Mirror Cam, Video Spion Canggih Untuk Atasi Kelemahan Truk

15/08/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Mirror Cam adalah teknologi canggih yang menggantikan fungsi kaca spion konvensional dengan kamera video untuk menghilangkan blind spot bagi pengemudi truk.

Sudah menjadi rahasia umum jika kendaraan niaga seperti truk memiliki banyak blind spot. Dimensinya yang besar dan berat menjadi penyebab pengemudi truk tidak mungkin berlaku seperti pengemudi kendaraan kecil. Itu sebabnya selalu ada peringatan kepada pengguna jalan yang lain untuk mendahulukan kendaraan besar dan berat seperti bus dan truk.

Teknologi Mirror Cam

Tentunya, pabrikan truk sangat paham soal blind spot karena sangat berkaitan dengan aspek keselamatan dalam perjalanan. Mengandalkan kaca spion berukuran besar saja tidak cukup karena komponen tersebut juga memiliki blind spot.

gambar mirror cam

Kamera video sebagai pengganti kaca spion konvensional 

Nah, salah satu pemain besar yang dominan dalam segmen pasar truk di Eropa, MAN, menambahkan fitur OptiView mirror cam system untuk mengurangi blind sport pengemudi demi meningkatkan aspek keselamatan.

Perangkat OptiView menggantikan kaca spion konvensional dengan kamera video yang terpasang pada kedua sisi samping, bagian depan dan bagian belakang truk (opsional). Jadi boleh disebut seperti kamera 360o.

>>> 2 Alasan Sopir Truk Tabrak Orang Yang Tiba-Tiba Mencegat

gambar mirror cam

Gambar dari kamera video ditampilkan melalui layar monitor di pilar A

Nantinya, OptiView dijadikan fitur opsional tambahan yang bisa dipesan terpisah. Rekaman gambar oleh kamera ditampilkan melalui dua layar high-resolution pada pilar A dan layar panel instrumen. Enaknya lagi, pengemudi truk dapat memilih range of view dan mengaktifkan fitur MAN turn assist yang terintegarsi dengan OptiView.

Bagi pejalan kaki dan sepeda

Selain kamera video, perangkat OptiView juga didukung radar untuk mengukur jarak dan posisi pejalan kaki serta pengguna sepeda yang melintas di sekitar truk terutama saat melintasi jalanan perkotaan. Dengan demikian, semua hal terlihat jelas melalui layar monitor.

gambar blind spot

Truk mempunyai banyak blind spot pada semua sisinya 

Pantauan tersebut didukung alarm jika pengemudi tidak melakukan tindakan keselamatan. Pengemudi juga tidak perlu keluar dari truk jika terjadi sesuatu di luar kendaraan sehingga lebih aman.

>>> Mengenal Lebih Dekat Kabin Truk, Tempat Pengemudi 'Ngantor'

Beragam fungsi lain

Penerapan mirror cam atau kamera video pengganti spion memberikan sejumlah manfaat tambahan antara lain membuat kabin truk lebih mulus sehingga mengurangi hambatan udara. Begitu juga visibilitas menjadi lebih baik karena tidak ada lagi kaca spion besar yang kerap menghalangi pandangan pada sudut tertentu.

gambar mirror cam

Fungsi kaca spion digantikan oleh layar monitor yang lebih efektif 

O ya, layar monitor memiliki pengatur cahaya agar tidak terlalu silau atau terlalu redup bagi mata pengemudi saat beroperasi pada siang hari dan malam hari.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top