Mobil FWD Gak Kuat Nanjak? Bisa Kok! Asal....

04/09/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Mobil FWD memiliki karakteristik teknis tersendiri dalam sistem penggerak roda dan traksi sehingga butuh trik agar tidak mengalami kesulitan saat menanjak.

Akhir April 2021 lalu beredar video di kanal YouTube dengan nama “Sitinjau Lauik Truck Video” yang menjadi viral. Isinya tentang Mitsubishi Xpander yang kesulitan melalui tanjakan tikungan legendaris Sitinjak Lauik yang berada di lintas jalan Padang-Solok di kawasan Sumatra Barat. Awalnya, Mitsubishi Xpander tersebut mengalami wheel spin pada kedua roda depan. Dan akhirnya mobil FWD tersebut mampu melalui tanjakan tikungan tersebut setelah memakai metode “ambil lebar”.

Karakteristik FWD

Mobil berpenggerak Front-Wheel Drive, atau dikenal juga dengan nama FWD merupakan kendaraan yang menyalurkan tenaga mesin langsung ke gandar depan. Kendaraan jenis ini dibuat untuk memaksimalkan efisien bahan bakar, walaupun pada prakteknya tidak memiliki kontrol traksi yang bagus di jalanan.

gambar platform fwd

Front wheel drive memiliki karakeristik teknis tersendiri

“Saya luruskan ya, pemahaman yang tepat adalah mobil FWD memang mengalami kesulitan saat melalui tanjakan,” jelas M Syaiful selaku pemilik bengkel Garage 23 yang bermarkas di kawasan Serpong, Tangerang Selatan. Kondisi tersebut memang berkaitan erat dengan karakter dasar mobil FWD,” lanjut pehobi Suzuki Jimny tersebut. 

Ketika mobil penggerak roda depan menanjak, terjadi perpindahan distribusi berat kendaraan ke arah belakang sehingga bagian belakang (juga roda belakang) mendapatkan tumpuan beban. Sedangkan roda depan yang menjadi penggerak mobil FWD menjadi lebih “ringan” karena menerima tumpuan beban lebih sedikit sehingga traksinya tidak optimal.

Alhasil, roda depan selaku penggerak kehilangan grip ke permukaan jalan dan mengalami wheel spin (selip) sehingga mobil FWD kesulitan ketika menanjak. Lalu muncul stigma yang selama ini beredar di mana-mana bahwa mobil FWD tidak akan kuat menanjak.

>>> Biar Aman, Bagaimana Tips Mengendarai Mobil Manual di Tanjakan?

Perhatikan Hal Ini 

Terkait stigma mobil penggerak roda depan tidak kuat menanjak, M Syaiful menyarankan untuk memperhatikan aspek-aspek ini. 

Ban

gambar ban

Mana bisa menanjak kalau tapak ban aus? 

Bagaimana kondisi ban? Apakah tapaknya masih tebal atau sudah menipis? Mana bisa mobil menanjak kalau tapak ban gundul dan menyebabkan wheel spin?

Mesin dan transmisi

gambar platform

Semua bagian harus saling bersinergi agar hasilnya optimal 

Apakah mesin dan transmisi dalam kondisi prima? Maksudnya begini, mesin dan transmisi secara rutin diservis dan disertai bahan baku terbaik seperti bahan bakar dan pelumas sesuai dengan rekomendasi pabrik. Mau menanjak dengan mesin yang kurang tenaga dan kopling selip? 

>>> Mau Mengemudi di Jalan Menanjak? Simak Tips Ini

Lingkungan

gambar jalan licin

Perhatikan kondisi jalan dengan cermat

Jangan lupa faktor lingkungan yang berperan penting seperti kondisi jalan. Bagaimana kondisi jalan? Licin atau kesat (seret)? Karena kondisi tersebut menentukan traksi ban. Permukaan jalan yang licin karena basah oleh air, tumpahan oli, tumpahan bahan bakar atau terhampar pasir membuat ban kehilangan traksi dan terjadi wheel spin. 

Pengemudi

gambar pengemudi

Pengemudi yang baik bukan sekadar memegang kemudi kendaraan

Apakah pengemudi memahami karakter mobil yang dikemudikannya? Apakah pengemudi tahu kondisi jalan dan bagaimana cara melaluinya? Kalau hanya sekadar bisa nge-gas, mungkin semua pengemudi bisa melakukannya. Namun di tanjakan ternyata tidak semua pengemudi bisa melaluinya tanpa hambatan.

>>> Mitsubishi Xpander Susah Nanjak karena FWD? Skill Sopir Juga Penting!

Tips Agar Mobil FW Kuat Nanjak

Sebelum melalui tanjakan, lakukan pengamatan secara cermat untuk mengetahui seberapa terjal sudut pendakian tersebut. Dan kalau akhirnya mobil penggerak roda depan kesulitan menanjak karena sudut tanjak yang tinggi, lakukan tips yang direkomendasi oleh M Syaiful berikut ini. 

gambar menanjak

Tidak kuat menanjak? Lakukan tips berikut ini 

Pertama, geser distribusi berat ke arah depan kendaraan dengan cara menurunkan beban muatan dan penumpang (dalam kondisi ekstrem). Kedua, gunakan teknik ayun untuk mengoperasikan pedal gas. Jadi pedal gas jangan ditekan habis karena hanya membuat wheel spin.

Ketiga, ambil ancang-ancang dari jarak yang cukup jauh. Keempat, ambil sisi luar tanjakan yang umumnya tidak securam sisi dalam tanjakan. 

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top