Menggunakan Sunroof: Hal Yang Disarankan dan Dilarang Ketika Mengemudi

10/10/2018

Pengemudian

4 menit

Beberapa mobil menawarkan sunroof untuk menambah kenyamanan mengemudi. Tetapi menggunakan sunroof tidak boleh sembarangan. Salah-salah, Anda bisa terlibat dalam kecelakaan yang berbahaya.

Dibandingkan beberapa dekade lalu, penggunaan sunroof semakin banyak ditemukan dalam kendaraan keluarga saat ini. Sunroof adalah fitur yang memiliki banyak manfaat jika digunakan dengan benar dan bahaya yang serius jika disalahgunakan. Karena tidak boleh sembarangan, berikut apa yang harus dan tidak boleh dilakukan ketika menggunakan sunroof.

1. Membuat kabin lebih sejuk

Gambar yang menunjukan pengemudi yang membuka sunroof ketika sedang mengemudi

Buka sunroof untuk membiarkan angin alami masuk ke dalam kabin

Keutamaan memiliki sunroof adalah memungkinkan cahaya dan udara yang lebih alami masuk ke dalam kabin. Sunroof selalu ditawarkan dengan sunblind dan memiliki warna untuk mencegah kabin memanas karena sinar matahari yang masuk.

2. Melepaskan panas ketika parkir

Gambar yang menunjukan pengemudi yang membuka sunroof ketika parkir

Membuka sunroof akan membuat kabin sejuk lebih mudah

Membiarkan mobil diparkir selama setengah jam saja pada cuaca panas Jakarta cukup membuat kabin menjadi oven. Daripada menyalakan mobil dan mengaktifkan AC mobil dalam kondisi maksimal, buka sunroof untuk beberapa saat. Udara panas akan lebih cepat menghilang dan membuat kabin lebih sejuk dalam waktu yang relatif singkat.

>>> Life Hack: Cara Cepat Mendinginkan Kabin yang Panas Ketika Parkir

3. Menikmati pemandangan

Gambar yang menunjukan pengemudi yang menikmati pemandangan dari sunroof

Menggunakan sunroof untuk menikmati pemandangan adalah ide yang bagus

Pada kecepatan rendah hingga sedang, membuka sunroof bisa memberikan pengalaman memandang keagungan Tuhan. Ketika berkendara di jalan pedesaan atau daerah hutan, Anda bisa menikmati angin sejuk sekaligus pemandangan yang menenangkan. Anda bisa memarkirkan mobil, berbaring dan menikmati bintang-bintang di dalam mobil Anda.

>>> Dapatkan beragam pilihan mobil diesel terbaik hanya di Cintamobil

4. Jangan berdiri melalui sunroof

Gambar yang menunjukan pengemudi yang keluar dari sunroof

Meskipun sering dilakukan, ternyata hal ini berbahaya dan bisa berakibat fatal

Meskipun banyak orang yang melakukan hal ini, termasuk anak-anak, melakukan hal ini ternyata berbahaya. Bahkan dalam kecepatan lambat di bawah 15 km/jam, pengereman darurat bisa menyebabkan kerusakan serius pada tubuh bagian atas. Ada juga ancaman rollover ketika terjadi kecelakaan. Tak banyak yang tahu, kecelakaan seperti ini sering terjadi di seluruh dunia.

>>> Dapatkan berbagai informasi tips mengemudi lainnya ada di sini

5. Hindari memodifikasi sunroof

Gambar yang menunjukan teknisi yang sedang memodifikasi sunroof

Perubahan pada bagian atap bisa mengganggu kinerja mobil

Banyak orang yang mencoba memodifikasi sunroof atau melakukan retrofit melalui pemasok aftermarket. Namun Cintamobil.com menyarankan untuk menghindari hal ini. Ketika pembuat mobil menambahkan sunroof, mereka telah mengujinya secara menyeluruh. Atap mobil merupakan bagian integral dan bagian aftermarket selalu membawa resiko pada mobil. Mulai dari kebocoran (dimana sunroof pabrik memiliki lubang drainase khusus) hingga masalah kelistrikan.

Menggunakan sunroof tergantung pemilik mobil. Jika sembarangan digunakan, ada kemungkinan sunroof hanya akan membuat berkendara menjadi lebih berbahaya. Lebih baik dihindari daripada mengobati, ya kan?

>>> Perhatikan rangkuman tips dan trik otomotif lainnya hanya di Cintamobil

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top