Mercedes Ungkap Tips Membawa G-Class 2019 di Genangan Air dan Jalanan Berlumpur

11/01/2019
Mercedes memperkenalkan Mercedes-Benz G-Class 2019 bersama perubahan yang lebih mewah. Meskipun begitu, Mercedes tidak melupakan akar utilitarian kendaraan. Dan akhirnya Mercedes menunjukan tips membawa G-Class di genangan air dan jalanan berlumpur.

Siapa bilang mobil mewah takut dengan lumpur atau jalanan yang tidak rata? Mercedes-Benz G-Class 2019 menunjukan kepada konsumennya bahwa mobil ini bisa diajak berpetualang. Dengan eksterior tampak hampir identik dengan versi asli Steyr-Daimler-Punch yang dibangun pada tahun 1979; tepi kasar yang sama, lampu bulat, kisi-kisi horizontal, dan overhang pendek, G-Class 2019 masih mendapatkan warisan off-road dari pendahulunya.

Mercedes-Benz G-Class 2019 berwarna hitam mengarungi genangan air

Mercedes-Benz G-Class 2019 menuruni warisan off-road Mercedes

Generasi terbaru G-Class bisa dibilang merupakan versi paling mewah. Tapi jangan salah, mobil ini tidak hanya pandai berlenggok di jalanan perkotaan, tetapi mampu menaklukan medan berat off-road, seperti genangan air. Bagi Anda yang ingin membawa mobil ini berpetualang, Mercedes pun memberikan beberapa tips bagi pengemudi yang ingin membawa G-Class menyusuri beberapa centimeter genangan air.

>>> Hati-hati! Ada Bahaya Mengancam Saat Membawa Beban Berlebih di Mobil

Genangan air bukannya tidak bisa ditemukan ketika berkendara di daerah pegunungan atau medan off-road. Ketika menemukan genangan air yang ingin Anda lalui, pastikan Anda mengukur kedalaman air sebelumnya. Mercedes telah meningkatkan kapasitas rendam air G-Class menjadi 70 sentimeter. Jadi ingat batas ketinggian air bagi G-Class.

bagian bawah Mercedes-Benz G-Class 2019 berwarna hitam yang mengarungi genangan air

Perhatikan komponen rem yang basah setelah melewati genangan air

Selanjutnya, Anda harus melintasi genangan air atau sungai dengan perlahan dan pasti. Mercedes menyarankan untuk mempertahankan kecepatan maksimum 10 km/jam. Karena itu, jangan lupa untuk tidak melaju terburu-buru. Ketika melewati genangan, Anda seharusnya, apapun yang terjadi, untuk tidak berhenti. Karena ombak yang tercipta di belakang bisa masuk ke knalpot mobil.

>>> Dapatkan tips pengemudian lebih lengkap hanya di Cintamobil.com

Salah satu akibat bagi kendaraan setelah melewati genangan air yaitu komponen rem yang dipastikan basah. Untuk itu, Mercedes menyarankan bagi pengemudi untuk menekan rem dengan lembut beberapa kali untuk mengeringkan rem.

Tips Mercedes untuk membawa G-Class 2019 mengarungi genangan air

Mengarungi jalanan berlumpur

Namun bukan hanya genangan air, tetapi Mercedes memberikan beberapa tips lainnya ketika membawa G-Class keluar dari jalan raya. Sebelumnya, Mercedes mengajak Jessi Combs, mantan pembawa acara ‘Extreme 4x4’ dari Spike TV untuk menunjukan cara mengatasi rintangan lumpur ketika mengendarai G-Class yang baru.

Ketika berkendara di jalanan berlumpur, pengemudi bisa terjebak dengan mudah dan cepat. Hal pertama yang harus Anda yakini, pastikan untuk selalu menggunakan gigi rendah. Setelah itu, Combs menyarankan pengemudi untuk menghidupkan kunci diferensial yang sudah menjadi fitur standar G-Class. Diferensial akan mendistribusikan daya ke roda selebar mungkin untuk mencegah selip.

Mercedes-Benz G-Class 2019 berwarna hitam mengarungi genangan lumpur

Mercedes-Benz G-Class 2019 siap melewati lumpur di mana saja

Beberapa pengemudi melakukan kesalahan fatal, yaitu mengemudi terlalu cepat atau terlalu lambat. Yang terbaik adalah menjaga kecepatan tetap, karena mengemudi terlalu lambat bisa membuat Anda terhenti, sementara terlalu cepat akan membuat mobil kehilangan kendali.

>>> Ingin membeli mobil untuk off-road? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Tips melewati lumpur dari Combs tidak hanya berguna jika Anda menggunakan G-Class saja, tetapi Mercedes menyakinkan bahwa semua kendaraan 4x4 bisa menaklukan medan berlumpur menggunakan tips ini. Tentu saja, dengan mengendarai G-Class, tingkat keberhasilannya akan menjadi lebih besar.

G-Class 2019 juga mampu menaklukan jalanan berlumpur

Mercedes memang sudah mempersiapkan G-Class 2019 untuk petualangan off-road ringan dengan mengaktifkan kunci diferensial tengah dan belakang yang rendah. Permukaan yang tidak rata dan berlumpur merupakan ‘makanan’ G-Class karena kendaraan ini tidak memiliki masalah dalam mengatasi medan: memberikan ruang bagi pengemudi untuk memaksimalkan traksi dan dengan lembut menggunakan pedal akselerator untuk maju.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0