Mengenal Teknologi ESC di Mobil

09/07/2019
Teknologi ESC biasanya sudah menjadi fitur keselamatan standar pada mobil-mobil modern. Namun tahukah Anda bagaimana fungsi dan cara kerja teknologi ini pada mobil Anda?

Beberapa fitur keselamatan aktif pada mobil-mobil produksi saat ini adalah ESC (Electronic Stability Control). Fitur ini berkaitan dengan teknologi pada sistem kaki-kaki kendaraan, yang bisa membuat pengemudi lebih aman dan nyaman selama berkendara.

>>> Inilah Ragam Teknologi Mesin Diesel Modern

Teknologi ESC diterapkan pada mobil untuk membantu pengendara saat melintas di jalan yang licin. Misalnya ketika hujan, bersaju, atau berbelok di jalan yang permukaan aspalnya cukup licin.

Cara Kerja ESC

Cara kerja ESC

ESC akan membantu mobil agar tidak kehilangan kontrol ketika menikung

Sistem pintar pada mobil ini akan meminimalisir gejala ban mobil selip dan membuat pengendalian pengemudi jadi berantakan. Dengan chip khusus, sistem akan mendeteksi ketika mobil kehilangan kontrol.

>>> Cari mobil bekas berkualitas disini

Apabila mobil kehilangan kontrol, misalnya saat menikung pada permukaan jalan yang licin, maka sensor akan memerintahkan membantu kinerja rem untuk mengendalikan laju mobil. Dengan demikian kinerja rem akan lebih optimal untuk mencegah terjadinya oversteer atau understeer.

logo ESC di mobil

Indikator ESC adalah keberadaan logo ini di dasbor

Dengan keberadaan teknologi ESC, maka pengemudi tidak akan merasakan mobil "ngebuang" berlebihan ketika menikung. dan biasanya keberadaan teknologi ini ditandai dengan tombol berlogo mobil yang sedang berkendara di jalan berkelok.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain