Mau Hemat Bahan Bakar, Terapkan Teknik Eco Driving Saat Mengemudi

14/03/2019
Selama ini lebih banyak pengemudi yang mengeluhkan pemakaian bahan bakar mobilnya yang boros, tidak hemat seperti yang diinginkan. Tapi terkadang lupa bahwa gaya mengemudinya lah yang membuat mobil jadi boros BBM. Sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghemat bahan bakar, salah satunya dengan menerapkan teknik Eco Driving saat mengemudi. Apa itu dan bagaimana melakukannya?

Satu hal yang pasti sama diinginkan pemilik mobil dan para pengemudi yaitu hemat bahan bakar (BBM). Dengan hemat BBM hemat pula duit yang harus dikeluarkan dan akhirnya bisa dialokasikan untuk kebutuhan yang lain. Pada kenyataanya, keinginan itu tidak selalu terpenuhi sesuai yang diharapkan. Banyak pengemudi merasa mobilnya boros bahan bakar lalu menyalahkan pabrikan. Mobil A dituduh sebagai mobil boros BBM. Meski tidak selalu benar, anggapan ini berpengaruh besar pada citra mobil dan sedikit banyak berpengaruh pada penjualan.

Foto mobil sedang isi BBM

Makin sering isi BBM, makin sering harus keluar duit

Kembali ke masalah boros bahan bakar. Sebenarnya untuk masalah itu tidak adil jika mobil selalu disalahkan karena ada banyak faktor lain yang juga turut andil. Salah satunya yaitu gaya pengemudi itu sendiri, mereka mengemudi secara asal, yang penting mobil bisa jalan mau seperti apa cara mengemudinya, suka-suka mereka dan tidak peduli.

>>> Komparasi Biaya Aftersales Avanza vs Xpander, Mana Lebih Hemat?

Pengemudi harus turut berperan agar mobil yang dikendarainya hemat bahan bakar dengan menerapkan teknik Eco Driving. Ini adalah teknik mengemudi yang tidak hanya bermanfaat pada penghematan bahan bakar, tapi juga menyelamatkan banyak hal seperti lingkungan, nyawa, waktu dan juga duit.

Pertama yang harus ditanamkan untuk bisa menerapkan teknik Eco Driving adalah komitmen untuk mengemudi secara defensif (santai dan tenang), bukan secara agresif (tergesa-gesa dan emosi). Setelah itu baru masuk teknik Eco Driving yang bersifat teknis mulai dari persiapan sebelum mengemudi sampai penerapan saat mengemudi.

Persiapan sebelum mengemudi meliputi pemilihan bahan bakar sesuai yang direkomendasikan. Pada mobil-mobil keluaran terbaru yang dimulai tahun 2015 ke atas disarankan menggunakan BBM beroktan 92. Persiapan kedua memastikan tekanan ban dalam kondisi aman, tidak kelebihan atau kekurangan. Pemeriksaan bisa dilakukan dengan melihat langsung atau melalui fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) di layar MID. Persiapan ketiga jangan sampai kelebihan muatan. Persiapan keempat yaitu memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan oke. Ini bisa didapat manakala mobil selalu dilakukan servis berkala di bengkel resmi.

>>> Tips pengemudian terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

Foto mobil dengan muatan penuh melintas di jalan raya

Tidak hanya berbahaya, kelebihan muatan juga bisa bikin mobil boros bahan bakar

Adapun penerapan teknik Eco Driving saat mengemudi, Nissan Motors memberikan panduan sebagai berikut:

  • Penekanan pedal gas secara perlahan. Start dengan akselerasi tinggi hanya akan menyebaban konsumsi BBM secara berlebihan
  • Tidak membebani mesin dengan putaran RPM yang berlebih. Batasi pindah gigi di putaran 2000 RPM agar pemakaian bahan bakar tetap optimal
  • Jaga jarak aman terhadap mobil di depan, 2-3 meter adalah jarak yang dianjurkan
  • Penekanan pedal gas secara halus saat macet
  • Jarang melakukan posisi kaki setengah kopling
  • Pemanfaatan engine break untuk pengereman
  • Menghindari mesin terlalu lama menyala saat idling. Ada baiknya untuk mematikan saat berhenti lebih dari 10 menit
  • Temperatur AC dalam posisi ideal, bukan pada suhu maksimal
  • Menutup jendela saat kecepatan tinggi
  • Tidak agresif saat mengemudi

>>> Ingin membeli mobil baru? Lihat dulu daftarnya di sini

Foto Indikator ECO Driving pada layar MID

Pengemudian yang baik, Indikator ECO harus selalu menyala

Untuk mobil-mobil terkini, teknik Eco Driving ini bisa diketahui melalui indikator ECO yang menyala pada layar MID. Ada yang berupa kotak hijau bertuliskan ECO, tulisan ECO yang menyala hijau, atau lambang daun menyala hijau.

Jadi sekali lagi, pengemudi jangan asal menyalahkan mobilnya jika tidak hemat bahan bakar. Bisa jadi hal itu karena kesalahan cara mengemudi yang tidak menerapkan teknik Eco Driving.

>>> Pentingnya Sistem Keselamatan yang Benar dalam Mobil: Mengurangi Angka Kecelakaan

Foto fitur pilihan gaya mengemudi pada mobil BMW

Pilih gaya mengemudi ECO untuk hemat bahan bakar dan ramah lingkungan

>>> Baca juga, tips dan trik mobil lainnya disini

Fatchur Sag

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
2

berita lain