Mari Mengenal Apa Itu Mobil Tesla

22/10/2020

Pengemudian

8 menit

Share this post:
Mari Mengenal Apa Itu Mobil Tesla
Mobil Tesla semuanya berjenis mobil full electric sehingga sama sekali tak menggunakan mesin berbahan bakar. Namun ada yang unik dari setiap mobil-mobil keluaran Tesla.

Tesla Motors atau Tesla, mungkin Anda familiar atau setidaknya pernah mendengar tentang merk dagang yang satu ini. Tapi tahukah Anda kalau Tesla sejatinya adalah perusahaan otomotif yang berpusat di Palo Alto, California, Amerika Serikat (AS)? Apakah Anda juga sudah paham kalau Tesla selama ini telah berhasil memproduksi sejumlah mobil listrik yang sama sekali tidka membuthkan bensin atau jenis bahan bakar minyak lainnya? Dan ternyata mobil Tesla di Indonesia juga sudah ada lho!

Nah pada pembahasan kali ini, Cintamobil.com akan mengulas sedikit mengenai mobil Tesla. Apa saja yang diproduksi oleh Tesla Motors? Dan apakah Tesla juga sudah masuk ke Indonesia? Jadi sebaiknya baca artikel ini sampai habis ya...

>>> Tesla Model 3 Dinobatkan sebagai Mobil Listrik Paling Populer di Dunia

Harga Mobil Tesla Termahal Berapa?

Elon Musk Tesla

Elon Musk kini jadi tokoh sentral di Tesla, Inc

Sebelum kita membahas mengenai mobil-mobil apa saja yang sudah dibuat oleh Tesla Motors berikut spesifikasi mobil Tesla beserta harganya, mari kita ulas dahulu mengenai perusahaan yang satu ini.

Tesla Motors yang kini namanya berubah jadi Tesla, Inc. merupakan perusahaan otomotif dengan spesialisasi pembuatan komponen mesin elektrik, pembuatan baterai penyimpan energi, memproduksi perangkat isi ulang baterai, dan tentunya juga membuat mobil listrik. Tesla sejak pertama kali menciptakan mobil, selalu mengahdirkan mobil full electric bukan hybrid. Sehingga tidak ada motor berbahan bakar pada mobil-mobil Tesla.

Tesla didirikan oleh Elon Musk, Martin Eberhard, Marc Tarpenning, JB Straubel dan Ian Wright pada Juli 2003. Kemudian Elon Musk ditunjuk menjadi CEO, sementara JB Straubel menjadi CTO. Seiring berkembangnya perusahaan ini, Tesla juga kemudian mendirikan fasilitas produksi di San Carlos, California, di Inggris, dan di Taiwan.

Dealer resmi Tesla pertama kali berdiri pada April 2008 di Los Angeles, AS. Kemudian tiga bulan berikutnya, dealer kedua dibuka di Menlo Park, California. Barulah menyusul dealer-dealer di lokasi lain, diantaranya di New York, Miami, Chicago, Seattle, Washington DC, serta di beberapa negara lain seperti Munich, Jerman lalu di di London, Inggris dan juga di Sydney, Australia.

Daftar Mobil Tesla Termahal

Tesla memiliki teknologi unik dalam menciptakan mobil listrik. Karena baterai yang digunakan menggunakan ribuan sel baterai lithium-ion berbentuk silinder kecil mirip baterai yang dipakai pada perangkat elektronik seperti laptop. Baterai ini punya bobot cukup ringan dan ongkos produksinya murah. Bahkan disebut-sebut biaya produksi baterai yang dilakukan Tesla adalah yang termurah di dunia.

1. Tesla Roadster

Tesla Roadster

Kabarnya Tesla akan membangkitkan kembali model Roadster

Tesla pertama kali membuat mobil listrik yang kemudian gambar mobil Tesla perdana ini diperkenalkan kepada publik dalam bentuk konsep pada Juli 2006. Mobil ini dinamai Tesla Roadster yang ternyata sambutannya begitu positif. 100 unit pertama dari Tesla Roadster sudah terjual hanya dalam waktu 3 pekan sejak diperkenalkan. Kemudian di Oktober 2007, Tesla mencatat pesanan Roadster telah mencapai 200 unit. Lantas di Mei 2008 pesanannya bertambah jadi 600 unit.

Beberapa keunggulan dari Tesla Roadster yang disebut-sebut menjadi daya tariknya adalah, mobil ini mampu melesat 0-100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari 4 detik, serta memiliki kecepatan maksimal 201 km/jam tanpa suara. Sementara baterai yang dipasang pada mobil ini dapat bertahan sampai mobil melaju sejauh 345 km. Karena kesuksesan itu, kemudian pada Januari 2009, Tesla Roadster Sport, versi baru dari mobil ini diluncurkan dengan harga saat itu USD 128.500 atau kira-kira Rp 1,9 miliar dengan kurs dolar ke rupiah saat ini.

2. Tesla Model S

Tesla Model S

Model S diposisikan sebagai alternatif dari BMW Seri 5

Meraup sukses besar di segmen mobil listrik membuat Tesla terus berinovasi untuk melahirkan produk baru. Mobil Tesla berikutnya yang muncul adalah Model S. Mobil ini diperkenalkan tahun 2012 dengan nama "Whitestar". Tujuannya adlaha menawarkan opsi lain di segmen BMW Seri 5 atau Audi A6 yang penjualannya cukup unggul di AS.

