Mengapa Anda Harus Non-Aktifkan Cruise Control ketika Berkendara di Jalan Basah?

03/02/2019

Pengemudian
Share this post:
Mengapa Anda Harus Non-Aktifkan Cruise Control ketika Berkendara di Jalan Basah?
Cruise control atau kontrol pelayaran sangat membantu pada saat jalanan kering, tetapi bisa menjadi masalah saat hujan. Tetapi, kenapa Anda dianjurkan untuk tidak mengaktifkan cruise control ketika berkendara di jalan basah?

Kontrol pelayaran atau cruise control berfungsi menjaga kecepatan konstan ketika berkendara di jalanan kering. Tetapi ketika Anda berada di belakang kemudi pada saat badai atau ketika hujan turun, hindari untuk mengaktifkan cruise control Anda. Jika mobil terkena hydroplaning, kendali jelajah Anda bisa membuat berkendara di jalan basah menjadi lebih berbahaya.

pengemudi yang sedang berkendara di jalan basah

Berkendara setelah hujan membuat mobil lebih rentan tergelincir

Cruise Control merupakan salah satu fitur berkendara yang sangat membantu, terutama pada perjalanan panjang. Namun selalu berhati-hati ketika Anda berada di jalanan basah atau di berkendara di bawah hujan. Jalanan basah berbahaya karena air hujan akan menyebabkan minyak naik ke atas air.

>>> Ini Rahasianya, 10 Tips Berkendara Aman Di Musim Hujan Versi Cintamobil.com

Hal ini akan menciptakan kondisi licin. Tetapi akan menjadi lebih buruk ketika ban Anda mengalami hydroplaning dan membuat mobil kehilangan kontrol, bahkan ketika hanya berkendara dengan kecepatan serendah 55 km/jam.

Kontrol pelayaran akan memperburuk hydroplaning dengan mencoba menjaga kendaraan Anda tetap pada kecepatan konstan. Anda dapat menonaktifkannya dengan menggunakan rem, tetapi jika Anda tidak memiliki rem anti-lock, kemudi mobil akan menjadi lebih buruk.

>>> Ingin membeli mobil berteknologi tinggi? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

mobil berwarna hitam di jalan berair

Mobil bisa tergelincir ketika Anda menggunakan cruise control

Memang, sebagian besar kendaraan modern memiliki sistem kontrol traksi untuk menghindari masalah ini terjadi. Beberapa kendaraan yang lebih tua tidak memiliki sistem jenis ini. Tetapi perlu dicatat bahwa sebagian besar mobil yang baru sudah memilikinya. Tetapi bahaya sistem cruise control berbeda-beda tergantung kendaraan.

>>> Tips pengemudian terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

Dilansir dari Life Hacker, perlu dicatat bahwa meskipun mobil akan berusaha mempertahankan kecepatan saat Anda mengaktifkan cruise control, sistem tersebut tidak akan menyebabkan mobil melaju lebih cepat karena tidak ada traksi.

fitur cruise control di kemudi berwarna hitam

Nonaktifkan cruise control ketika berkendara di jalan basah

Karena itu, saat Anda berkendara di jalan basah atau melaju di bawah hujan, nonaktifkan kontrol pelayaran dan turunkan kecepatan Anda. Jika Anda mulai tergelincir atau mengalami ban slip, lepas kaki Anda dari gas, pegang kemudi dengan kedua tangan, dan putar ke arah slip. Setelah Anda memiliki kontrol, Anda dapat mengendalikan kembali mobil dan kembali ke jalur Anda.

>>> Tips dan trik otomotif paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

 

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

[INFOGRAFIK] Hujan Telah Datang, Lihat Kembali Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

30/01/2019

Pengemudian

Memang hujan yang mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia terkadang membuat susah untuk mengemudi. Karena itu, pastikan untuk selalu melihat dan mengerti bagaimana tips aman berkendara di musim hujan bagi Anda pengemudi mobil.

Lihat juga

Musim Hujan, Hati-Hati Pengaruh Cuaca Dingin pada Tekanan Udara Ban

Ketika sedang terburu-buru di pagi yang dingin, ternyata ban mobil kempes karena tekanan udara berkurang. Tentu mengesalkan bukan? Tapi, bagaimana suhu mempengaruhi tekanan udara ban?

Lihat juga

Tips Anti Stress Terjebak Macet Ketika Hujan Melanda

13/11/2018

Pengemudian

Apa saja yang selalu dikaitkan dengan hujan selain banjir? Jalan penuh kemacetan! Dengan musim hujan sudah di depan mata, Cintamobil.com akan berikan tips anti stress terjebak macet etika hujan melanda jalanan.

Lihat juga

Musim Hujan Mulai Datang, Kelembaban Bisa Akibatkan Bau Pada Mobil

Terkadang bau pada mobil bisa hilang dengan penyegar udara. Tapi tentu saja lebih cepat jika Anda membasmi penyebab bau tersebut. Masalahnya, bau di dalam mobil bisa datang dari mana saja.

Lihat juga

Musim Hujan Datang, Hati-Hati Berkendara di Jalan Tergenang, Kenapa?

24/10/2018

Pengemudian

Ketika terburu-buru, terkadang kita langsung menerobos genangan air di jalan. Tapi pastikan untuk berhati-hati ketika berkendara di jalan tergenang. Jika tidak, nyawa menjadi taruhannya.

Lihat juga