Menyalip Aman di Jalan Tol, Perhatikan 5 Hal Berikut

16/03/2019

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Menyalip Aman di Jalan Tol, Perhatikan 5 Hal Berikut
Tidak mungkin Anda yang mengemudi kendaraan di jalan tol harus selalu di belakang kendaraan lain. Kadang menyalip menjadi 'wajib' sebab kendaraan di depan terlalu lambat. Jika itu yang harus dilakukan, Anda harus tahu bagaimana cara menyalip aman di jalan tol dan apa saja yang harus diperhatikan.

Jalan tol menjadi solusi bagi banyak pengemudi yang ingin menempuh perjalanan dengan cepat tanpa banyak hambatan. Meski ada harga yang harus dibayar, itu cukup sebanding dari pada harus bermacet-macetan ria dengan kendaraan lain di luar tol dan waktu di jalanan juga lebih lama.

Foto lalu lintas di jalan tol

Jalan tol mempersingkat waktu tempuh ke daerah lain

Nah, bagi Anda pengguna jalan tol tentu tahu kalau di jalan tol mobil Anda tidak melaju sendirian, ada banyak kendaraan lain yang juga melintas. Anda harus berhati-hati terutama jika harus menyalip kendaraan lain yang lebih lambat dari Anda. Butuh perhatian ekstra sebab meski kendaraan lain lebih lambat, sebenarnya mereka juga melaju dengan cepat sesuai aturan batas kecepatan minimal. Untuk menyalip diperlukan perhitungan tepat dan eksekusinya tidak boleh salah. Berikut cara menyalip aman di jalan tol serta berbagai hal yang harus diperhatikan sebagaimana dikutip dari laman resmi Nissan:

1. Pastikan kendaraan Anda lebih cepat

Penting untuk diingat kalau kendaraan yang lewat di jalan tol hampir semua melaju cepat sesuai batas kecepatan minimal 60 km/jam. Kalau Anda ingin menyalip, Anda harus bisa memastikan kendaraan Anda minimal lebih cepat 16 km/jam dari kendaraan yang ingin disalip. Perhatikan juga untuk tidak melebihi batas kecepatan maksimal yaitu 100 km/jam. Jika kendaraan lain melaju dengan kecepatan 90 km/jam, ada kemungkinan Anda bakal melebih batas kecepatan maksimal saat menyalip. Itu melanggar aturan, meski berhasil menyalip Anda dianggap pengemudi ugal-ugalan.

>>> Aturan Menyalip Atau Mendahului Kendaraan Lain Di Depan Anda

2. Lihat spion sebelum memberi tanda

Saat ada keinginan untuk menyalip, pertama yang harus dilakukan sebelum menyalakan tanda sein adalah melihat atau melirik spion untuk memastikan lajur yang akan digunakan untuk menyalip aman, tidak ada kendaraan yang sedang melaju kencang.  

3. Nyalakan sein

Ada atau tidak ada kendaraan lain Anda harus menyalakan lampu sein sebagai tanda Anda bakal berpindah lajur saat akan menyalip. Sein juga berguna agar pengemudi kendaraan di depan melalui kaca spion mengetahui ada kendaraan lain mau hendak menyalip.

>>> Tertarik dengan tipe mobil di atas? Cari di Cintamobil.com!

Foto mobil sedang menyalip

Ada etika yang harus diperhatikan saat mendahului kendaraan lain

4. Beri tanda klakson atau kedipan lampu bila tidak punya ruang untuk menyalip

Di jalan tol harusnya kendaraan lambat berada di sebelah kiri dan lajur kanan hanya untuk mendahului. Faktanya, banyak kendaraan lambat melaju di lajur kanan. Jika Anda merasa kendaraan Anda lebih cepat dari mereka dan ingin menyalip, mintalah ruang gerak di sebelah kanan dengan cara membunyikan klakson atau beri kedipan lampu. Tujuannya agar mereka berpindah ke lajur lambat. Perlu diperhatian, klakson atau kedipan lampu adalah permohonan. Anda harus melakukannya dengan santun, tidak memprovokasi seperti membunyikan klakson tanpa henti atau mengedipkan lampu terus menerus.

5. Kembali ke lajur asal jika melihat kedipan lampu dari belakang

Meski sudah punya ruang untuk menyalip, sebaiknya Anda batalkan atau kembali ke lajur asal bila melihat kedipan lampu kendaraan di belakang. Itu adalah pertanda Anda tidak boleh menghalangi laju kendaraan tersebut karena mereka sedang dalam kecepatan tinggi.

>>> Tips pengemudian terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

6. Hati-hati kalau mobil yang disalip menambah kecepatan pada saat Anda sedang menyalip

Perlu Anda sadari bahwa karakter pengemudi kendaraan berbeda-beda satu sama lain. Ada yang legowo alias No Problem saat disalip, ada juga yang kurang senang dan sengaja tidak memberi kesempatan. Kalau kendaraan yang Anda salip menambah kecepatan atau mempersulit Anda kembali ke lajur asal, jangan dipaksakan. Lebih baik Anda mengalah, mundur membiarkan mereka melaju. Kurangi kecepatan dan jaga jarak sampai mereka atau Anda keluar jalan tol.

Intinya, untuk aman menyalip di jalan tol prioritas utamanya adalah keberhasilan mendahului kendaraan lain tanpa membahayakan orang lain maupun diri sendiri.

>>> Pentingnya Rambu-Rambu Batas Kecepatan untuk Mengurangi Kecelakaan di Jalan Tol

Foto kecelakaan bus di jalan raya

Mengemudi dimanapun harus memprioritaskan keselamatan

>>> Tips dan trik otomotif paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top