Mengulik Cara Integrasi Smartphone Dengan MZD Connect Terbaru

01/01/2020

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Mengulik Cara Integrasi Smartphone Dengan MZD Connect Terbaru
Head unit Mazda 3 generasi anyar hadir dengan berbagai fitur terkini, salah satunya integrasi telepon melalui Android Auto dan Apple CarPlay. Bagaimana cara integrasi smartphone dengan MZD Connect terbaru?

Sebenarnya, integrasi smartphone dengan MZD Connect melalui Android Auto dan Apple CarPlay sudah sejak versi sebelumnya. Namun, baru kali ini Mazda menyematkan fitur tersebut pada versi terbaru sistem entertainment Mazda, yang juga hadir di semua model baru Mazda tahun 2019, termasuk Mazda 3 sedan & hatchback.

Tampilan aplikasi Waze pada Apple CarPlay

Salah satu aplikasi yang sering digunakan dengan integrasi smartphone, navigasi baik itu Waze ataupun Google Maps

>>> Review Mazda 3 Hatchback terbaru bisa dilihat di sini

Jadi fitur yang memudahkan pengemudi menggunakan fitur yang ada di ponselnya seperti maps, pemutar musik, dan telepon tanpa harus mengalihkan perhatian dari jalan. Integrasi smartphone dengan MZD Connect sudah mendukung dua platform ponsel paling populer saat ini, Android dan Apple. Lalu, bagaimana cara mengoptimalkan fitur tersebut? Simak cara-caranya melalui uraian di bawah ini.

1. Apple CarPlay

Tampilan menu Apple CarPlay pada MZD Connect

Dengan Apple CarPlay, Anda dapat mengoperasikan fitur penting ponsel seperti navigasi tanpa menggangu fokus mengemudi

A. Sistem ini hanya bisa digunakan dengan handphone minimal iPhone 5, dan untuk kinerja optimal pastikan iPhone Anda sudah menggunakan iOS terbaru. Untuk koneksi menuju MZD Connect, Anda hanya bisa memakai lightning cable asli Apple atau kabel USB lightning lain yang sama kualitasnya. Selain itu, pastikan juga Siri sudah diaktifkan.

>>> Pilihan mobil terbaik bisa Anda temukan di sini

B. Setelah mencolok kabel Lightning ke USB port yang sudah disediakan dan mengkoneksikan iPhone Anda, sistem MZD Connect akan mengenali handphone Anda. Dan jika baru pertama kali menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah mengaktifkan Apple CarPlay pada iPhone Anda.

Tampilan pemutar musik Apple CarPlay pada MZD Connect

Seperti ini menu pemutar musik Spotify pada Apple CarPlay

C. Setelah iPhone Anda terbaca sistem, Anda bisa langsung mengakses Apple CarPlay dengan beberapa cara. Cara yang paling mudah adalah dengan menekan tombol home untuk beberapa waktu sampai tampilan menunya muncul.

Cara kedua, Anda bisa menggeser commander knob ke arah depan untuk mengarahkan cursor ke icon Apple CarPlay di sebelah kanan home screen MZD Connect. Atau, Anda bisa memutar kenop tersebut ke menu Setting dan Connectivity Settings dan memilih Apple Carlay. 

D. Untuk mengaktifkan voice command Siri, Anda bisa memencet tombol bicara pada setir dan mulai berbicara. Atau pada tampilan AppleCar Play, Anda bisa memutar kenop sampai ke arah home button, tekan dan Siri sudah bisa digunakan.

2. Android Auto

A. Untuk smartphone Android, layanan Android Auto MZD Connect berjalan dengan spesifikasi minimum OS Android 5.0 (Lolipop). Namun untuk kinerja lebih maksimal, gunakan OS 6.0 atau lebih baru pada ponsel Android Anda. Selain itu, siapkan juga kabel data bawaan berkualitas tinggi untuk mengkoneksikan ponsel dengan head unit Mazda.

