Menyikapi New Normal dari Sisi Pengemudi Mobil

28/05/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Menyikapi New Normal dari Sisi Pengemudi Mobil
Virus Corona belum menunjukkan tanda-tanda akan mereda, sebagai pengemudi yang bijak kita dapat melakukan tindakan preventif dengan cara menyikapi keadaan new normal ini

Virus Corona (COVID-19) belum menunjukkan tanda-tanda akan mereda, pandemi ini jelas memukul semua sektor industri tak terkecuali otomotif. Namun, ada kebijakan baru yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia yakni sebagai langkah adaptasi new normal. Sebagai pengemudi yang bijak, tentunya kita juga bisa melakukan tindakan preventif dengan cara menyikapi keadaan new normal ini.

Foto tim Cintamobil.com sedang test drive Suzuki XL7 Alpha AT 2020

Pengemudi bijak tentunya mampu menyikapi keadaan 'new normal'

Bahkan Presiden Joko Widodo pun sudah menginstruksikan mengenai protokol kebijakan baru ini. 

"Saya minta protokol beradaptasi dengan tatanan normal baru ini yang sudah disiapkan oleh Kemenkes ini disosialisasikan secara masif kepada masyarakat, sehingga masyarakat tahu apa yang dikerjakan," tukas Jokowi dalam Ratas Persiapan Pelaksanaan Protokol Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 seperti ditayangkan Sekretariat Negara, Rabu (27/5/2020). 

So, bagaimana menyikapi keadaan new normal ini dari perspektif pengemudi? Tim Cintamobil.com akan akan mengelompokkan menjadi 5 langkah yang paling dapat dilakukan oleh pengemudi dalam menyikap keadaan ini. Mungkin satu diantaranya sudah pernah Anda lakukan selama mengemudi.

>>> Ini impresi mengemudi tim cintamobil mengenai mobil pick up ringan terlaris di Indonesia

1. Patuhi Protokol Kesehatan

Foto masker non medis Wuling

Tetap patuhi protokol kesehatan dan selalu gunakan masker

Langkah pertama yang dapat dilakukan pengemudi mengenai tatanan normal baru ini adalah memulai dari diri sendiri. Pengemudi harus rajin cuci tangan, berusaha menghindari menyentuh wajah ketika sedang mengemudi, menerapkan etika batuk dan bersin apabila ada penumpang di mobil, selalu menggunakan masker ketika mengemudi, tetap jaga jarak sosial alias tak perlu keluar mobil jika tidak perlu, dan yang terakhir adalah menjaga kesehatan fisik tubuh.

2. Bersihkan Setir, Gagang Pintu & Shift Knob

Gambar menunjukkan tim Scuto sedang membersihkan setir

Setir adalah salah satu komponen interior kendaraan yang paling berkuman

Hal kedua yang dapat dilakukan oleh pengemudi adalah menjaga kebersihan tiga  komponen utama yang sering dipegang di mobil. Pertama adalah setir, kedua shift knob dan yang terakhir gagang pintu. Menurut jurnal kesehatan yang dipublish universitas ternama di luar negeri, menjelaskan bahwa virus corona dapat bertahan pada benda-benda tersebut dalam waktu yang relatif lama. O ya, kunci mobil juga jangan lupa untuk dibersihkan agar makin higienis.

>>> Mobil listrik apakah aman lewat banjir? Temukan jawabannya di sini

3. Tetap Terapkan Social Distancing

Gambar menunjukkan ketentuan Pengguna Kendaraan Mobil

Tetap terapkan social distancing bahkan di dalam mobil

Virus corona adalah penyakit yang dapat terjadi jika orang berkerumun, artinya jika orang melakukan pembatasan sosial virus corona kecil kemungkinan untuk menular. Untuk itu, tetap terapkan social distancing bahkan ketika Anda sedang berada di dalam mobil. Social distancing di mobil intinya maksimum pengemudi hanya boleh mengisi 50% dari kapasitas asli mobil, untuk lebih jelasnya Anda bisa lihat gambar di atas yang dilansir oleh TMC Polres Bogor.

>>> Ada banyak pilihan mobil bekas berkualitas disini

4. Jangan Makan Di Mobil

Gambar menunjukkan ilustrasi meja makan besar

Makan hanya di meja makan, bukan di mobil

Poin keempat yang dapat dilakukan pengemudi dalam menyikapi keadaan new normal adalah tidak makan di dalam mobil. Mengapa? Selain mengurangi resiko kuman masuk ke dalam tubuh melalui mulut, tidak makan di dalam mobil juga dapat menjaga kebersihan kabin. Karena, tak jarang sisa makan terjatuh di dalam mobil dan menimbulkan bakteri dan kuman. Oleh karena itu jangan makan di mobil ya.

>>> Temukan mobil idaman Anda sekarang dengan diskon yang menarik cukup klik disini

5. Rajin Cuci Mobil

Gambar menunjukkan DFSK Gelora Blind Van 2020 setelah dicuci

Jangan malas cuci mobil

Terakhir yang dapat dilakukan untuk menyikapi tatanan normal baru adalah dengan rajin mencuci mobil. Mobil yang selalu dalam keadaan bersih bukan hanya enak untuk dipandang, tetapi juga meminimalisir kuman yang menempel pada kendaraan. Hasilnya, tentu virus corona yang ukurannya mikron tidak akan menempel pada mobil Anda. Sebab, virus tersebut secara alami kalah dengan sabun maupun detergent. So, itulah yang dapat dilakukan pengemudi dalam menyikapi new normal

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Kondisi New Normal Berpotensi Kerek Penjualan Mobil Baru

28/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Industri otomotif Indonesia harus beradaptasi dengan kondisi New Normal. Kondisi ini juga disebut-sebut dapat meningkatkan penjualan mobil di Indonesia.

Lihat juga

First Drive Suzuki XL7 Alpha 2020: 1000 Kilometer Bersama Extraordinay SUV

27/03/2020

Mobil baru

10 menit

Kami melakukan first drive Suzuki XL7 Alpha 2020 sejauh 1000 kilometer lebih untuk membuktikan bahwa mobil ini layak menyandang gelar Extraordinary SUV

Lihat juga

First Drive Suzuki New Carry Pick Up 2019, Mencoba Sang Legenda Pick Up

03/03/2020

Mobil baru

5 menit

Mobil ini digadang-gadang menjadi yang terbaik di kelasnya. Kami pun langsung lompat ke kursi pengemudi untuk first drive Suzuki New Carry Pick Up 2019

Lihat juga

First Drive: Suzuki Jimny 2020, Jip Mungil Suzuki Selaris Pisang Goreng

31/01/2020

Mobil baru

3 menit

Desain unik Suzuki Jimny 2020 ini menjadikan sosoknya selau menjadi pusat perhatian. Pengendaraannya menyenangkan, sayang perlu inden lama untuk meminangnya.

Lihat juga

First Drive: All New KIA Seltos EXP 2020, Impresinya Patut Diwaspadai oleh Para Rival

03/02/2020

Mobil baru

3 menit

Usai uji jalan, kami yakini compact SUV All New KIA Seltos EXP 2020 ini patut untuk diwaspadai oleh para kompetitornya asal Jepang.

Lihat juga
 
back to top