Mengapa Sopir Bus AKAP Punya Tempat Tidur Di Belakang?

17/03/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Mengapa Sopir Bus AKAP Punya Tempat Tidur Di Belakang?
Ada tempat tidur di bagian belakang bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) buat istirahat bagi sopir saat bergiliran mengemudi. Mengapa bukan di tempat lain?

Sesuai dengan namanya, bus AKAP atau kependekan dari Antar Kota Antar Provinsi memiliki jarak tempuh yang panjang. Untuk itu, sopir punya tanggung jawab terhadap keselamatan para penumpang. Makanya, sopir harus selalu dalam kondisi prima, sehat wal afiat serta tidak terganggu rasa kantuk ataupun lelah.

Foto menunjukkan Bus AKAP Bandung Express

Menjelajah lintas provinsi, bus AKAP membutuhkan sopir yang handal dan teruji

Standar operasional bus AKAP harus memiliki dua sopir yang selalu bergantian setiap empat jam sekali. Hanya saja mayoritas sopir bisa mengemudi hingga lebih lama dari 4 jam, bisa 5, 6, atau 7 jam. Tapi perlu dicatat ya, hal tersebut tidak direkomendasikan buat siapapun. Mengemudi terlalu lama bisa menyebabkan menurunnya konsentrasi karena stamina juga menurun dan itu sangat berbahaya bagi keselamatan penumpang dan sopir itu sendiri. 

Sopir bus juga perlu tidur saat bergantian mengemudi untuk bisa mengembalikan staminanya. Untuk itulah di dalam bus AKAP biasanya ada tempat tidur buat sopir yang unik dan spesial, yaitu di bagian paling belakang dari kursi penumpang.

>>> Ini Durasi Aman Paling Disarankan Saat Mengemudi Jarak Jauh!

Tapi mengapa yang tempat tidur sopir justru berada di bagian paling belakang kursi penumpang?

Menurut Export Manager Karoseri Laksana, Werry Yulianto, pemilihan lokasi ini bukan tanpa alasan. Area belakang adalah area paling ideal, memadai, dan paling banyak dipilih untuk didesain sebagai tempat tidur berkasur.

  • Pertama; berada di atas bagian mesin yang lumayan lapang dan free.
  • Kedua; sopir bisa istirahat dengan sempurna, tidur dengan kaki tidak tertekuk.
  • Ketiga; tidak mengganggu kenyamanan penumpang.

"Di belakang kursi penumpang merupakan tempat yang paling memadai untuk dijadikan tempat tidur untuk sopir," tutur Werry seperti dikutip dari Kompas, (16/3/2020).

Foto menunjukkan Tempat tidur dalam bus

Tempat tidur sopir ada di bagian paling bekalang kursi penumpang

Tapi ada pengecualian untuk pengaturan tempat tidur di atas, yaitu bus-bus dengan sasis tertentu. Misalnya bus dengan tipe bodi XHD (Xtra High Deck) yang memiliki ukuran tinggi sekitar 4 meter desain tempat tidur sopir bisa diletakkan sesuai permintaan pemesan. Bisa dibagian belakang seperti biasa hingga di belakang ruang kemudi.

"Untuk sasis tertentu, bisa di posisi lain, seperti di belakang jok sopir ada ruangan khusus, tapi itu permintaan khusus. Tipe bodi yang bisa seperti Xtra High Deck (XHD) dari Laksana dengan tinggi bus mencapai 3,9 meter," jelas Werry.

Bagasi juga Jadi Tempat Tidur Sopir

Selain area belakang, bagian lain yang bisa didesain sebagai tempat tidur sopir bus AKAP adalah bagasi. Tempat penyimpanan barang di bagian samping bodi bus memiliki ukuran cukup luas dan panjang, sepanjang wheelbase bus itu sendiri. Namun biasa digunakan pengemudi beristirahat saat mobil sedang berhenti atau diparkir. Saat berjalan ruang tetap digunakan sebagai bagasi.

>>> Jenis Bus Ini Paling Banyak Diproduksi Karoseri Laksana

Foto menunjukkan Bagasi Bus AKAP Zentrum

Bagasi bus AKAP yang kadang dipakai buat tiduran sopir

>>> Update berita terbaru di pasar otomotif Indonesia di sini

 
Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Produksi Pelumas Dalam Negeri Tembus 908 Juta Liter Per Tahun

13/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Dirjen Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil Kemenperin mengungkapkan produksi pelumas di Indonesia berdasarkan data 2019 mencapai 908 juta liter per tahun.

Lihat juga

Transjakarta Rutin Bersihkan Halte dan Bus untuk Mencegah Virus Corona

13/03/2020

Pasar mobil

5 menit

Ada beberapa tindakan yang dilakukan pihak Transjakarta untuk mencegah virus corona menyebar terlalu banyak di Indonesia. Diantaranya dengan rutin bersih-bersih bus dan halte.

Lihat juga

GIICOMVEC 2020: Scania K250IB Jadi Busway, United Tractors Bawa Empat Model

06/03/2020

Mobil baru

3 menit

United Tracktors memboyong setidaknya tiga model di ajang GIICOMVEC 2020, dengan bus Scania K250IB yang diplot sebagai unit baru Busway Transjakarta sebagai bintang utama.

Lihat juga

Paket Tuning Brabus untuk Mercedes-Benz GLE Diesel Terbaru Dengan Performa Brutal

05/03/2020

Jual beli

4 menit

Paket tuning Brabus ini tersedia untuk Mercedes-Benz GLE 300 d dan 400 d plus penawaran berbagai aksesori dan komponen aftermarket lainnya untuk lini GLE diesel

Lihat juga