Masa PSBB Telah Berakhir Berkendara Mobil Harus Tetap Waspada

19/06/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Masa PSBB Telah Berakhir Berkendara Mobil Harus Tetap Waspada
Meskipun masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) telah berangsur-angsur berakhir namun berkendara mobil harus tetap waspada dengan menerapkan hal ini

Meskipun saat ini masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di beberapa kota besar telah berangsur-angsur berakhir namun berkendara mobil harus tetap waspada dan memenuhi kaidah-kaidah safety driving. Sebab menjadi pengemudi yang bertanggung jawab bukan hanya kewajiban namun sudah jadi keharusan. Berikut ini kaidah-kaidah safety driving yang bisa diterapkan saat pasca PSBB.

Berkendara Mobil Saat PSBB

Foto ilustrasi tim Cintamobil mengemudi saat pandemic

Berkendara saat PSBB tetap harus menerapkan devensife driving

"Sebenarnya berkendara dalam kondisi sekarang, dengan protokol social distancing, tatanan kehidupan yang baru, sudah sejalan dengan prinsip dasar protokol atau cara berkendara 'Defensive Driving'," papar Bintarto Agung, selaku Direktur Indonesia Devensife Driving Canter (IDDC). Berikut ini adalah cara menerapkan sikap dan cara berkendara yg disebut dengan “Four A” menurut Om Tato sapaan akrab Bintarto Agung: Awareness, Alertness, Attitude, Anticipation.

Rumus Four A Untuk Berkendara Aman

1. Awareness : Pengendara harus mempunyai kesadaran dan pemahaman yang baik terhadap situasi dan kondisi yang terjadi saat ini (pandemi).

2. Alertness : Pengendara wajib selalu waspada terhadap segala situasi dan kondisi berkendara mobil (always thinking ahead for averything that might happen - Expect an Unexpected).

3. Attitude : Bersikap altruistik (memberi perhatian lebih) dan bertanggung jawab. Serta mematuhi dan memahami peraturan berlalu lintas yang berlaku (jaga jarak antar kendaraan, mematuhi protokol kesehatan dalam kendaraan dan lain lain).

4. Anticipation : Mempunyai dan menerapkan sifat antisipatif yang baik dalam merespon segala situasi dan kondisi berkendara yg ada.

Foto Toyota Fortuner VRZ 2016

Berkendara juga harus bertanggung jawab

Juga yang tidak kalah penting, setelah memeriksa kendaraan sebelum dipergunakan (pre-trip Inspection), sekarang ada sedikit tambahan cek lis yang harus diperhatikan saat berkendara di tengah normalisasi PSBB seperti ini. Contohnya adalah membawa masker, hand sanitizer, sarung tangan latex, yang tentunya harus disesuaikan dengan jumlah penumpang di dalam mobil.

>>> Simak tips mengemudi aman lainnya di sini

"Jadi menurut saya dalam menyikapi situasi dan kondisi yg terjadi saat ini (adanya pandemi covid19), kita harus lebih serius lagi dalam menerapkan dan memahami prinsip-prinsip dan protokol cara berkendara “Defensive Driving/Riding” dengan lebih bertanggung jawab," tambah Om Tato yang juga piawai mengemudikan Subaru Impreza WRX di trek balap ini. Jadi begitulah tips berkendara mobil pasca masa PSBB berakhir yang dihimpun Cintamobil.com, jangan lupa diterapkan ya.

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia
 
back to top