Listrik Padam di Malam Hari? Awas Visibilitas Berkurang dari Lampu Jalan yang Mati

05/08/2019

Pengemudian

2 menit

Share this post:
Listrik Padam di Malam Hari? Awas Visibilitas Berkurang dari Lampu Jalan yang Mati
Berkendara di malam hari membutuhkan tingkat kehati-hatian yang lebih tinggi. Terlebih jika sarana dan prasarana di jalanan berkurang, seperti lampu lalu lintas maupun lampu jalan yang mati. Ketika terjebak dalam kondisi listrik padam, apa yang harus kita lakukan ketika berkendara tanpa penerangan jalan?

Lampu jalan atau lampu penerangan jalan umum (PJU) merupakan salah satu komponen penting yang membantu pengemudi ketika berkendara. Meskipun sudah ada lampu PJU yang menggunakan tenaga surya, sebagian besar lampu PJU menggunakan arus listrik. Jadi masalah pemadaman listrik dengan lampu jalan yang mati menjadi problematika jika Anda berkendara di malam hari.

mobil yang berkendara dengan lampu jalan mati 
Pastikan untuk lebih awas ketika berkendara lampu lampu jalan

Di Jakarta dan sebagian besar wilayah Jawa Barat hingga Jawa Tengah, pemadaman listrik terjadi. Dan bukan tidak mungkin Anda bisa saja berkendara dengan kondisi lampu jalanan yang mati. Nah, bagi Anda yang harus mengemudi di malam hari, pastikan untuk untuk memperhatikan penerangan jalan dan lebih awas ketika berkendara di daerah tanpa penerangan.

>>> Inilah Alasannya Tidak Boleh Menggunakan Parking Brake di Lampu Merah

Sebagaimana dijelaskan oleh Sony Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI) melalui sambungan via telepon oleh tim Cintamobil. “Jika penerangannya kurang, kita cuma bisa jaga kecepatan dan jaga jarak,” jelas Sony. ”Kita juga tidak tahu bahwa di tengah perjalanan, (apakah) pengendara baik roda dua maupun roda empat, lampunya berfungsi semua.”

Memang, lampu depan juga menjadi komponen paling penting ketika berkendara di malam hari. Selain meningkatkan visibilitas, lampu depan juga berfungsi sebagai penanda kendaraan. Dengan begitu, kita bisa memperkirakan jarak dengan kendaraan di depan maupun belakang.

>>> Dapatkan berbagai tips pengemudian lainnya di sini

jalanan yang gelap dengan lampu jalan yang mati 
Lampu jalan maupun lampu lalu lintas yang mati bisa berbahaya

Selain itu, dengan kurangnya penerangan membuat pengemudi tidak bisa memproyeksikan jarak dan lingkungan sekitar. Lebih lanjut Sony menjelaskan, “Jadi untuk itu, kita sebagai pengemudi juga harus mencari spot-spot yang kira-kira berpotensi berbahaya. Terutama roda dua (yang kemungkinan menyalip dari titik blind-spot).”

Jadi dengan visibilitas yang berkurang dengan lampu jalan yang mati, pengendara diminta untuk lebih awas dan waspada di jalan. “Jaga jarak, jaga kecepatan, dan mata bergerak mencari (atau memperhatikan) spot-spot berbahaya,” tutup Sony.” 

>>> Klik di sini untuk mendapatkan berbagai tips otomotif lainnya!

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Penerangan Belum Memadai, Ruas Tol Salatiga - Kartasura Hanya Boleh Dilintasi Siang Hari Mulai 8 Juni 2018

06/06/2018

Pengemudian

Mengantisipasi kepadatan kendaraan saat arus mudik, pemerintah menyiapkan berbagai strageti. Salah satunya adalah membuka jalur-jalur tol fungsional di beberapa wilayah. Di Jawa Tengah ruas tol Salatiga - Kartasura bakal bisa dilewati mulai tanggal 8 Juni 2018 atau H-7 hingga H+7, mulai pukul 06.00 WIB - 17 WIB. Sedangkan untuk malam hari, ruas tol sepanjang 32 kilometer tersebut ditutup karena belum tersedianya fasilitas penunjang keamanan di malam hari.

Lihat juga

Seperti Mati Lampu! Begini Adat Berkendara Ketika Lampu Lalu Lintas Mati

05/08/2019

Pengemudian

3 menit

Pemadaman listrik mengintai sebagian wilayah di Pulau Jawa berimbas pada lampu lalu lintas dan lampu penerangan jalan umum. Tanpa lampu lalu lintas, beberapa ruas jalan seringkali terdampak kemacetan, hingga deadlock mengancam. Lalu, bagaimana adab ketika berkendara ketika lampu lalu lintas mati?

Lihat juga

Berapa Jarak Ideal Nyalakan Lampu Sein Mobil Saat Berbelok?

28/07/2019

Pengemudian

2 menit

Saat mengemudi, tanda lampu sein akan sangat berperan penting. Lampu sein ini satu-satunya penanda kendaraan yang hendak berbelok atau penanda saat terjadi permasalahan pada kendaraan. Tapi apakah Anda tahu, berapa jarak ideal nyalakan lampu sein? Karena banyak terjadi kecelakaan disebabkan kurang tepatnya penggunaan lampu sein.

Lihat juga

Mengenal Jenis Dan Fungsi Lampu Rotator di Indonesia

17/07/2019

Pengemudian

3 menit

Lampu rotator di Indonesia bahkan dunia hanya boleh digunakan oleh mobil-mobil tertentu saja. Seperti mobil polisi, ambulan atau pemadam kebakaran. Namun setiap mobil-mobil tersebut mempunyai jenis dan fungsi lampu rotator yang berbeda-beda, berikut pemaparannya.

Lihat juga

Lampu Mobil Mulai Redup? Ini Tips Memilih Lampu Mobil dari Autovision

13/07/2019

Perawatan dan service

2 menit

Ada banyak model dan pilihan untuk lampu mobil bagi konsumen di Indonesia. Dan sebagai salah satu perusahaan penyedia lampu mobil di Indonesia, berikut beberapa tips memilih lampu mobil dari Autovision.

Lihat juga
 
back to top