Mengenal Fitur Super Select 4WD-II & Easy Select 4WD, Yang Membuat Mitsubishi Triton 2019 Jago Off-Road

30/08/2019

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Mengenal Fitur Super Select 4WD-II & Easy Select 4WD, Yang Membuat Mitsubishi Triton 2019 Jago Off-Road
Mitsubishi Triton 2019 hadir dengan kemampuan off-road lebih baik lewat ketersediaan fitur 4WD yang lebih lengkap dibandingkan pendahulunya. Kedua fitur 4WD tersebut adalah Super Select 4WD-II dan Easy Select 4WD. Bagaimana cara kerjanya dan kapan waktu yang tepat untuk mengaktifkannya? Simak ulasannya berikut ini.

Kemampuan off-road yang mumpuni merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh setiap generasi Mitsubishi Triton. Namun pada generasi terbaru, Mitsubishi membekalinya dengan fitur Super Select 4WD-II dan Easy Select 4WD, yang membuatnya tak hanya semakin tangguh, namun juga semakin pintar di medan ekstrim. Sehingga tak diragukan lagi bahwa Mitsubishi Triton 2019 siap meneruskan prestasi sebagai penguasa pasar pick-up dan double cabin di Indonesia.

>>> Artikel terkait lainnya:

Foto ilustrasi Mitsubishi Triton 2019 sedang lakukan off-road

Kemampuan off-road Mitsubishi Triton 2019 yang mumpuni ditunjang dengan fitur 4WD terkini, yakni Super Select 4WD-II

Untuk Mitsubishi Triton 2019 dengan varian GLX, HDX dan GLS hanya dibekali dengan fitur Easy Select 4WD yang menyediakan tiga mode penggerak, yakni 2H, 4H dan 4L. Fitur ini juga memungkinkan untuk melakukan penggatian mode dari 2H ke 4H dalam kecepatan di bawah 100 km/jam (shift on the fly). Sementara untuk melakukan perpindahan dari mode penggerak 4H ke 4L, hanya bisa dilakukan saat mobil dalam keadaan diam.

>>> Harga Mitsubishi New Triton Agustus 2019: Menyimpan Ketangguhan Dibalik Wajah Barunya

Foto pengaturan mode penggerak 4WD pada Mitsubishi Triton 2019 yang gunakan tombol

Untuk varian GLS, Exceed dan Ultimate, mode pengaturan penggerak 4WD sudah menggunakan kenop, sementara untuk varian GLX dan HDX masih menggunakan tuas

Sementara untuk varian Exceed dan Ultimate dibekali dengan fitur Super Select 4WD-II, yang memudahkan pengemudi untuk memilih mode 4WD yang tepat berdasarkan medan yang akan dilalui. Tersedia empat off-road mode pada Super Select 4WD-II, yakni Gravel, Mud/Snow, Sand dan Rock. Pada keempat mode off-road tersebut, komputer akan mengatur penyaluran daya, kontrol traksi dan bukaan throttle sesuai dengan medan yang dilalui. Mode Off-road ini bisa diaktifkan saat berkendara di mode 4HLLc (kecuali mode Rock yang bisa aktif hanya pada mode 4LLc). Untuk lebih jelasnya, yuk kita mengenal satu per satu mode off-road tersebut.
•    Gravel: Mode ini digunakan pada medan gravel berupa tanah kering dan kerikil. Sistem 4WD akan mencegah kehilangan traksi akibat lapisan tanah atau kerikil bergeser.
•    Mud/Snow: Mode ini digunakan pada medan licin seperti lumpur atau salju. Pada mode ini, sistem 4WD akan membiarkan roda selip dengan mengurangi respon kontrol traksi dan kontrol stabilitas, sehingga mobil akan mudah keluar dari medan licin tersebut dengan cara bertahap.
•    Sand: Kebalikan dari mode Mud/Snow karena pada mode Sand, sistem 4WD akan mencegah roda untuk selip lewat bantuan kontrol traksi dan kontrol stabilitas, sehingga ban tak mudah kehilangan traksi dan terbenam di pasir. Pada transmisi otomatis, mode Sand akan melibatkan komputer untuk memantau perpindahan gigi dengan menyesuaikan traksi dan tingkatan gigi yang dibutuhkan.
•    Rock: Mode ini sistem 4WD akan memantau traksi pada roda secara diagonal, sehingga penyaluran tenaga bisa lebih balance dan sangat berguna ketika mendaki medan berbatuan yang rentan kehilangan traksi pada salah satu roda.

