Memudahkan Pengemudi, Berikut Cara Kerja Fitur Parkir Otomatis

28/11/2018

Pengemudian
Memudahkan Pengemudi, Berikut Cara Kerja Fitur Parkir Otomatis
Salah satu keahlian dalam mengemudi adalah parkir. Tidak semua orang bisa memarkirkan mobilnya dengan sempurna. Melihat permasalahan tersebut, saat ini pada mobil-mobil mewah telah hadir fitur parkir otomatis.

Coba sebutkan salah satu keadaan yang paling Anda takuti saat mengemudi! Tenang, Anda tidak sendirian! Tanpa disadari, ternyata masih banyak pengemudi yang mengalami kesulitan saat parkir. Terutama dalam kondisi yang mengharuskan Anda memarkir mobil dengan posisi paralel. Kegiatan ini seperti teka-teki yang sulit terpecahkan, pengulangan gerakan maju dan mundur sambil menghindari mobil lainnya, pejalan kaki yang melintas, hingga trotoar yang siap mengikis cat pelek mobil Anda.

>>> Baca juga: Jarang Disadari, 6 Alat Ini Sangat Membantu Pengemudi Saat Parkir Mobil

‘Tantangan’ ini tak hanya dialami oleh pengemudi pemula saja, bahkan hingga pengemudi yang sudah mahir sekalipun. Seiring dengan berkembangnya teknologi, khususnya di industri otomotif mulai dari dua dekade yang lalu. Parkir lebih mudah dan tidak lagi menjadi momok yang meresahkan bagi sebagian pengemudi. Mulai dari hadirnya sensor parkir pada tahun 2003 dan pertama kali digunakan pada mobil Toyota Prius.

Sensor tersebut memancarkan gelombang ultrasonic yang disematkan pada bumper mobil. Tak hanya berfungsi untuk mendeteksi keberadaan benda di sekitar mobil, ia juga sekaligus dapat mengukur jarak dengan benda terdekat yang diterjemahkan lewat suara ‘bip’ berulang di dalam kabin. Semakin dekat bendanya, semakin cepat pula frekuensi pengulangan suaranya.

Fitur yang membantu pengemudi saat parkir

Pengemudi cukup menginjak pedal gas dan rem, pengendalian mobil diatur melalui komputer saat parkir otomatis diaktifkan

Sensor parkir saat ini menjadi fitur mendasar untuk sebuah mobil baru, hingga akhirnya kamera parkir turut hadir dan mendukung pengemudi agar dapat parkir lebih mudah. Teknologi visual ini membantu pengemudi untuk mendapatkan gambaran bagian belakang dengan lebih jelas dan akurat. Bahkan untuk mobil yang lebih mahal, sudah banyak yang dilengkapi dengan kamera di sekeliling mobil untuk mendapatkan citra di sekitar mobil.

>>> Temukan informasi seputar teknologi otomotif terlengkap disini

Parkir otomatis bisa dilakukan via remote

Salah satu fitur canggih dari BMW adalah parkir otomatis melalui remote namun hanya maju mundur

Kemajuan teknologi nampaknya akan menjadi pendukung kegiatan manusia sehari-hari. Setelah sukses dengan sensor dan kamera, kini mobil dapat parkir secara otomatis dan dengan jarak yang sangat presisi. Fitur parkir otomatis memanfaatkan kombinasi teknologi sensor dan kamera dengan perangkat lunak canggih.Pengoperasiannya pun terbilang sangat mudah meskipun berbeda-beda pada setiap pabrikan mobil. Salah satunya seperti yang tersedia di jajaran mobil Mercedes-Benz. Anda hanya diharuskan memencet tombol yang sudah tersedia dan mengaktifkan lampu sign sesuai dengan arah tempat parkir. Setelah sistem mobil membaca ruang yang tersedia, layar MID pada speedometer akan menuntun Anda untuk menggerakan tuas transmisi ke posisi ‘R’ atau mundur.

Selanjutnya, Anda hanya tinggal melepaskan kaki dari pedal rem dan menyerahkan sistem mobil untuk melakukan tugasnya. Kemudi akan berputar otomatis mengarahkan mobil ke posisi parkir dengan sempurna. Ajaib! Anda tak perlu panik, bahkan beberapa mobil terbaru masa kini dapat parkir secara otomatis hanya menggunakan smartphone. Jangan kaget jika dalam 10 tahun ke depan, Anda akan sering melihat mobil berjalan sendiri di tempat parkir mall.

>>> Simak info tips dan trik lainnya tentang mobil hanya di situs Cintamobil.com

 
back to top