenazah.
  7. Konvoi kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas kepolisian.

>>> 2 Alasan Pengendara Dilarang Membuntuti Iring-iringan Kendaraan Prioritas

Dari urutan diatas diketahui ambulans yang mengangkut pasien atau orang sakit lebih diprioritaskan di jalan dibanding mobil jenazah. Namun sekali lagi, meski tidak di urutan pertama mobil ambulans maupun kendaraan prioritas yang lain punya hak melintas lebih dulu dan tidak boleh dihalangi.

Foto mobil jenazah tampak depan

Kendaraan prioritas punya hak untuk didahulukan di jalan raya

Boleh jadi mobil jenazah harus bekerja ekstra cepat karena banyak jenazah yang harus diantar. Seperti kondisi saat ini dimana pandemi Covid-19 meningkat pesat. Penggunaan sarana pengantar pasien maupun jenazah benar-benar dibutuhkan.

>>> Lakukan Hal Berikut Jika Mendengar Sirene Ambulans di Belakang!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

 
back to top