Mengemudi Dengan Selamat Di Malam Hari

29/04/2017

Pengemudian
Share this post:
Mengemudi Dengan Selamat Di Malam Hari
Pada malam hari lalu lintas di jalan-jalan berkurang, namun hampir lebih dari 50% kasus kecelakaan mobil terjadi setelah matahari terbenam. Alasan utama di balik kenyataan ini adalah perbedaan dramatis yang diakibatkan oleh kegelapan jadi kemampuan mengemudi pun dikurang. Inilah beberapa tips untuk mengemudi mobil pada malam hari.

Menyetir mobil di malam hari benar-benar sulit bagi seorang pengemudi mobil. Namun jangan khawatir, berikut ini adalah beberepa tips keamanan untuk mengemudi di malam hari.

Mobil berwarna orange sedang menyala lampu di jalan
Menyetir mobil pada malam hari sangat sulit

1. Mulai dari persiapkan mobil Anda untuk berkendara di malam hari. Membersihkan mobil khususnya bagian  kaca jendela dan lampu, termasuk lampu depan dan lampu belakang.

2. Pastikan bahwa semua lampu mobil bekerja dengan baik sehingga orang berkendara di balik jalan dapat melihat mobil Anda dengan jelas.

3. Jangan lupa menyalakan lampu Anda sebelum matahari terbenam. Tujuannya selain membuat pengemudi di balik jalan dapat melihat mobil Anda dengan jelas,  juga akan meningkatkan visibilitas Anda di malam hari.

>>> Baca juga: Waktu tetap nyalakan lampu mobil tanpa melanggar hukum
 

4. Jangan menyerot kendaraan lain dengan lampu utama (high-beam atau lampu dim dalam bahasa Indonesia) karena lampu tersebut dapat mengurangi visibilitas.

5. Hindari apapun yang membuat mata Anda silau saat berkendara pada malam hari, karena silau mengurangi visibilitas dan persepsi Anda. Jika penerangan lampu jalan cukup terang, matikan pencahayaan dalam kabin mobil Anda.

Laki-lai ini sedang mencuci bagian depan kaca mobil
Bersihkan kaca depan mobil 

6. Bersihkan debu dan embun dari kaca depan dan kaca lainnya karena kotoran dapat menyebabkan silau.

7. Hindari langsung melihat lampu kendaraan lain dari depan, karena dapat  silau mata. Jika tidak ada pembatas jalan dengan jalur berlawanan, berusahalah untuk menepi semaksimal mungkin dengan melirik ke batas tepi jalan. Jangan meningkat kecepatan saat berpapasan dengan kendaraan dari depan.

>>> Baca juga: Tips mengemudi aman dalam perjalanan jauh pada malam hari
 

8. Jangan mengemudi di atas batas kecepatan pada malam hari karena persepsi Anda berkurang jadi Anda akan gugup jika terjadi tebrakan. Selain itu, menyetir dengan kecepatan tinggi di malam hari benar-benar mengurangi waktu Anda dalam reaksi dan memang terjadi kecelakaan.
 

Mobil berwarna orange sedang berhenti di dekat papan tulis
Istirahat sebentar untuk menyegarkan diri

9. Pastilah mengemudi di malam hari lebih melelahkan daripada mengemudi di siang hari. Jadi jika merasa capek, istirahat sebentar untuk menyegarkan diri dalam perjalanan, terutama jika itu adalah perjalanan jarak jauh.

10. Kalau dalam perjalanan jarak jauh, pergilah dengan seorang sopir lain supaya Anda dapat bergantian sehingga Anda ada waktu untuk bersantai.

11. Jangan minum minuman beralkohol sebelum mengemudi, karena alkohol selain mengganggu kemampuan mengemudi Anda juga dapat membuat Anda merasa mengantuk.
>>> Selalu merasa ngantuk saat mengemudi, klik sini untuk tahu cara mengatasinya.

 

12. Hindari merokok saat mengemudi karena nikotin dan karbon monoksida menghambat penglihatan di malam hari.

13. Menjaga jarak aman di antara mobil Anda dengan mobil di depan karena  Anda bisa menilai  kecepatan dan jarak mobil Anda dengan kendaraan lainnya yang lebih baik.

14. Jika mobil Anda mengalami kerusakan misalnya mogok di tengah jalan. Jangan khawatir, tenang saja dan  berilah tanda peringatan pada pengendara-pengendara lainnya dengan menyalakan lampu darurat dan pinggirkan mobil Anda keluar dari badan jalan.

>>> Untuk tahu tips dan trik mengemudi lainnya, klik sini.
 

polisi membantu dổng mobil yang mogok di jalan
Mendorong mobil saat mobil tiba-tiba mogok di jalan

15. Menyesuaikan cermin mobil supaya tidak diganggu oleh refleksi sinar. Jika tidak menyesuaikan cermin mobil, Anda mungkin melihat lampu mobil belakang Anda melalui refleksi kaca spion. Hal ini dapat menghambat penglihatan Anda ke depan.

16. Jika merasa mengantuk dan kelelahan, berhenti mobil sebentar karena gejala itu dapat mengganggu penglihatan Anda. Jangan berkandara lebih dari 3 jam terus-menerus nonstop.

Atas itu adalah tips-tips mengemudi dengan selamat di malam hari. Semoga bermanfaat, dan semoga selamat di jalan dan sampai tujuan.
>>> Membaca tulisan lain tentang pengemudian, perawatan dan servis, klik sini

Share this post:
 
back to top