Harus Mengendarai Mobil Tanpa AC? Ini Tipsnya Biar Tetap Adem

26/06/2020

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Harus Mengendarai Mobil Tanpa AC? Ini Tipsnya Biar Tetap Adem
Pernahkah Anda berada di situasi dimana harus mengendarai mobil tanpa AC? Tak perlu khawatir, berikut ada tips yang bisa membuat mobil tetap adem tanpa AC.

Air Conditioning atau biasa disingkat AC merupakan salah satu fitur yang hampir tak pernah absen pada suatu model mobil zaman sekarang. Terlebih untuk mobil penumpang, rasanya semua model sudah menyematkan AC untuk menambah kenyamanan penumpang atau pengendara selama perjalanan. 

Tapi bagaimana dengan Anda yang harus mengendarai mobil tanpa AC lantaran belum tersedia? Maklum, model zaman dulu AC merupakan fitur mahal dan hanya ditemukan pada model tertentu. Si pengendara tentunya akan merasa kegerahan, apalagi saat ini sudah mulai memasuki musim kemarau. Menyetir dalam kegerahan ini bisa membuat pengendara cepat lelah. 

>>> Sering Mencium Bau Ini Pada Mobil? Sebaiknya Jangan Disepelekan

Berkendara di musim panas

Berkendara di bawah terik matahari memang bisa melelahkan apalagi tanpa AC

Untuk itu, sederet langkah berikut bisa dilakukan agar Anda tetap merasa adem saat berkendara walaupun tanpa AC, dikutip Cintamobil.com dari Coventry Live, Jumat (26/6/2020). 

1. Menyiapkan Botol Es

Mungkin hal ini sering Anda lihat kala sopir truk berkendara. Tapi hal ini memang cukup ampuh dilakukan untuk membuat pengendara tetap nyaman dan mengurangi rasa lelah sepanjang perjalanan. 

Caranya, Anda bisa mengisi botol kosong dengan air dan es batu. Setelah itu Anda bisa membalutnya dengan handuk dan kemudian bisa menaruhnya di belakang leher. 

Selain membuat pengendara adem, air tersebut nantinya bisa diminum. 

>>> Ini Akibatnya Kalau Malas Mencuci Mobil secara Rutin

2. Baju Basah

Bila Anda memiliki lap basah, ini juga bisa dimanfaatkan untuk membantu membuat kabin mobil adem. Caranya, letakan lap tersebut di atas dasbor untuk membantu mendinginkan udara. Sebaiknya, Anda juga memiliki beberapa pengganti lap basah karena bila ditaruh di dasbor bisa mengering dengan cepat. 

>>> Amankah Pakai Ban Beda Merk di Mobil?

3. Memarkir di Tempat Teduh

Berkendara di musim panas

Pilihlah tempat parkir yang teduh agar saat mengendarai mobil tanpa AC nantinya bisa tetap adem

Memarkir di tempat yang teduh bisa menjadi satu cara agar kabin mobil tetap adem ketika Anda kembali masuk ke dalamnya. 

Anda bisa memilih di bawah pohon, atau dekat dengan gedung bertingkat dimana bayangan dapat menutupi mobil dan membuatnya terhalang dari paparan langsung sinar matahari. 

Bila mobil akan diparkir dalam waktu lama, pilihlah tempat yang tak terkena sinar matahari langsung. 

>>> Biar Nggak Rugi Banyak, Ini Tips Menjual Mobil Saat New Normal

4. Menutup Dasbor dengan Cover

Anda bisa mencari cover untuk menutup dasbor. Ini bermanfaat untuk melindungi permukaan dasbor Anda termasuk setir dan juga tuas transmisi dari panas. Dengan begitu, sekembalinya ke mobil, rasa panas dapat terhindar. 

5. Membuka Sedikit Jendela

Untuk membuat sirkulasi udara ketika panas, Anda bisa membuka sedikit jendela. Tak perlu lebar-lebar, melainkan hanya berkisar 1-2 cm  agar mobil tidak panas ketika ditinggal. 

6. Menggunakan Kipas Angin Kecil

Nah Anda bisa juga nih menggunakan kipas angin berukuran kecil dan diletakan di dasbor. Alat ini tentu sangat membantu pengendara agar terhindar dari panas saat berkendara di siang hari yang terik. 

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top