Mengisi Kartu E-Toll Mudah Dengan 5 Cara Ini

02/06/2019
Menghadapi arus mudik Lebaran 2019, tentu harus dibarengi dengan saldo kartu E-Toll yang cukup. Di era teknologi ini, para pemudik bisa mengisi saldo Kartu E-Toll dengan berbagai cara praktis dan bahkan mudah dilakukan dalam beberapa menit saja.

Menghadapi arus mudik Lebaran 2019, tentu harus dibarengi dengan saldo kartu E-Toll yang cukup. Di era teknologi ini, para pemudik bisa mengisi saldo Kartu E-Toll dengan berbagai cara praktis dan bahkan mudah dilakukan dalam beberapa menit saja.
Sejak bulan Oktober 2017 lalu, Pemerintah Indonesia sudah memberlakukan transaksi non tunai di seluruh ruas Tol. Meski sudah dua tahun berselang, namun masih saja ada beberapa pengendara yang terlihat kebingungan di Gerbang Tol Otomatis (GTO). Perihal lupa membawa kartu E-Toll atau bahkan belum melakukan pengisian saldo. Padahal, kini pengisian kartu E-Toll tergolong mudah, berikut caranya.

1. Pengisian Saldo Kartu E-Toll Di Mini Market

Paling praktis dan sudah banyak dipahami oleh masyarakat adalah mengisi saldo E-Toll lewat Mini Market. Sebut saja, Alfamart, Indomaret dan kawan-kawannya, sudah menjadi tempat masyarakat untuk melakukan pengisian E-Toll.

Mengisi Kartu E-Toll di Mini Market bisa dilakukan kapan saja dan terbilang paling praktis

Pengisian kartu E-Toll bisa dilakukan di berbagai Mini Market ternama seperti Alfamart

Prosesnya pun cukup mudah yang mana Anda hanya perlu meminta pegawai kasir untuk ‘Top Up’ E-Money, disesuaikan dengan nominal yang Anda butuhkan. Setelah itu, jangan lupa untuk meminta struk pembelian dan cocokkan dengan saldo yang sudah terisi. Cukup mudah, bukan?
Pssstt, ada sedikit tips dari Cintamobil.com, jangan lupa untuk menyediakan dua atau tiga kartu E-Toll sebagai cadangan. Hal ini setidaknya dapat menjadi solusi ketika satu kartu E-Toll kehabisan saldo. Setidaknya, Anda tidak memakan waktu lama di GTO.

>>> Baca juga: Lakukan 7 Tips Ini Untuk Mengusir Kebosanan Saat Perjalanan Mudik

2. Pengisian Saldo Kartu E-Toll Di Handphone

Ingin cara lebih mudah? Jawabannya adalah dari Handphone Anda. Namun untuk melakukannya, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi. Pertama, pastikan Anda sudah mendaftarkan diri sebagai pengguna dari Mandiri Online. Setelah itu, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Mandiri Online dari Google Play (Android) atau AppStore (IOS).

Mengisi Kartu E-Toll Di Handphone harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dulu

Metode pengisian kartu E-Toll Handphone diperlukan fitur khusus yakni NFC


Kedua, pastikan Handphone Anda sudah didukung dengan fitur bernama NFC. Perlu diketahui sebelumnya, fitur NFC bukanlah aplikasi yang bisa diunduh, namun NFC adalah sebuah Hardware yang tidak dimiliki oleh semua Handphone.
Setelah kedua persyaratan tersebut terpenuhi, Anda hanya perlu masuk ke aplikasi Mandiri Online. Setelah itu, tempelkan kartu E-Toll ke bagian belakang Handphone yang sudah memiliki fitur NFC. Proses berikutnya adalah menekan fitur isi saldo E-Money sesuai kebutuhan. Voila, saldo E-Toll sudah terisi.

>>> Tertarik untuk membeli mobil baru maupun bekas? Simak harga mobil selengkapnya di sini

3. Pengisian Saldo Kartu E-Toll Di ATM / Bank

Bisa dibilang, cara satu ini adalah metode paling formal di antara lainnya. Ada beberapa daftar Bank yang menerapkan sistem ini seperti halnya Mandiri, BRI, BNI, BTN dan BCA. Pastikan juga di mesin ATM sudah terdapat logo e-Money.

Mengisi Kartu E-Toll Di ATM tergolong cukup mudah dan praktis

Pastikan mesin ATM sudah memiliki logo e-Money


Masukkan kartu debit ATM dan tekan PIN seperti biasa. Lalu, pilihan menu “Uang Elektronik” atau “e-Money” dan tekan fitur “Top Up”. Proses berikutnya adalah menekan nominal saldo yang hendak Anda isi ke dalam kartu E-Toll. Setelah itu, tempelkan kartu E-Toll ke panel Scanning uang elektronik. Apabila sudah tersambung dengan sistem pada mesin ATM, tekan “Ya” dan kemudian saldo sudah terisi sesuai nominal yang Anda tuliskan sebelumnya.

>>> Info menarik lainnya: Ini 3 Strategi Pemerintah Mengantisipasi Arus Mudik 2019

4. Pengisian Saldo Kartu E-Toll Di Stasiun KRL

Untuk Anda yang tinggal di area Jabodetabek, transportasi bus TransJakarta maupun Commuter Line, menggunakan kartu serupa yakni E-Toll atau e-Money. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan loket tiket untuk mengisi kartu E-Toll sesuai nominal yang Anda butuhkan. Nantinya, Anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 1.500.

Pengisian Kartu E-Toll Di Stasiun KRL membutuhkan biaya administrasi sebesar Rp. 1.500 saja

Pengisian bisa juga dilakukan dari stasiun TransJakarta

5. Pengisian Saldo Kartu E-Toll Di Gerbang Tol

Nih, satu metode paling toleran menurut Cintamobil.com. Mengapa begitu? Ya, bagi pengendara yang lupa membawa atau lupa mengisi kartu E-Toll, mereka bisa Top Up saldo secara langsung dari gerbang tol. Kurang apa, coba?

Mengisi Kartu E-Toll Di Gerbang Tol hanya tersedia di beberapa titik saja

Hanya beberapa GTO saja yang didukung pengisian saldo kartu E-Toll

Namun perlu diingat bersama teman-teman, fasilitas ini hanya ditemui di beberapa lokasi saja. Untuk selengkapnya, Anda bisa melihat tabel di bawah ini yang dikutip dari JalanTikus.com.

LOKASI

DAFTAR GERBANG TOL

Pulau Jawa

Gerbang Tol Salatiga, Gerbang Tol Cikupa, Gerbang Tol Ungaran, Gerbang Tol Ramp Cikupa, Gerbang Tol Serang Timur, Gerbang Tol Cilegon Barat, Gerbang Tol Cilegon Timur

Jabodetabek

Gerbang Tol Cibubur, Gerbang Tol Cengkareng, Gerbang Tol Bekasi Barat, Gerbang Tol Ciledug, Gerbang Tol Cililitan, Gerbang Tol Kapuk, Gerbang Tol Sunter, Gerbang Tol Fatmawati 2, Gerbang Tol Dukuh 1, Gerbang Tol Pasar Rebo, Gerbang Tol Joglo, Gerbang Tol Halim, Gerbang Tol Pondok Raji, Gerbang Tol Meruya Selatan, Gerbang Tol Lenteng Agung 2, Gerbang Tol Pondok Aren, Gerbang Tol Pondok Pinang

>>> Artikel tips & trik menarik lainnya di Cintamobil.com

Franky Pratama

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain