Mengenal Apa Itu Spoiler, Upgrade Aerodinamika untuk Efisiensi

13/10/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Mengenal Apa Itu Spoiler, Upgrade Aerodinamika untuk Efisiensi
Meski banyak digunakan pada mobil penumpang, awalnya spoiler hanya ditemukan pada sports car. Sebenarnya apa itu spoiler? Simak penjelasannya di bawah ini.

Spoiler pada mobil selalu dikaitkan dengan performa dan tampilan yang sporty. Tapi tak jarang mobil terbaru turut menawarkan spoiler pada desain eksteriornya. Dulunya digunakan untuk sports car maupun mobil performa tinggi, sebenarnya apa itu spoiler? Simak juga kelebihan mobil dengan spoiler dan bagaimana cara sebuah spoiler bekerja.

Apa itu spoiler?

Dilansir dari berbagai sumber, spoiler merupakan komponen aerodinamis yang digunakan pada mobil untuk mengurangi hambatan ketika berkendara. Selain pada bagian belakang, spoiler juga bisa ditemukan pada fascia depan yang ditempatkan pada bumper dan spoiler samping biasanya terletak pada panel di bagian bawah pintu samping.

Spoiler digunakan untuk mengatur aliran udara yang melewati badan mobil sesuai dengan kebutuhan aerodinamika. Spoiler bisa diatur untuk menambah daya tekan di depan maupun ke belakang. Bisa juga hanya untuk sekadar memperlancar aliran udara dan meningkatkan aerodinamika berkendara.

Ada perbedaan antara spoiler dengan wing/sayap. Wing berbentuk seperti sayap pesawat terbalik, bertugas untuk membelokkan aliran udara ke atas untuk menghasilkan downforce pada bagian belakang. Sedangkan spoiler dipasang pada badan bodi dan membantu menyebarkan udara guna mengurangi hambatan hingga meningkatkan efisiensi bahan bakar.

>>> Lampu Rem Spoiler Mobil Bukan Sekedar Aksesoris Lho!

Bukan hanya milik sports car

Penggunaan prinsip aerodinamis pada kendaraan produksi berkembang dari masa ke masa. Sebagian besar mobil balap tahun 1950-an menggunakan bodi yang mulus dan aerodinamis untuk mengurangi hambatan ketika dipacu cukup kencang, Namun pabrikan menyadari bahwa bagian belakang yang membulat lebih banyak menghambat kinerja dibandingkan meningkatkan performa.

Contoh pertama spoiler pada mobil balap digunakan pada Ferrari 196 Dino SP 1961. Bodinya dirancang oleh Fantuzzi, seorang coachbuilder terkenal yang juga bertanggung jawab atas beberapa mobil balap paling populer di era 1950-an hingga 1960an.

mobil balap Ferrari 196 Dino SP 1961 berwarna merah
Ferrari 196 Dino SP 1961, mobil balap pertama dengan spoiler

>>> Bukan Cuma Gaya, Ini Fungsi Spoiler Mobil

Sebelumnya hanya sports car maupun mobil balap berperforma tinggi yang menggunakan spoiler untuk aerodinamika berkendara. Tapi saat ini, penggunaan spoiler cukup umum untuk mobil penumpang. Beberapa pemilik mobil bahkan memodifikasi dan menambahkan spoiler untuk tujuan estetika demi mempercantik kendaraan.

Selain mengurangi drag atau hambatan, keunggulan lainnya mobil penumpang dengan spoiler adalah meningkatkan efisiensi berkendara. Bahkan kendaraan penumpang juga bisa dilengkapi dengan spoiler depan dan belakang. Pasalnya spoiler depan sangat berguna untuk mengurangi daya angkat yang membuat mobil terasa limbung ketika dibawa dalam kecepatan tinggi.

bagian belakang Toyota Innova dengan rear spoiler
Toyota Innova merupakan salah satu MPV dengan spoiler belakang

Bagi yang masih penasaran dengan apa itu spoiler, teknologi ini sudah sering digunakan pada mobil penumpang, termasuk SUV maupun MPV. Rear spoiler biasanya dipasang di bagian atas jendela pada pintu belakang, seperti pada SUV sekelas Mitsubishi Pajero Sport maupun Toyota Innova yang baru mendapatkan perubahan di akhir tahun ini.

>>> Toyota Kijang Innova Tahun Berapa yang Irit BBM?

Kelahiran spoiler aktif 

Bahkan perkembangan teknologi mulai menghasilkan berbagai peningkatan, termasuk pada spoiler. Beberapa pabrikan sudah mengembangkan spoiler aktif yang bukan hanya membantu meningkatkan aerodinamika, tetapi juga berperan penting dalam mengoptimalkan kinerja pada kendaraan yang lebih tinggi, seperti teknologi Porsche Active Aerodynamics pada Porsche Cayenne.

Cayenne menggunakan spoiler aktif yang akan memanjang maupun memendek. Pada kecepatan rendah, spoiler akan dibuat pendek dan hampir menyatu dengan pintu bagasi belakang. Pengaturan ini akan sangat membantu untuk kepraktisan, terlebih ketika Anda sedang memarkirkan mobil di lahan yang sempit.

Namun ketika Porsche Cayenne menempuh lebih dari 80 km/jam, maka spoiler akan diperpanjang secara otomatis guna meningkatkan stabilitas ketika berkendara. Spoiler Cayenne bisa diaktifkan secara manual dan memanjang hingga 135 mm untuk meningkatkan downforce pada as roda belakang untuk performa yang lebih maksimal. 

>>> Pilihan mobil baru dan bekas terbaik hanya ada di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Lampu Rem Spoiler Mobil Bukan Sekedar Aksesoris Lho!

20/04/2020

Pengemudian

5 menit

Lampu rem spoiler acap kali ditemukan pada sebuah mobil, utamanya mobil dengan level trim tertinggi. Meski bsia mempermanis penampilan kendaraan tersebut, ternyata aksesoris ini punya fungsi penting lho!

Lihat juga

Bukan Mempercantik Tampilan Saja, Ini Fungsi Spoiler Sebenarnya

25/06/2019

Perawatan dan service

5 menit

Mungkin sebagian pembaca setia Cintamobil.com, sering menganggap Spoiler mobil hanya mempercantik tampilan saja. Namun jangan salah, fungsinya justru lebih jauh dari sekedar perkara desain. Dilansir dari Nissan, berikut fungsi Spoiler mobil.

Lihat juga

Bukan Cuma Gaya, Ini Fungsi Spoiler Mobil

28/06/2019

Pengemudian

3 menit

Banyak yang mengira bahwa spoiler bagian belakang mobil hanya untuk gaya agar terlihat sporty. Ternyata komponen tersebut bukan hanya membuat tampilan menjadi keren tapi juga punya fungsi yang berperan pada performa mobil. Inilah fungsi spoiler mobil.

Lihat juga

Toyota Innova Facelift Meluncur Duluan di Vietnam, Berapa Harganya?

12/10/2020

Mobil baru

4 menit

Toyota Innova Facelift rupanya sudah lebih dulu meluncur di Vietnam pada 10 Oktober. MPV itu ditawarkan dalam empat varian dengan harga mulai Rp 475 jutaan.

Lihat juga

Toyota Bakal Rilis Innova dan Fortuner Facelift 2020 Berbarengan?

07/10/2020

Mobil baru

4 menit

PT Toyota Astra Motor diketahui tengah menyiapkan dua mobil baru yakni Innova dan Fortuner Facelift 2020. Akankah keduanya meluncur secara bersamaan?

Lihat juga