Mengenal Teknologi Head Up Display yang Mirip Kokpit Pesawat Jet

16/07/2019

Pengemudian

4 menit

Satu dari perkembangan teknologi informasi yang diterapkan pada mobil adalah munculnya teknologi Head Up Display. Dan jika Anda ingin mengetahui tentang teknologi ini, baca artikelnya sampai selesai ya!

Beberapa mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi fitur tambahan pada ruang kabinnya. Fitur ini ada yang berfungsi sebagai perangkat hiburan, ada yang membantu pengemudi untuk meningkatkan keselamatan berkendara.

>>> Kenali Cara Kerja Teknologi Cruise Control agar Berkendara Makin Nyaman

Satu diantara fungsi penunjang berkendara adalah Head Up Display atau yang sering juga disingkat HUD. Apa sih sebenarnya teknologi HUD ini? Apa saja fungsinya bagi pengemudi? Berikut penjelasannya:

1. Sejarah Head Up Display

Teknologi kokpit pesawat

Dulunya merupakan teknologi pada pesawat jet

Jika mundur sedikit ke belakang, sebenarnya teknologi HUD sudah dikenal lama, hanya saja awalnya teknologi ini diterapkan pada pesawat jet atau pesawat tempur. Tujuannya agar konsentrasi terbang pilot tidak terganggu selama mengemudikan pesawat berkecepatan tinggi tersebut.

>>> Temukan promo mobil baru terbaik disini

Teknologi ini memungkinkan pilot tidak usah melihat panel instrumen lain yang ada di ruang kokpit, karena hampir semua informasi tentang pesawat tertampil di HUD. Menariknya, teknologi ini tidak lagi menggunakan layar tambahan, namun semua informasi terpampang pada kaca depan pilot dengan bantuan semacam proyektor.

2. Aplikasi di Mobil

sistem HUD pada mobil

HUD pada mobil kini juga menampilkan GPS navigasi

Kini teknologi pesawat jet itu diaplikasikan pada mobil. Pada kaca depan bagian pengemudi terpampang informasi yang sama dengan yang ada pada panel instrumen. Melalui Head Up Display, pengemudi dapat mengetahui informasi mengenai speedometer, odometer, trip meter, kapasitas BBM di tangki, hingga info lalu lintas secara real time.

>>> Temukan mobil bekas berkualitas disini

Bahkan beberapa mobil premium, saat ini juga sudah menggunakan teknologi HUD dengan informasi seperti batas maksimum kecepatan di jalan tersebut, mendeteksi blind spot, line keep assist, sampai GPS navigasi.

Tentunya penggunakan teknologi Head Up Display ini akan terus berkembang seiring perkembangan teknologi otomotif di dunia.

>>> Tips & trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top