B. Sebelum mencolok ponsel Android Anda ke head unit, pastikan smartphone Anda sudah terinstall aplikasi Android Auto. Karena belum tersedia untuk pasar Indonesia, aplikasi tersebut belum ada di Google PlayStore. Solusinya, coba download apk-nya dan install.

Setelah Android Auto terinstall dan ponsel terkoneksi pada head unit, sistem MZD Connect akan mengenali handphone Anda. Setelah itu, ikuti langkah-langkah mengaktifkan Android Auto di layar ponsel Anda.

Menu MZD Connect saat Android Auto sudah terdeteksi

Kalau tampilan seperti ini sudah muncul, berarti Android Auto sudah bisa diakses

C. Setelah ponsel Android Anda terbaca sistem, Anda bisa langsung mengakses Android Auto dengan beberapa cara. Cara yang paling mudah adalah dengan menekan tombol home untuk beberapa waktu sampai tampilan menunya muncul.

>>> Tips pengemudian lain bisa Anda temukan di sini

Cara kedua, Anda bisa menggeser commander knob ke arah depan untuk mengarahkan cursor ke icon Android Auto di sebelah kanan home screen MZD Connect. Atau, Anda bisa memutar kenop tersebut ke menu Setting dan Connectivity Settings, kemudian memilih Android Auto.

D. Untuk mengaktifkan Google Assistant, Anda bisa memencet tombol bicara pada setir dan mulai berbicara. Atau pada tampilan Android Auto arahkan tampilan ke kanan yang akan mengaktifkan Google Assistant. Anda juga bisa mengaktifkan dengan hanya mengucap “Ok Google” pada tampilan apapun, namun pastikan fitur tersebut juga telah diaktifkan di ponsel.

Dengan menggunakan dua metode integrasi smartphone dengan MZD Connect terbaru, perjalanan Anda menggunakan mobil Mazda terbaru akan lebih menyenangkan dan semakin mudah. Untuk tips & trik lain yang tak kalah menariknya, temukan pada link di bawah ini.

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Review Mazda 3 Hatchback 2019: Evolusi Signifikan Sang Generasi Ketujuh

27/12/2019

Editor rate:

Mazda 3 Hatchback 2019 menjadi bukti Mazda semakin mantap memasuki segmen mobil premium di Indonesia. Apa saja “evolusi” yang ditawarkan medium hatchback ini?

Lihat juga

Tahun Depan, BMW Sematkan Android Auto Sebagai Standar

13/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Setelah beberapa tahun terakhir menghadirkan Android Auto sebagai opsional, akhirnya BMW menghadirkan fitur integrasi ponsel Android itu sebagai standar untuk beberapa modelnya mulai tahun depan.

Lihat juga

Siap Debut, Mobil Listrik Volvo XC40 Dibekali Sistem Infotainment Android

10/10/2019

Mobil baru

3 menit

Sistem infotainment Android telah diterapkan dalam produk otomotif roda empat selama beberapa tahun terakhir, meski dibuat oleh perusahaan pihak ketiga. Namun perubahan segera terjadi sebab Volvo XC40 memastikan akan menjadi mobil listrik pertama yang mendapatkan fitur tersebut, langsung dari pabrik.

Lihat juga

Komparasi Mazda 3 Hatchback vs Honda Civic Hatchback Turbo: Persaingan Medium Hatchback Terbaik dari Jepang

26/12/2019

Jual beli

5 menit

Mazda 3 Hatchback dan Honda Civic Hatchback Turbo sama-sama menjadi pesaing kuat di segmen medium hatchback Tanah Air. Lalu mana yang lebih layak dipilih?

Lihat juga

Mazda MX-5 Terbaru Akan Jadi Mobil Hybrid?

02/12/2019

Mobil baru

4 menit

Telah menjadi sportscar mungil ikonik selama 30 tahun terakhir, identitas Mazda MX-5 akan berubah menjadi sebuah mobil hybrid dengan rencana pengembangan generasi kelima yang masih berjalan.

Lihat juga