Mengenal Teknologi ESC di Mobil

09/07/2019

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Mengenal Teknologi ESC di Mobil
Teknologi ESC biasanya sudah menjadi fitur keselamatan standar pada mobil-mobil modern. Namun tahukah Anda bagaimana fungsi dan cara kerja teknologi ini pada mobil Anda?

Beberapa fitur keselamatan aktif pada mobil-mobil produksi saat ini adalah ESC (Electronic Stability Control). Fitur ini berkaitan dengan teknologi pada sistem kaki-kaki kendaraan, yang bisa membuat pengemudi lebih aman dan nyaman selama berkendara.

>>> Inilah Ragam Teknologi Mesin Diesel Modern

Teknologi ESC diterapkan pada mobil untuk membantu pengendara saat melintas di jalan yang licin. Misalnya ketika hujan, bersaju, atau berbelok di jalan yang permukaan aspalnya cukup licin.

Cara Kerja ESC

Cara kerja ESC

ESC akan membantu mobil agar tidak kehilangan kontrol ketika menikung

Sistem pintar pada mobil ini akan meminimalisir gejala ban mobil selip dan membuat pengendalian pengemudi jadi berantakan. Dengan chip khusus, sistem akan mendeteksi ketika mobil kehilangan kontrol.

>>> Cari mobil bekas berkualitas disini

Apabila mobil kehilangan kontrol, misalnya saat menikung pada permukaan jalan yang licin, maka sensor akan memerintahkan membantu kinerja rem untuk mengendalikan laju mobil. Dengan demikian kinerja rem akan lebih optimal untuk mencegah terjadinya oversteer atau understeer.

logo ESC di mobil

Indikator ESC adalah keberadaan logo ini di dasbor

Dengan keberadaan teknologi ESC, maka pengemudi tidak akan merasakan mobil "ngebuang" berlebihan ketika menikung. dan biasanya keberadaan teknologi ini ditandai dengan tombol berlogo mobil yang sedang berkendara di jalan berkelok.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Pencurian Semakin Marak, Ford Luncurkan Teknologi Keyless Anti Pencurian

Pencurian mobil berteknologi keyless semakin marak terjadi, terlebih di Eropa sana. Untuk menanggulangi masalah tersebut, Ford telah menyiapkan teknologi terbaru mereka, teknologi keyless anti pencurian di Eropa.

Lihat juga

Desain Lebih Simpel, Ini Kelebihan Rem Tangan Elektrik

07/03/2019

Pengemudian

Fitur-fitur mobil masa kini turut berkembang seiring berkembangnya teknologi, termasuk pada piranti keselamatan wajib berupa rem tangan. Yang dulunya menggunakan tuas tarik berkembang menjadi tuas angkat dan yang terbaru tersedia dalam bentuk elektrik atau electronic handbrake. Meski terlihat sederhana dan simpel, rem tangan elektrik memiliki banyak kelebihan dibanding rem tangan tuas tarik dan angkat.

Lihat juga

Sejarah Perkembangan Transmisi Otomatis Mobil Di Dunia

Teknologi mobil baru membuat hidup orang makin kesini semakin enak. Inovasi itu nggak bohong. Sama dengan perkembangan teknologi transmisi otomatis. Sejak diciptakan pertama kali sebelum Perang Dunia ke-2, inovasi tentang transmisi otomatis terus dilakukan hingga saat ini. Ini cerita mengenai sejarah perkembangan transmisi otomatis mobil di dunia bersama narasumber hebat.

Lihat juga

Review Audi A4 2017 Indonesia

11/03/2018

Editor rate:

Audi A4 merupakan salah satu line dari produk Audi yang sudah ada di Indonesia sejak tahun 90-an. Audi mengeluarkan tipe terbaru di Indonesia dengan model Aui A4 Quattro yang memiliki keunggulan fitur dibandingkan dengan mobil sejenisnya yang berasal dari Eropa. Apa saja yang menjadi kelebihan Audi A4 terbaru ini? Silahkan simak dalam tulisna review Audi A4 2017 Indonesia di bawah ini.

Lihat juga

Mercedes-Benz C-Class 2021: Harga mobil C-Class & Promo Januari

01/01/2021

Mercedes-Benz

Mercedes-Benz merupakan salah satu pabrikan mobil dengan penjualan terbaik di dunia. Setiap mobil yang di jual selalu menjadi bahan pembicaraan khalayak luas. Bagi mereka yang menyukai mobil sedan mewah, biasanya melihat kualitas dan benefit yang diperoleh dalam suatu mobil. Mercedes-Benz bisa menjadi pilihan, pasalnya mobil sedan keluaran Mercy selalu menggoda. Kira-kira berapa harga Mercedes-Benz C-Class bulan ini?

Lihat juga
 
back to top