Mampu Menyelamatkan Nyawa Ketika Tabrakan, Mari Pahami Cara Kerja Crumple Zone

02/10/2019

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Mampu Menyelamatkan Nyawa Ketika Tabrakan, Mari Pahami Cara Kerja Crumple Zone
Selain airbag, fitur keselamatan pasif yang akan menyelamatkan nyawa Anda ketika terjadi kecelakaa adalah crumple zone. Crumple zone ini jarang di highlight pada spesifikasi kendaraan, namun crumple zone ini berperan aktif dalam menyelamatkan nyawa ketika terjadi tabrakan. So, mari pahami cara kerja crumple zone pada mobil Anda.

Tahukah Anda mengapa mobil kekinian cenderung mudah ringsek (rusak) ketika terjadi tabrakan kecil saja? Hal ini disebabkan karena rancang bangun mobil kekinian lebih mengutamakan terhadap safety. Dengan panel bodi yang mudah ringsek, secara otomatis energi benturan akan lebih mudah terserap dan tidak membahayakan. Hal ini berkaitan erat dengan crumple zone. Karena, sejatinya cara kerja crumple zone itu dengan cara menyerap energi benturan. Material eksterior pada mobil, seperti bumper, headlamp, grill itu sudah diperhitungkan tingkat penyerapan energinya (crumple zone) oleh insinyur ketika mendesain kendaraan.

>>> Toyota Calya, Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander lulus tes tabrak secara sempurna, bagaimana dengan Wuling Confero yang tidak lulus uji tabrak?

Gambar menunjukkan Toyota Camry 2.0 G Crash Test ASEAN NCAP

Crumple zone ini sangat penting, karena ia akan menyelamatkan nyawa Anda ketika kecelakaan

Cara kerja crumple zone adalah dengan menggunakan material yang mudah menyerap energi tabrakan. Dan material tersebut umumnya didesain khusus dan bukan logam. Coba Anda perhatikan, apakah bumper mobil kekinian ada yang terbuat dari bahan logam? Pastinya tidak ada. Bahan logam alias besi baru akan Anda temukan pada kap mesin mobil. Kap mesin harus dibuat dari besi agar lebih meredam getaran mesin dan menyerap energi hingga panas dari mesin. Namun, titik inti crumple zone bukan hanya di bagian depan kendaraan. Crumple zone juga erat kaitannya dengan keterkaitan engineering pada dudukan mesin hingga sasis.

>>> Inilah salah satu small sedan teraman di Asia Tenggara yang sudah pernah tim Cintamobil.com tes jalan secara lengkap

Gambar menunjukkan Hasil tes ASEAN NCAP Toyota Camry 2.0 G

ASEAN NCAP adalah salah satu lembaga independen terpercaya di Asia Tenggara yang berwenang mengetes keamanan mobil

Pada dudukan mesin alias engine mounting akan bekerja membantu crumple zone, dengan cara 'melepaskan diri' dan membuat mesin jatuh ke bawah sehingga tidak membuat cidera pengemudi dan penumpang depan. Alasan utama dudukan mesin dirancang sedemikian rupa adalah keamanan, karena saat tabrakan frontal yang parah, mesin yang jatuh kebawah akan mengurangi efek mesin yang terdorong ke dalam kabin dan membuat pengemudi dan penumpang mengalami cidera kian parah. So, saat terjadi tabrakan frontal, secara otomatis engine mounting 'melepaskan diri'.

>>> Temukan mobil pilihan Anda di sini

Gambar menunjukkan Wuling Confero ASEAN NCAP

Crumple zone tak ada artinya tanpa fitur safety mumpuni, contoh Wuling Confero ini hanya dapat bintang 1 saat tes tabrak

Begitu juga dengan sasis yang turut bekerja sama membantu crumple zone pada mobil. For more you know, pada struktur sasis mobil tidak hanya terdiri dari satu jenis bahan saja. Terdapat berbagai macam kekuatan material tergantung letak posisinya. Hampir semua mobil modern, menggunakan sasis dengan tingkat MPa (satuan kekerasan besi) yang paling tinggi di struktur depan, agar kuat dan juga menyerap energi benturan ketika tabrakan. Jadi, intinya crumple zone adalah sebuah rangkaian yang didesain secara total melalui engineering yang benar untuk mengurangi tingkat kematian akibat terjadi kecelakan. Begitulah cara kerja crumple zone.

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Trik Menghindari Tabrakan Beruntun di Jalan Biar Tak Ikut Jadi Korban

01/10/2019

Pengemudian

5 menit

Penting bagi pengemudi untuk mengetahui cara menghindari tabrakan beruntun yang mungkin terjadi di hadapannya. Ini agar si pengemudi tidak ikut menjadi korban tabrakan tersebut.

Lihat juga

Jadi Korban Tabrakan Beruntun, Bagaimana Cara Klaim Asuransinya?

05/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Saat menjadi korban tabrakan beruntun, Anda bisa mengajukan klaim ke pihak kendaraan penabrak, atau dengan mekanisme lainnya. Tergantung situasi saat Anda menjadi korban.

Lihat juga

Memiliki Sistem Keselamatan Tinggi, Mobil ini Juga Tercatat Paling Sering Mengalami Tabrakan

13/08/2019

Pasar mobil

3 menit

Untung saja Subaru Crosstrek mendapatkan peringkat keselamatan yang cukup tinggi dari Insurance Institute of Highway Safety (IIHS). Pasalnya, mobil yang dianggap aman dalam meredam benturan ini malah tercatat sebagai salah satu mobil yang paling sering mengalami tabrakan.

Lihat juga

Jarang Dilihat, Seperti Inilah Proses Uji Tabrakan Hypercar dari Koenigsegg

07/05/2019

Pengemudian

Dalam pengembangan uji tabrakan, ada banyak mobil yang dirusak untuk mengetahui dampak akibat benturan. Tetapi berbeda dengan pengujian yang dilakukan oleh pabrikan lainnya, uji tabrakan hypercar dari Koenigsegg ini hanya membutuhkan bodi kendaraan mereka.

Lihat juga

Hilangkan Rasa Penasaran Anda, Ini Dia Proses Perekaman Tes Tabrakan IIHS

08/02/2019

Pengemudian

Sebagai salah satu panduan bagi konsumen untuk mengetahui tingkat keselamatan mobil, Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) menunjukan apa yang dilakukan ketika mereka merekam video tabrakan dan hantaman pada mobil.

Lihat juga