Membaca Pola Pikir Pengendara Sepeda Motor

02/01/2019

Pengemudian
Membaca Pola Pikir Pengendara Sepeda Motor
Sepeda motor sering dianggap sebagai momok menakutkan dijalan, padahal jika kita mengetahui dan dapat membaca pola pikir pengendara sepeda motor ketika sedang dijalan, Anda dapat terhindar dari malapetaka dijalan raya.

Bisa dibilang, sepeda motor adalah kendaraan paling lincah didunia dan paling mobile. Kami dari Cintamobil.com enggak pernah asal ngomong lho, kami sudah mensurvey, bahwa kendaraan yang bisa dibilang paling lincah, dan juga relatif bebas macet adalah sepeda motor. Namun, sayangnya sepeda motor sering dianggap sebagai momok menakutkan dijalan, salip kiri banting kanan, atau muncul secara tiba-tiba dari balik gang, bahkan melawan arus bisa dibilang sebagai pemandangan lumrah setiap hari dijalan. Padahal, jika kita bisa membaca pola pikir pengendara sepeda motor, kita bisa terhindar dari petaka. Lalu, bagaimana cara membaca pola pikir pengendara sepeda motor?

1. Pengendara Sepeda Motor Cenderung Menghindari Lubang

Tampak Sepeda motor menghindar lubang jalan

Sepeda motor cenderung menghindar lubang

Pertama adalah pengendara sepeda motor memiliki kecenderungan untuk menghindari lubang. Memang hal ini lumrah terjadi, karena dengan hanya bertumpu pada dua roda, sepeda motor tidak akan se-stabil mobil. Yang jadi masalah adalah pengendara sepeda motor cenderung menghindari lubang tanpa melihat kaca spion terlebih dahulu. Jadi, solusinya ketika Anda melihat jalan berlubang dan sepeda motor ada didepan Anda, lebih baik Anda segera mengurangi kecepatan.

>>> Baca juga: Musim Hujan, Hati-Hati Pengaruh Cuaca Dingin pada Tekanan Udara Ban

2. Pengendara Sepeda Motor Tidak Tahan Panas Dan Hujan

Tampak Pengendara sepeda motor berteduh ketika hujan lebat

Pengendara sepeda motor berteduh ketika hujan lebat

Hal ini tentunya membuat Anda sebagai pengendara mobil menjadi maklum, jelas saja karena sepeda motor tidak dilengkapi atap pelindung seperti mobil. Otomatis hal ini membuat pengendara sepeda motor tidak tahan terhadap cuaca panas dan hujan, maka jangan heran apabila Anda mendapati pengendara motor yang berlindung dibawah jembatan atau pohon ketika panas terik maupun hujan melanda, sebaiknya Anda maklum mengenai hal ini meski membuat jalan jadi macet.

>>> Baca juga: [HARI NATAL DAN AKHIR TAHUN 2018] Terjebak Kemacetan Saat Liburan? Simak 5 Tips Tidur di Mobil

3. Pengendara Sepeda Motor Bisa Berakselerasi dan Berdeselerasi Secara Cepat

Tampak Yamaha NMAX tes akselerasi

Yamaha NMAX mampu berakselerasi secara cepat, dan itu sudah terbukti

Saat ini sepeda motor sudah dilengkapi dengan teknologi yang tidak kalah canggih apabila dibandingkan dengan mobil. Coba saja lihat Yamaha NMAX maupun Yamaha V-ixion R yang sudah dilengkapi dengan katup variabel macam teknologi i-VTEC pada mobil Honda. Jelas saja teknologi ini pengendara sepeda motor bisa berakselerasi cepat, juga motor sekarang sudah banyak yang dilengkapi dengan teknologi ABS sehingga mampu berdeselerasi cepat. Anda harus tahu hal ini.

>>> Dapatkan tips perjalanan lebih lengkap hanya di Cintamobil.com

4. Pengendara Sepeda Motor Dapat Lincah Bermanuver

Yamaha NMAX bermanuver

Sepeda motor jauh lebih lincah dalam melakukan manuver

Karena dimensinya yang jauh lebih kompak dari mobil, maka pengendara sepeda motor dapat lincah bermanuver dan dapat bermanuver secara cepat dan akurat. Anda harus mengetahui hal ini, karena bukan tidak mungkin pola pikir Anda sebagai pengendara mobil sangat berbeda dengan pengendara sepeda motor. Tikungan yang menurut kita sebagai pengendara mobil tidak dapat dilalui dengan cepat, dapat dilibas dengan cepat oleh pengendara motor.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

5. Pengendara Sepeda Motor Cenderung Tidak Sabar

Tampak Kecelakaan mobil versus motor

Pengendara sepeda motor cenderung untuk tidak sabar

Yang terakhir ini merupakan hal yang sangat lumrah terjadi disekitar Anda, karena pengendara sepeda motor cenderung untuk tidak sabar. Ada gang sedikit sikat, ada celah meskipun tipis dihajar. Anda sebagai pengendara mobil seharusnya paham dengan hal ini, karena bodi mobil pasti lebih lebar 2 hingga 3 kali sepeda motor. Sebaiknya posisikan mobil Anda sejajar dengan mobil depan, atau sisakan sedikit sekali jarak ke trotoar sebelah kanan, sehingga motor tidak masuk.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top