Life Hack Liburan: Perbedaan Pengisian Bahan Bakar di Berbagai Negara di Asia

20/05/2018

Pengemudian
Share this post:
Life Hack Liburan: Perbedaan Pengisian Bahan Bakar di Berbagai Negara di Asia
Liburan panjang kali ini merupakan salah satu kesempatan emas untuk berplesiran keluar negeri. Dengan jangka waktu liburan panjang, rental mobil ketika liburan akan menghemat biaya perjalanan Anda. Tapi, memahami perbedaan pengisian bahan bakar di berbagai negara menjadi pengetahuan utama yang harus dipahami.

Tidak sama seperti di Indonesia, beberapa negara memiliki perbedaan cara pengisian bahan bakar. Mulai dari pengisian yang dilakukan sendiri sampai keharusan memberikan tips kepada petugas pengisi bahan bakar. Daripada terkejut dengan perbedaan pengisian bahan bakar di berbagai negara, ketahui etika dan trik pengisian bahan bakar di beberapa negara di Asia berikut.

1. Thailand

Dikenal dengan nama Pậ mn̂ả mạn, pom bensin di Thaland hanya menerima uang tunai. Jadi, persiapkan uang Anda ketika ingin mengisi bahan bakar di Negeri Gajah Putih ini. Dengan mata uang Baht, Anda disarankan juga untuk memberi tips kepada pegawai pom bensin, sekitar 10-20 Baht, atau sekitar Rp.5.000 - 8.000.

Gambar yang menunjukan pom bensin berwarna putih dan biru yang berada di negara Thailand

Ketika mengisi bensin di pom bensin di Thailand, disarankan untuk memberi tips kepada petugas

Sama seperti di Indonesia, pengisi bensin ketengan sering terlihat di pinggir jalan untuk memudahkan Anda mengisi bahan bakar. Pom bensin yang biasa ditemui adalah PTT, Bangchak ESSO, Shell, dan Caltex dengan bahan bakar Gasohol (campuran Etanol dengan bensin /gasolin) ron 91 & 95, serta Benzine untuk model yang lebih baru.

2. Jepang

Salah satu pusat otomotif di dunia ini mengharuskan pembeli membayar sebelum membeli bahan bakar. Tapi tenang saja, di semua pom bensin di Jepang menerima uang tunai, kartu kredit, bahkan menyediakan kartu khusus untuk membeli bahan bakar.

Gambar yang menunjukan petugas di pom bensin yang berada di negara Jepang
Petugas pom bensin di Jepang terkenal sopan dan melakukan sedikit pembersihan kendaraan

Disini, Anda bisa merasakan layanan service dimana petugas pengisian akan membersihkan windshield, jendela dan spion mobil Anda. Dikenal dengan Gasorin Sutando yang menjual bahan bakar regular ron 90, oktan tinggi 98, dan diesel, pom bensin di Jepang diisi oleh Shell, Eneos, Mobil, Cosmo, dan ESSO.

>>> Ingin liburan? Ketahui tips menghitung bahan bakar berikut ini

3. India

Negara Bollywood ini menyebut pom bensin mereka dengan nama Patrol Steshan. Meskipun menerima kartu kredit, Anda disarankan membayar tunai dengan Rupee. Sama seperti Indonesia, Anda tidak perlu memberi tip kepada petugas pengisian dan membayar setelah mengisi bahan bakar.

Gambar yang menunjukan padatnya pom bensin yang ada di negara India

Banyaknya kendaraan menyebabkan padatnya pom bensin di India

Kebanyakan turis biasanya menggunakan sopir pribadi ketika berkendara, mengingat tingginya lalu lintas dan ‘keberanian’ pengemudi yang sama dengan Indonesia. Pom bensin yang umum ditemui di india adalah Indian Oil, Essar, Shell, dan Indraprastha yang menjual bensin jenis ron 87, 91, 98 dan diesel.

4. China

Di Negeri Tirai Bambu ini, pom bensin disana dikenal dengan nama Jiāyóu zhàn. Anda akan mendapatkan pelayanan full service dan pembayaran dilakukan di dalam toko setelah pengisian bahan bakar. Jadi, China menerima pembayaran tunai dan kartu kredit.

Gambar yang menunjukan pombensin berwarna putih yang ada di negara China

Sekilas mirip di Indonesia, ini adalah pom bensin yang berada di China

Masalahnya, China diketahui hanya memiliki sedikit pom bensin dibandingkan negara lain di dunia. Karena itu, pastikan Anda berkendara dengan tangki terisi setengah penuh. Meskipun mempunyai petugas, Anda harus mengisi sendiri bahan bakar di pom bensin di daerah terpencil. CNPC, Shell dan BP merupakan pom bensin yang biasa ditemui di China dengan produk bensin ron 92, 95 dan diesel.

>>> Ketahui life hack pengemudian lainya disini

5. Russia

Dikenal dengan nama Benzokolonka, pom bensin di Russia menerima uang tunai, kartu kredit, dan kartu yang khusus digunakan untuk membeli bahan bakar. Tidak ada petugas yang akan melayani Anda. Jadi, Anda harus membayar terlebih dahulu baru mengisi bahan bakar dengan metode self-service.

Gambar yang menunjukan pom bensin yang ada di negara Russia

Tanpa ada petugas, pengisian disini dilakukan secara self-service

Rusia akan menghadirkan pemandangan jalanan yang menarik. Tapi jangan salah, selalu berhati-hai ketika mengisi bahan bakar, karena ada beberapa tempat yang menukar bensin dengan air. Pom bensin yang biasa ditemui di Russia adalah Tatneft, BP, TNK, Shell, dan Lukoil dengan dua jenis bahan bakar, yaitu bensin bebas timbal dan dizel/diesel.

Perbedaan pengisian bahan bakar di berbagai negara untuk wilayah Asia, sepertinya tidak memiliki banyak perbedaan dengan Indonesia. Tentu saja, yang masih menjadi masalah adalah mengetahui dimana pom bensin terdekat ketika berkendara di daerah baru. Untuk itu, pastikan mobil Anda selalu terisi minimal setengah penuh dan menaruh bahan bakar cadangan di belakang bisa sangat membantu.

>>> Perhatikan tips dan trik otomotif lainnya disini

Share this post:
 
back to top