Mengemudi Saat Hujan, Ingat 3 Hal Ini Jika Ingin Selamat!

05/11/2018

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Mengemudi Saat Hujan, Ingat 3 Hal Ini Jika Ingin Selamat!
Musim hujan datang, pengemudi harus lebih berhati-hati saat mengemudi di jalan raya. Situasi yang berbeda dibanding saat terang benderang membuat mengemudi saat hujan berpotensi menimbulkan hal buruk, yaitu kecelakaan.

Bagi kita yang telah mengalami masa kemarau berbulan-bulan, datangnya hujang dari langit menjadi sesuatu yang sangat disyukuri. Selain membuat suasana lebih adem, hujan memberi manfaat besar terhadap banyak hal seperti lahan pertanian menjadi basah sehingga mudah diolah petani dan tanaman lebih cepat tumbuh. Bagi pengemudi kendaraan, mengemudi saat hujan menjadi sesuatu yang sangat menantang. Banyak hal yang harus diperhatikan agar keamanan berkendara lebih terjamin.

Situs Driving Test Success menuliskan, ada 3 alasan mengemudi saat hujan perlu sangat berhati-hati jika ingin selamat.

Pertama; Jarak berhenti lebih jauh

Foto jalanan tampak licin oleh air hujan

Pengereman tidak maksimal karena jalanan licin

Jalanan basah dan licin membuat pengereman tidak semaksimal seperti saat jalanan kering. Roda tidak punya daya cengkeram yang kuat sehingga berpotensi menabrak kendaraan lain di depan atau terjatuh.

>>> Jangan Asal Injak, Kenali Teori Pengereman Yang Tepat

Kedua;  Jarak pandang terbatas

Foto jarak pandang mobil terganggu oleh air hujan

Visibilitas terganggu air hujan dan kabut

Air di kaca depan Anda membuat kendaraan lain, rambu-rambu jalan, pejalan kaki, dan jalanan lebih sulit dilihat. Hal ini berpotensi pada pelanggaran lalu lintas serta menabrak kendaraan lain dari belakang.

>>> Ingin membeli mobil berteknologi terbaru? Intip daftar harga Cintamobil.com di sini

Ketiga; Potensi Aquaplaning

Foto mobil melewati genangan air hujan

Genangan air membuat mengancam keselamatan berkendara

Hujan menimbulkan banyak genangan di jalan yang membahayakan kendaraan. Selain berpotensi terperosok di lobang jalan yang tak terlihat, kendaraan juga berisiko terkena aquaplaning. Ban kehilangan traksi sehingga mobil tidak bisa direm atau keluar dari jalur semestinya. Dalam beberapa kasus, aquaplanning mengakibatkan kecelakaan fatal seperti terguling dan tabrakan hebat.

Solusinya agar mengemudi saat hujan aman dan terhindar dari kecelakaan adalah berhati-hati, perhatikan jarak aman, bersihkan kaca dari embun dengan mengelap atau mengaktifkan fitur defogger, dan kurangi kecepatan dengan pengereman jarak jauh.

>>> Meminimalisir Kecelakaan, Perhatikan Fitur Bantuan Mobil ketika Hujan

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Tips Aman Mengemudi di Sekitar Truk

03/12/2020

Pengemudian

3 menit

Kecelakaan di jalan antara kendaraan pribadi dan truk masih sering terjadi. Maka dari itu Anda sebaiknya simak tips di bawah ini aman mengemudi di sekitar truk.

Lihat juga

Mau Mengemudi di Jalan Menanjak? Simak Tips Ini

01/12/2020

Pengemudian

3 menit

Mengendarai mobil di tanjakan itu tidak semudah apa yang terlihat. Lalu apa saja yang harus dilakukan saat ingin mengemudi di jalan menanjak?

Lihat juga

Perhatikan Hal Ini Ketika Mengemudi saat Hujan Deras

25/11/2020

Pengemudian

3 menit

Kendaraan membutuhkan persiapan khusus untuk menghadapi musim penghujan agar di jalan kian aman. Tak hanya itu perhatikan juga cara mengemudi saat hujan.

Lihat juga

Pentingnya Menjaga Konsentrasi Berkendara saat Hujan Deras

18/12/2020

Pengemudian

3 menit

Musim hujan telah tiba, Anda harus melipatgandakan konsentrasi di jalan ketika berkendara saat hujan. Maka dari itu, simak baik-baik tips di bawah ini.

Lihat juga

Nyetir Mobil saat Hujan Deras, Lampu Mana yang Sebaiknya Dinyalakan?

28/08/2020

Pengemudian

5 menit

Ketika nyetir mobil saat hujan deras apakah sebaiknya harus menyalakan lampu utama atau cukup menyalakan lampu senja saja?

Lihat juga
 
back to top