Mobil ini saat diperkenalkan harganya hanya USD 57.400 atau setara Rp 848 jutaan. Saat peluncuran, Gubernur Negara Bagian California, Arnold Schwarzenegger turut hadir dan mengapresiasi kemunculan mobil ini karena dianggap bisa menekan polusi udara di AS. Keunggulan dari mobil ini diantaranya daya baterai bisa diisi menggunakan sumber listrik di rumah menggunakan charger khusus.

>>> Baca juga:

3. Tesla Model X

Tesla Model X

SUV listrik ini bisa melesat 0-100 km/jam hanya dalam 2,6 detik

Model X merupakan mobil Tesla ketiga yang dibuat perusahaan ini. Diperkenalkan pertama kali juga di tahun 2012, pengiriman unit Tesla Model X sudah langsung dimulai pada tahun 2014. Walaupun tubuhnya berwujud SUV, namun mobil ini sanggup melesat 0-100 km/jam hanya dalam 2,6 detik saja.

Ini antara lain berkat dipasangnya Dual Motor All-Wheel Drive berkekuatan 75 kWh. Selain mampu menghasilkan tenaga setara 329 hp dan torsi 525 Nm, baterai yang dipakai di Tesla Model X juga sanggup membuat mobil melaju sejauh 523 km dalam sekali isi daya.

>>> Review Tesla Model X 2019: SUV Premium Mewah Ramah Lingkungan

4. Tesla Model 3

Tesla Model 3

Mobil Tesla paling murah saat ini

Pada Juli 2017, mobil Tesla berikutnya yang dijual ke publik adalah Model 3. Mobil ini diklaim sebagai mobil listrik paling murah dari Tesla. Tipenya sedan dan menggunakan Dual Motor yang terpasang pada roda belakang.

Pada Model 3, Tesla menghadirkan beberapa varian, yakni Standard Range Plus, Long Range, serta Performance. Untuk tipe pertama baterainya bisa digunakan sejauh 409 km sebelum nantinya harus diisi ulang kembali. Sedangkan untuk tipe Long Range, baterainya mampu dipakai sejauh 560 km. Dan untuk tipe Performance, kemampuan baterai bisa dipakai untuk menjelejah sejauh 531 km tapi memiliki kemampuan akselerasi 0-100 kmjam hanya dalam 3,4 detik.

5. Tesla Model Y

Tesla Model Y

Crossover berbasis Model 3

Mobil Tesla berikutnya yang juga sudah diproduksi adlaah Model Y. Mobil berjenis crossover itu dipasarkan sejak Maret 2020 yang menurut Elon Musk merupakan penyempurna dari Model 3. Tak heran desainnya mirip tipe sedan Model 3 tersebut.

Peningkatan yang terjadi antara lain kapasitas penumpangnya jadi 7 seater, baterai yang sanggup bertahan sejauh 482 km dalam sekali pengisian daya, hingga kemampuan akselerasi 01-00 km/jam hanya dalam 3,5 detik, jauh diatas kemampuan rata-rata crossover bermesin bensin.

6. Tesla Cybertruck

Tesla Cybertruck

Desain pickup truck ini menuai banyak pro dan kontra

Mobil Tesla yang paling baru yang mulai dijual oleh Elon Musk beserta timnya adalah Cybertruck. Spek mobil Tesla yang satu ini begitu menarik lantaran menjadi pickup truk bertenaga baterai dan motor listrik pertama yang dipasarkan secara massal. Apalagi desainnya tidak umum digunakan.

Tipe yang ditawarkan ada tiga, yaitu yang memakai motor listik tunggal (Single Motor), dua motor listrik (Dual Motor), dan yang memakai tiga motor lsitrik (Tri Motor). Untuk varian tertinggi, mobil ini sanggup berjalan sejauh 800 km dalam sekali isi daya baterai. Sementara semua tipe Tesla Cybertruck sanggup menarik beban hingga 6,3 ton, dan mampu menopang beban hingga 1,5 ton.

Harga Mobil Tesla di Indonesia

Setelah Anda menyimak setidaknya ada 5 mobil termahal Tesla dari 6 yang sudah diluncurkan perusahaan ini, maka mungkin Anda bertanya-tanya, apakah Tesla juga memasarkan produknya di Indonesia? Jawabanya ya!

Namun mobil Tesla di Indonesia tidak dijual melalui distibutor tunggal dan membuka dealer resminya di negara ini. Tetapi beberapa produk Tesla diboyong ke dalam negeri melalui sejumlah importir, satu diantaranya Prestige Motorcars. Yuk kita simak berapa harga mobil Tesla di Indonesia:

  • Tesla Model S : Rp 3.600.000.000
  • Tesla Model 3 : Rp 1.500.000.000
  • Tesla Model X : Rp 4.100.000.000
  • Tesla Model Y : Rp 1.800.000.000
  • Tesla Cybertruck : Rp 1.700.000.000

>>> Terupdate harga mobil baru di Indonesia

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top