>>> Butuh pick-up double cabin untuk bisnis? cek harga Mitsubishi Triton terkini di sini

Foto mode 4WD pada Super Select 4WD-II

Super Select 4WD-II dibekali dengan mode penggerak 4WD lebih lengkap, yakni 2H, 4H, 4HLc dan 4LLc

Selain itu, pada fitur Super Select 4WD-II, menggabungkan antara sistem 4WD full-time dan part-time karena menyediakan mode penggerak 4WD lebih lengkap, yakni mulai dari mode 2H (penggerak dua roda dengan high gear), 4H (penggerak empat roda dengan high gear), 4HLc (penggerak empat roda dengan high gear dan locker aktif/locked center differential) dan 4LLc (penggerak empat roda dengan low gear dan locker aktif/locked center differential). Agar lebih mudah memahami mode penggerak 4WD dan kapan harus digunakan, kami akan berikan penjelasan fungsi dari empat mode penggerak 4WD tersebut.
•    Mode 2H: Digunakan saat berkendara di jalan aspal dengan kondisi kering atau medan jalan dengan permukaan solid lainnya.
•    Mode 4H: Digunakan pada kondisi seperti hujan, gravel atau sedang menarik beban/towing. Sehingga tenaga akan disalurkan pada keempat demi mendapatkan kestabilan dan kemampuan akselerasi lebih optimal.
•    Mode 4HLc: Dengan penguncian pada center differensial (transfer case) dengan pembagian tenaga 50:50, sehingga bisa digunakan saat berkendara di medan berpasir. Sehingga penyaluran daya bisa dilakukan seoptimal mungkin pada medan dengan permukaan yang mudah membuat salah satu ban kehilangan cengkeraman.
•    Mode 4LLc: Dengan penguncian pada center differensial (transfer case) dengan pembagian tenaga 50:50 plus low gear yang ditujukan untuk medan berat hingga ekstrim seperti di medan lumpur yang dalam, mendaki di medan berbatuan (rock climbing) atau tanjakan/turunan yang curam. 

>>> Simak juga tis & trik terkini dunia otomotif hanya di Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Review Mitsubishi New Triton HDX D-Cab 4WD M/T 2019: Makin Istimewa Sebagai Mobil Pekerja

24/08/2019

Editor rate:

Inilah mobil dual cabin termurah dan paling tangguh keluaran Mitsubishi Motors. Jika sebelumnya kami telah membahas tuntas dan lengkap dua varian lain dari New Mitsubishi Triton yakni Ultimate dan GLS, kini saatnya kami melakukan ulasan mengenai Mitsubishi New Triton HDX D-Cab 4WD M/T 2019.

Lihat juga

Review Mitsubishi Triton Absolute 2019: Hadiah Istimewa Dari Thailand Untuk Para Pecinta Off-Road Indonesia

24/07/2019

Editor rate:

Tepat pada tanggal 26 Maret 2019, Mitsubishi Motors Company (MMC) menghadirkan Triton Absolute sebagai model Flagship di acara 40 tahun Bangkok International Motor Show. Sosoknya dikemas dengan tampilan kokoh dan maskulin, mengedepankan tema “Build-up Robustness”. Inilah dia review Mitsubishi Triton Absolute 2019.

Lihat juga

Review New Mitsubishi Triton GLS MT Dual Cabin 4WD 2019, Layak Jadi Kuda Pacu Manajer Lapangan Tambang Dan ...

04/07/2019

Editor rate:

Setelah puas mereview lengkap mobil New Mitsubishi Triton Ultimate MT Dual Cabin 4WD 2019 yang merupakan varian tertinggi dari Triton series, kini saatnya kami mengulas dua tipe dibawah Ultimate, yakni tipe GLS bertransmisi manual 6 percepatan dan dengan model bodi dual cabin. Ini pendapat kami mengenai mobil yang dijual dengan harga Rp 61,5 juta lebih murah dari tipe top of the line tersebut.

Lihat juga

Komparasi Mitsubishi New Triton HDX S-Cab 4WD M/T 2019 vs Toyota Hilux Single Cabin Diesel 4x4 2019

19/08/2019

Jual beli

7 menit

Pertarungan di kelas ini memang tidak terlalu tampak. Karena untuk di kota besar seperti Jakarta, Semarang, Yogyakarta, hingga Surabaya kedua mobil ini kalah pamor dengan New Suzuki Carry Pick Up dan Daihatsu Gran Max. Namun, di lokasi tambang atau kamp yang jalannya rusak, mobil ini menjadi primadona. Inilah komparasi antara Mitsubishi New Triton HDX S-Cab 4WD M/T 2019 vs Toyota Hilux Single Cabin Diesel 4x4 2019

Lihat juga

Tantang Mitsubishi Outlander PHEV, Toyota Prius PHEV Bakal Dijual Lebih Murah

03/08/2019

Mobil baru

3 menit

Toyota Prius PHEV kemungkinan besar diluncurkan akhir 2019 untuk menghadapi Mitsubishi Outlander PHEV yang telah diluncurkan di GIIAS 2019. Sebagai strategi Prius PHEV rencananya bakal dijual lebih murah.

Lihat juga
 
back to top