Mengenal Lebih Jauh N Power Sense Axle, Fitur Yang Menambah Feedback Ke Pengemudi

18/06/2019

Pengemudian

3 menit

Mengenal Lebih Jauh N Power Sense Axle, Fitur Yang Menambah Feedback Ke Pengemudi
Mobil kekinian, terutama yang sudah mengadopsi electronic power steering umumnya memiliki masalah feedback. Feedback yang didapat dari setir ke pengemudi jauh lebih minim dibandingkan sistem hidrolik, Fitur N Power Sense Axle ini akan membantu menambah feedback jalan ke pengemudi dengan cara yang unik.

Salah satu masalah pada mobil kekinian yang sudah mengadopsi teknologi electronic power steering adalah minimnya feedback dari jalan ke setir. Feedback adalah informasi yang dapat dirasakan dari setir mobil oleh pengemudi, jadi licin atau tidaknya permukaan jalan dapat langsung dirasakan oleh driver. Feedback yang dihasilkan oleh mobil yang sudah pakai power steering elektrik sedikit lebih lemah bila dibandingkan dengan mobil dengan power steering hidrolik, hal ini disebabkan karena mekanisme hidrolik yang mengatur setir semakin berkurang. Namun jangan khawatir, N Power Sense Axle akan membuat kelemahan ini tak dirasakan lagi.

>>> Inilah fitur terbaru dari Hyundai untuk meningkatkan grip roda pada mobil penggerak roda depan

Ilustrasi feedback setir

Mobil dengan power steering elektrik umumnya agak sulit mendapatkan feedback setir maksimal dari permukaan jalan

N Power Sense Axle dalam cara kerjanya, akan dengan cepat mengirimkan feedback atau umpan balik kondisi jalan dengan segera. Hal ini akan membuat feedback jalan lebih dapat dirasakan oleh pengemudi mobil Hyundai Veloster N 2019 yang mendapatkan fitur N Power Sense Axle ini. Selain itu, fitur N Power Sense Axle ini juga dapat meningkatkan cengkraman roda, serta membuat penyaluran tenaga lebih efisien dalam mentrasfer tenaga mesin ke roda depan. Jika diamati, ide kerja N Power Sense Axle ini mirip dengan RevoKnuckle pada Ford Focus RS hampir satu dekade yang lalu.

>>> Mengapa modifikasi mobil umumnya menggugurkan garansi? Ini keuntungan mobil Anda tetap standar pabrik

N Power Sense Axle di Hyundai Veloster N

Fitur N Power Sense Axle akan mengeliminir kelemahan feedback setir ini

Secara umum, penerapan fitur N Power Sense Axle ini memiliki dua tujuan utama. Yang pertama adalah meningkatkan kekakuan lateral melalui optimalisasi struktur gandar depan dan pengurangan bobot. Kedua adalah fitur N Power Sense Axle ini akan memberikan pengalaman berkendara yang lebih intuitif dan lebih driver orianted dalam kondisi pengendaraan yang keras bahkan jika mobil digunakan dalam kondisi ekstrim sekalipun. Dengan menggunakan N Power Sense Axle maka sistem ini akan membantu merespons operasi roda kemudi dengan halus.

>>> Dapatkan informasi dan tips serta bahasan teknologi mobil terbaru hanya di Cintamobil.com

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top