Makin Nyaman, Ini Dia 5 Skill Tambahan Bagi Pengemudi Wanita

08/03/2019

Pengemudian
Share this post:
Makin Nyaman, Ini Dia 5 Skill Tambahan Bagi Pengemudi Wanita
Emansipasi yang diusung Raden Ajeng Kartini berdampak di berbagai sektor, termasuk jumlah pengemudi wanita. Cintamobil.com menghadirkan 5 skill tambahan pelengkap bagi para pengemudi wanita!

Menjamurnya berbagai tipe mobil, terutama dengan dimensi kecil turut menambah jumlah pengemudi wanita saat ini. Tak heran, beberapa tempat publik seperti pusat perbelanjaan menyediakan tempat parkir khusus kaum hawa. Buat yang biasa nyetir, khususnya pemilik mobil pribadi, rasanya perlu untuk menguasai skill tambahan selain nyetir. Apa saja?

1. Cek Oli

seorang sedang melakukan Cek Oli dalam mobilnya

Masih layakkah kondisi oli mobil?

Selain tangki bensin, kondisi oli perlu diperhatikan secara rutin, apakah masih cukup untuk mendinginkan mesin atau sudah saatnya ganti. Semakin sering bepergian dengan mobil, semakin banyak pula jadwal untuk mengganti pelumas. Perlu dicatat pula bahwa mesin tertentu butuh oli spesifik juga. Keputusan mengganti oli makin tepat bila paham berbagai tanda di dashboard.

>>> Ini dia 5 sosok wanita yang berpengaruh di dunia otomotif!

2. Memahami Berbagai Indikator di Dashboard

Indikator di dashboard mobil nyala

Kalau lampu indikatornya nyala terus, artinya..?

H-C, check engine, ABS, F, dan E. Semua indikator tersebut penting untuk dipahami karena itulah awal dari langkah bagi pengemudi wanita untuk mengambil keputusan berikutnya, seperti waktu penggantian oli. Beberapa lampu yang terus menyala, seperti check engine atau ABS menunjukkan ada masalah di tiap bagian.

>>> Cari mobil sesuai kebutuhan kaum hawa? Cintamobil.com punya daftarnya!

3. Memahami Fungsi Lampu Depan

gambar menunjukan banyak mobil menyala lampu depan pada malam hari

Lampu dekat, lampu jauh, kapan sebaiknya dipakai?

Pemakaian jenis lampu ditentukan oleh kondisi cuaca saat menyetir. Misal, lampu dekat digunakan di kawasan perkotaan dengan intensitas kendaraan padat, sedangkan lampu jauh lebih cocok dipakai saat menembus kegelapan di daerah urban. Beberapa mobil juga menyediakan lampu senja, serta lampu kabut. Sesuai dengan namanya, masing-masing digunakan untuk waktu sore hari, serta kondisi dengan jarak pandang minim.

>>> Bingung pilih mobil baru apa? Cintamobil bantu Anda dengan daftar ulasan mobil terlengkap dan terupdate, silakan klik

4. Membiasakan Diri Untuk Fokus

seorang wanita sedang menelpon jika mengendara mobilnya

Fokus di jalanan, kesampingkan update-an

Wajib hukumnya baik pengemudi wanita maupun pria tetap fokus saat mengemudi di jalan. Masalah klasik memang, namun hingga kini masih sering terjadi kecelakaan akibat kelalaian pengemudi hingga keluar aturan berpolemik, seperti pelarangan memakai GPS.

Kesampingkan dulu aktivitas yang tidak berhubungan dengan membawa kendaraan, seperti menelpon atau berbagi foto dan video di Instagram Story. Bila terpaksa harus mengangkat telepon atau tetap ingin eksis, mungkin bisa menepi sebentar, atau sebelum melakukan perjalanan. 

>>> Tips mengemudi bagi kaum hawa lainnya, klik di sini! 

5. Mengganti Ban

seorang wanita sedang melakukan proses ganti ban mobilnya

Selain ban serep, tentu harus siap sedia peralatan lain seperti dongkrak dan berbagai kunci

Khususnya untuk para pengemudi wanita yang hobi travelling dengan mobil, skill ini cukup penting terutama bila sedang apes tertimpa ban bocor di jalanan sepi. Selain ban serep, tentu harus siap sedia peralatan lain seperti dongkrak dan berbagai kunci. 

>>> Informasi menarik otomotif lainnya bisa Anda terus saksikan pada situs Cintamobil.com

Share this post:
 
back to top