Membuat Kabin Mobil Cepat Dingin usai Parkir di Bawah Sinar Matahari

31/10/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Membuat Kabin Mobil Cepat Dingin usai Parkir di Bawah Sinar Matahari
Memarkir mobil di bawah sinar matahari langsung pasti membuat kabin panas. Nah berikut cara-cara membuat kabin mobil cepat dingin usai terpapar matahari.

Lahan parkir memiliki desain yang berbeda-beda baik itu di rumah ataupun gedung. Ada yang didesain menggunakan atap, kanopi, atau justru tidak sama sekali. Kemampuan untuk menahan panasnya pun berbeda-beda. 

Kalau Anda parkir di tempat tanpa atap dan terpapar sinar matahari langsung, siap-siap kabin mobil akan terasa panas. Kabin yang panas akan membuat kenyamanan dalam berkendara tentu berkurang. Walhasil konsentrasi pengendara juga bisa ikut terganggu karenanya. 

lahan parkir

Desain lahan parkir berbeda-beda

Para pengendara biasanya langsung menyalakan AC untuk membuat kabin mobil lebih cepat dingin . Nyatanya hal ini tidak baik bagi jika sering dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Untuk meredakan suhu yang panas, berikut cara lainnya yang ramah lingkungan seperti Cintamobil.com kutip dari laman RAC, Sabtu (31/10/2020). 

>>> Mercedes-Maybach GLS Tawarkan Kemewahan di Kabin Depan dan Belakang

1. Buka Jendela Mobil

Buka jendela mobil

Bukalah jendela mobil sembari mengipas-ngipas pintu

Hal pertama yang harus dilakukan pengendara adalah membuka jendela mobilnya langsung. Cara ini dilakukan untuk mengeluarkan udara panas di dalam mobil melalui jendela. Kemudian, Anda juga bisa menggunakan pintu untuk 'mengipas' bagian interior mobil dengan mengayunkannya.

Anda bisa melakukannya secara perlahan. Apabila mobil memiliki fitur sunroof, biarkanlah tertutup selama di parkir. Langkah ini membantu mendinginkan kabin mobil dengan cepat usai diparkir di bawah terik sinar matahari langsung. 

>>> Membersihkan Kabin Mobil dengan Teknik Fogging

2. Nyalakan AC dengan Benar

Setelah membuka jendela mobil dan mengipasnya, Anda bisa menyalakan mesin sekaligus AC. Atur AC pada pengaturan yang paling dingin. Bila mobil Anda memiliki pilihan sirkulasi udara luar (disimbolkan tanda panah masuk ke dalam mobil) maka  daripada melakukan resirkulasi. 

AC mobil

Nyalakan AC pada pengaturan paling tinggi

Pada situasi ini, udara di luar lebih dingin ketimbang di dalam mobil. Biarkan seluruh jendela mobil masih dalam posisi terbuka karena AC juga butuh beberapa menit sebelum bekerja dengan efektif. 

3. Gunakan Ventilasi Udara Bawah

Anda juga bisa memanfaatkan ventilasi udara bawah untuk membuat kabin mobil cepat dingin usai di parkir di bawah sinar matahari langsung. Pilihlah pengaturan AC untuk mengalirkan suhu dingin di bagian bawah tepatnya kaki. 

Dengan begitu, udara dingin dari bawah akan mengalir ke atas hingga membuat kabin mobil dingin. 

>>> Cara Sederhana Mencegah Penularan Virus Lewat Udara di Kabin Mobil

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top