Mengapa Indonesia Menggunakan Setir di Sebelah Kanan?

17/09/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Mengapa Indonesia Menggunakan Setir di Sebelah Kanan?
Posisi setir di seluruh dunia ada dua yakni kanan dan kiri. Namun untuk di Indonesia justru menggunakan setir kanan. Apa alasan di balik penggunaan setir kanan?

Posisi setir yang dikenal di dunia ada dua yakni kanan dan kiri. Setiap negara pun memiliki alasan tersendiri di balik menggunakan setir di sebelah kanan ataupun kiri. 

Indonesia sendiri termasuk ke dalam negara pengguna left driving, sistem yang mengharuskan kendaraan menggunakan lajur kiri dengan setir pada di sisi kanan. Sebaliknya, jika sebuah negara menerapkan right driving itu berarti posisi setir ada di sebelah kiri. 

>>> Alasan Setiap Negara Menggunakan Setir Kiri Atau Kanan

Mengapa Indonesia Menggunakan Setir Kanan?

Bukan tanpa alasan, rupanya ada alasan di balik Indonesia menggunakan setir kanan. Mengutip situs World Standards, Kamis (17/9/2020), rupanya penggunaan setir kanan di Indonesia erat kaitannya dengan penjajahan zaman Belanda. 

Setir mobil

Ada alasan di balik Indonesia menggunakan setir kanan

Saat Belanda datang pertama kali ke Indonesia pada tahun 1596, mereka membawa kebiasaan untuk berkendara di sebelah kiri dan posisi setir berada di kanan. Hingga akhirnya saat Napoleon menaklukan Belanda, Negeri Kincir Angin tersebut mulai menerapkan berkendara di sebelah kanan. 

Ini otomatis membuat posisi setir ikut berubah menjadi ke kiri. Tapi perubahan itu justru tak berlaku di negara-negara jajahan Belanda. Termasuk Indonesia yang saat ini masih menerapkan posisi setir kanan. Pun demikian dengan Suriname yang juga dulu dijajah Belanda. 

Penggunaan setir di sisi kanan sendiri termasuk dalam golongan minoritas. Kebanyakan justru menganut right driving yang menggunakan jalur kanan dan setir di sebelah kiri. 

Setidaknya ada dari 86 negara yang mengusung sistem sama yakni berkendara di kiri namun posisi setir kanan. Jumlah ini belum seberapa dibandingkan negara penganut setir kiri yakni mencapai 184. 

Di kawasan ASEAN negara-negara seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, dan Timor Leste diketahui juga menggunakan setir kanan. 

>>> Apa Itu Paddle Shift? Pedal di Belakang Setir Bukan Hanya untuk Gaya

Sejarah di Balik Penggunaan Setir Kanan

Sedikit kilas balik, di era Feodal yang dimana pasukan berperang Inggris banyak menggunakan kuda sebagai kendaraan utama. Setiap pasukan umumnya memegang pedang dengan tangan kanan sehingga mereka cenderung mengambil lajur kiri.

Setir mobil

Di dunia mayoritas menggunakan setir kiri

Sarung pedang ditempatkan di sisi kiri pinggang pasukan. Nantinya pedang tersebut akan dikeluarkan dari sarungnya dan kemudian pedang digenggam oleh tangan kanan, sedangkan tangan kiri memegang kendali kuda.

Mengingat pedang berada di posisi kanan maka akan lebih mudah melawan musuh yang berada di kanan mereka. Sehingga tak heran, apabila lajur jalan yang dilalui oleh kuda cenderung diposisikan di sisi kiri jalan.

Nah inilah yang menjadi dasar dari penggunaan setir kanan di jalan raya. 

>>> Evolusi Setir Dari Masa ke Masa, Seperti Apa Wujud Setir Masa Depan?

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Mercedes-Benz S-Class 2021 Bisa Dikendarai Tanpa Setir di 60 km/jam

04/09/2020

Mobil baru

2 menit

All New Mercedes-Benz S-Class 2021 dipersiapkan menjadi mobil pertama di dunia yang memiliki tingkat swakemudi tanpa bantuan pengemudi hingga 60 km/jam.

Lihat juga

Chevrolet Corvette Setir Kanan Siap Meluncur di Jepang Tahun Depan

01/09/2020

Pasar mobil

2 menit

Dengan pengujian akhir sedang berlangsung di Amerika saat ini, Chevrolet Corvette setir kanan dipersiapkan untuk meluncur di pasar Jepang tahun depan.

Lihat juga

Ferrari 599 GTB Fiorano Eric Clapton Dijual, Setir Kanan dan Murah Nih!

26/08/2020

Event - Promosi

5 menit

Ferrari 599 GTB Fiorano Eric Clapton ini menawarkan beberapa keistimewaan, diantaranya sudah mengalami sentuhan modifikasi dan jarak tempuhnya masih rendah walau usia mobil sudah 13 tahun.

Lihat juga

Belajar Setir Mobil Manual Itu Tidak Sulit Kok, Ini Tekniknya!

25/08/2020

Pengemudian

8 menit

Ada beberapa teknik belajar setir mobil manual yang harus diperhatikan. Kalau sudah paham, tidak sulit kok untuk bisa mengendarai sendiri mobil transmisi manual.

Lihat juga

BMW Patenkan Setir Bergaya Joystick untuk Mobil Otonom

03/08/2020

Pasar mobil

2 menit

Layaknya kendaraan pada film fiksi ilmiah, sebuah paten terbaru dari BMW menunjukkan setir bergaya joystick yang dikembangkan menggantikan setir konvensional.

Lihat juga