Mengenal Teknologi Sistem Pengereman Pada Mobil

01/01/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Mengenal Teknologi Sistem Pengereman Pada Mobil
Rem bukan hanya sekedar peranti pelambat laju kendaraan. Teknologi sistem pengereman juga telah berevolusi, lalu kira-kira ada apa saja sistem pengereman kini?

Kini teknologi sistem pengereman mobil sudah kian modern. Teknologi pengereman mobil saat ini ada tiga; ABS, EBD dan BA. Lalu bagaimana ketiga sistem itu bekerja? Simak ulasan singkatnya di bawah ini.

>>> Kipas radiator rusak? Cek lima bagian ini

Gambar menunjukan MID Pengereman

Teknologi pengereman pada mobil terus berkembang mengikuti zaman

Pertama teknologi ABS, sistem ini merupakan sebuah teknologi yang berguna untuk mencegah roda kendaraan terkunci saat terjadi pengereman secara mendadak. Hal ini berguna agar mobil yang Anda gunakan dapat diarahkan untuk menghindari objek yang berada di hadapan mobil Anda. Sensor ABS bekerja dengan mendeteksi penguncian roda, sistem akan merespon piston rem untuk melepas sesaat jepitan kampas rem dan menjepit lagi ketika roda sudah berputar sehingga sedikit berakibat pada pedal rem yang terasa sedikit bergetar.
  
Selain ABS, ada lagi teknologi yang diadopsikan pada sistem pengereman kendaraan. Electronic Brake Distribution atau biasa disingkat EBD. Teknologi ini hadir untuk melengkapi sistem pengereman yang ada pada Anti-lock Braking System. Fungsi utamanya untuk mengatur tekanan minyak rem yang berbeda-beda ke setiap roda tergantung kondisi jalan, kecepatan, beban dan faktor-faktor lainnya. 

>>> Pilihan mobil dengan kondisi terbaik ada di sini

Gambar menunjukan ilustrasi sistem ABS

ABS berfungsi mencegah roda kendaraan terkunci saat terjadi pengereman mendadak

Terakhir sistem Brake Assist (BA), fitur keselamatan kendaraan aktif ini dirancang untuk membantu pengemudi berhenti lebih cepat pada pengereman darurat. Ketika dalam pengereman darurat, sistem Brake Assist akan mendukung pengemudi dalam malakukan pengereman mendadak dengan menerapkan gaya tambahan pada rem. Secara sederhana, bahasa teknisnya adalah dengan meningkatkan kekuatan menjepit kaliper pada kampas rem.

Untuk informasi tambahan, Anda bisa merawat sistem pengereman ABS dengan cara membersihkan sensor yang berada di kaliper rem. Membersihkannya cukup menyemprotkan spray khusus ke bagian yang bermagnet, hal ini bisa dilakukan dalam waktu dua bulan sekali. Selanjutnya, perawatannya adalah dengan cara jangan terlalu sering mengocok rem mobil Anda ketika mobil dalam keadaan berhenti karena akan menyebabkan sensor ABS jadi cepat haus bahkan rusak.
 
Terakhir, perawatan yang bisa dilakukan dengan cara memeriksa cairan minyak rem. Jika kurang, Anda harus segera menambahkan. Jangan biarkan ada celah sedikitpun untuk udara luar masuk ke dalam tabung minyak rem.

>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak Tips & trik yang berguna lainnya dari Cintamobil.com

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Yuk Manfaatkan Paddle Shift Untuk Bantu Pengereman Mesin Pada Transmisi CVT

05/12/2019

Pengemudian

5 menit

Fitur Paddle Shift kini sudah lazim di mobil-mobil kelas menengah maupun hatchback. Sayangnya, masih cukup jarang yang menggunakan paddle shift ini untuk memaksimalkan proses mengemudi. Yuk manfaatkan paddle shift untuk bantu pengereman.

Lihat juga

Teknik Pengereman Mobil dengan ABS, Injak Penuh!

08/07/2019

Pengemudian

4 menit

Ketika dilakukan pengereman mendadak, sebaiknya Anda sudah mengetahui bagaimana teknik pengereman mobil dengan ABS. Karena sistem ini mampu menjaga roda tidak mengunci dan Anda tetap masih bisa bermanuver menghindari objek di depan.

Lihat juga

Berkendara Aman, Mari Pahami Jarak Pengereman Mobil Berbanding dengan Kecepatan

06/07/2019

Pengemudian

4 menit

Sebagai pengemudi, penting sekali untuk Anda memahami jarak pengereman mobil. Karena dengan begini Anda bisa menghitung berapa jarak aman antara Anda dengan kendaraan di depan.

Lihat juga

Bukan Untuk Pengereman Keras, Porsche Jelaskan Manfaat Sebenarnya Rem Carbon Ceramics

Rem carbon ceramics sangat mahal. Karena itu, sebagian besar pengemudi menyebutkan bahwa rem jenis ini bisa digunakan dalam pengereman tingkat tinggi dan daya tahan yang lama. Namun ternyata anggapan tersebut salah.

Lihat juga

Bisakah Teknologi Pengereman Otomatis Bersikap Rasis? Penelitian Ini Temukan Jawabannya

12/02/2019

Pengemudian

3 menit

Teknologi pengereman otomatis akan berhenti ketika pejalan kaki melintas di depan kendaraan. Namun ternyata masalah warna kulit bisa menjadi masalah besar untuk teknologi ini. Benarkah demikian?

Lihat juga