Mitsubishi Xpander 2018: Tips Optimalkan Fitur Audio

14/08/2018

Pengemudian
Share this post:
Mitsubishi Xpander 2018: Tips Optimalkan Fitur Audio
Mitsubishi Xpander mempunyai banyak fitur baik untuk kenyamanan maupun keselamatan. Salah satunya adalah fitur audio pada head unit yang bisa dipakai secara maksimal untuk menemani perjalanan Anda saat berlibur bersama keluarga. Berikut tips cara pakai fitur audio di Mitsubishi Xpander.

Mitsubishi Xpander berwarna silver sedang berkendara di jalan

Tampilan Mitsubishi Xpander yang gagah menjadi daya tarik konsumen

Sistem audio pada mobil masa kini sudah cukup canggih. Tidak lagi hanya mengandalkan media konvensional seperti DVD atau CD, smartphone bisa menjadi media untuk memutar lagu atau bahkan menonton video favorit. Pada Mitsubishi Xpander sendiri terdapat dua jenis head unit, yakni double din dengan layar sentuh berukuran 7 inci pada varian Ultimate dan double din tanpa layar sentuh untuk varian Sport, Exceed dan GLS. Buku panduan atau manual dijelaskan secara rinci tiap  fitur yang ada, namun untuk lebih lengkapnya, berikut tips cara pakai fitur audio di Mitsubishi Xpander.

>>> GIIAS 2018: Beri Banyak Pilihan, MMKSI Tambah Dua Varian Baru Mitsubishi Xpander

1. Pelajari Fitur Audio

gambar menunjukan head unit dan Iphone dalam mobil Mitsubishi Xpander

Head unit Mitsubishi Xpander sudah bisa memutar lagi dari smartphone

Seluruh head unit varian Mitsubishi Xpander sudah bisa memutar musik atau video dari media konvensional karena telah dilengkapi MP3/CD Player, USB Connector, Radio dan Aux-in. Namun khusus untuk varian Ultimate memiliki fitur audio yang lebih lengkap yakni DVD Player serta koneksi smartphone melalui teknologi NFC (near field communication). Fitur ini memudahkan Anda karena tidak perlu repot melakukan pairing Bluetooth.

>>> Harga Mitsubishi Xpander Agustus 2018: Hadirkan Warna Dan Dua Varian Baru​

Cara menggunakan fitur NFC tersebut juga cukup mudah, tempelkan smartphone Anda yang memiliki fitur NFC ke layar head unit, dan otomatis smartphone Anda sudah terhubung. Anda pun bisa memutar lagu-lagu favorit yang ada di smartphone melalui head unit tersebut. Sedangkan untuk memutar film bisa menggunakan DVD atau USB yang terintegrasi dengan head unit. Untuk format video yang didukung adalah MPEG-2 dan MPEG-4.

Fitur NFC memudahkan penumpang memutar lagu favorit dalam sistem audio

Fitur NFC memudahkan penumpang untuk memutar lagi favorit dari smartphone ke head unit Mitsubishi Xpander

Tidak kalah canggih, Mitsubishi Xpander varian Ultimate juga sudah dilengkapi dengan fitur voice command sehingga Anda bisa melakukan perintah suara ke smartphone dengan menyentuh tombol di lingkar kemudi. Tentunya fitur ini bisa menerima panggilan telepon tanpa harus memegang smartphone alias hands free.

Untuk kenyamanan seluruh penumpang di dalam kabin, Mitsubishi Xpander pada varian Sport dan Ultimate disematkan pengeras suara atau speaker sebanyak 6 buah. Empat speaker berada pada door trim pintu depan dan belakang, sedangkan dua lagi berfungsi sebagai tweeter yang terletak pada pilar A. Namun untuk Mitsubishi Xpander Exceed dan GLS hanya dilengkapi 4  speaker saja tanpa ada tweeter

>>> Baca juga: Begini Pengaturan Waze dan Google Maps Melewati Ganjil Genap di Jakarta​

2. Mengatur Equalizer

Salah satu fitur yang juga berguna untuk memaksimalkan audio pada Mitsubishi Xpander varian Ultimate adalah equalizer. Ada dua cara untuk mengatur equalizer audio, pertama melalui preset equalizer yang bisa disesuaikan dengan jenis musik yang diputar, seperti Jazz, Pop, RnB, HipHop, Rock, Electronic, Dance dan lainnya.

Cara kedua adalah mengatur sendiri preset equalizer sesuai selera. Tinggal pilih menu pengaturan di layar Home dan masuk ke pengaturan suara, lalu pilih EQ. Disini Anda tinggal tekan tombol dan bisa melakukan kustom pengaturan equalizer sesuai selera. Equalizer head unit Mitsubishi Xpander terdiri dari 5 band yang artinya ada 5 frekuensi bisa diatur. Subwoofer level juga bisa diatur sesuai selera Anda.

>>> Tips pengemudian paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

FItur equalizer bisa mengatur audio dalam mobil Mitsubishi Xpander

FItur equalizer bisa mengatur audio sesuai selera

Sementara untuk head unit tipe Sport, Exceed dan GLS yang sudah menggunakan head unit double din juga sudah memiliki pengaturan equalizer. Anda bisa mengatur bass, treble, fader dan balance sesuai selera. Bila Anda belum tahu, pengaturan bass berguna untuk mengatur suara rendah. Jika diubah ke minus, maka suara rendah pada lagu akan tidak terdengar.

Sedangkan treble mengatur suara tinggi dimana jika dibesarkan cenderung akan melengking. Salah satu tips yang berguna adalah atur treble terlebih dahulu sebelum mengatur bass agar dapat kualitas audio yang sesuai dengan selera Anda.

>>> Baca tips teknopedia lain, jangan abaikan banyak tulisan yang menarik di sini

3. Posisi USB Mitsubishi Xpander

gambar menunjukan Posisi USB Connector dalam mobil

Posisi USB Connector berada disebelah power outlet

Posisi USB pada Mitsubishi Xpander varian Ultimate menyatu dengan head unit, sedangkan untuk varian Sport, Exceed dan GLS, port USB terletak di sebelah power outlet yang berada dibawah head unit. Untuk mengkoneksikan smartphone ke port USB, bisa menggunakan kabel USB yang biasa Anda pakai untuk mengisi baterai smartphone. Anda bisa memutar lagu langsung dari smartphone. Anda juga bisa menggunakan flash disk yang berisi lagu-lagu favorit dengan memasangnya ke port USB.

>>> Ingin mendapatkan tips dan trik otomotif lainnya? Klik di sini

Share this post:
 
back to top