Memahami Pentingnya Asuransi Mobil Ala Rifat Sungkar

22/07/2018
Banyak yang dari Anda mungkin merasa mengeluarkan dana untuk asuransi mobil adalah hal sia-sia dan cenderung merugikan.

Gambar ilustrasi asuransi mobil

Setiap proses pembelian mobil secara kredit biasanya selalu ditambahkan fasilitas asuransi

Jika iya, Anda layak mendengarkan saran dari Rifat Sungkar, pereli nasional dan Direktur Rifat Drive Labs (RDL). Sebagai pembalap dan penggiat keselamatan berkendara, Rifat sangat tahu betapa pentingnya asuransi mobil buat para pemilik.

1. Risiko kecelakaan makin besar seiring makin padatnya lalu lintas

"Orang dulu mungkin berpikir rugi kalau pakai asuransi karena saat beli mobil bayar langsung lunas, jadi mobil mau dibuat apa atau mau bagaimana ya terserah mereka," tutur Rifat Sungkar dikutip dari detik.com.

Sekarang ini jaman sudah beda. 80 persen masyarakat Indonesia membeli mobil dengan cara kredit. Kondisi lalu lintas pun makin padat dan sesak yang membuat potensi kecelakaan di jalan raya makin besar dibanding dulu.

>>> Dapatkan berbagai berita otomotif paling lengkap hanya di Cintamobil

Gambar mobil menabrak mobil lain di depannya

Potensi kecelakaan di jalan raya makin besar seiring makin padatnya kendaraan

Cintamobil.com pernah berbincang dengan seorang teman yang pernah punya profesi sebagai sopir pribadi di awal tahun 2000-an.

"Dulu dari Magelang ke Semarang Kota bisa ditempuh kurang lebih 1,5 jam. Sekarang beda, kendaraan makin banyak, lalu lintas makin sesak. Magelang ke Semarang paling tidak butuh waktu 2,5 jam. Sudah gitu, risiko crash juga tambah besar kalau kurang hati-hati." tutur teman yang biasa dipanggil Aan.

Dengan besarnya potensi kecelakaan di jalan raya, asuransi mobil menjadi sangat penting. Ibarat pepatah sedia payung sebelum hujan. Jadi, dengan paket asuransi yang ditambahkan saat membeli mobil dengan cara kredit, menurut Rifat adalah hadiah berharga.

"Menurut saya asuransi itu bagaikan sebuah hadiah terbaik jika terjadi sesuatu yang tidak Anda inginkan. Ibaratnya sedia payung sebelum hujan. Ketika cuaca normal Anda merasa sangat tidak memerlukannya, namun hujan suka datang tiba-tiba tanpa kita ketahui," tutur Rifat Sungkar.

>>> Hati-Hati, Karyawan dan Pegawai Swasta Paling Sering Terlibat Kecelakaan

2. Pelayanan pihak asuransi makin baik dan mudah

Gambar pelayanan Asuransi Astra kepada pelanggan

Layanan yang diberikan perusahaan asuransi dari waktu ke waktu semakin mudah

Klaim asuransi mobil yang ditawarkan perusahaan asuransi atau dealer sekarang makin mudah. Begitu pula bila dihitung secara matematis, nilai premi yang dibayarkan juga sangat sesuai.

Terlebih untuk jaman sekarang, metode perbaikan suku cadang yang rusak lebih ke arah fixing by replacing atau ganti dengan yang baru. Tentu ini lebih ekonomis karena akan menyingkat waktu dari pada harus menunggu untuk perbaikan.

"Tentu bukan harganya yang ekonomis, tapi di sini nilai ekonomisnya bisa Anda lihat pada saat terjadi sesuatu pada kendaraan Anda, klaim asuransi dan sistem kerja dari asuransi tersebut akan menguntungkan Anda sebagai pemilik kendaraan atau pihak ketiga yang terlibat dalam sebuah kecelakaan," tutup Rifat.

>>> Garda Oto Digital Kini Bisa Ditemui di Bogor, Bandung, dan Surabaya

Fat

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
3