Life Hack Liburan: Perbedaan Pengisian Bahan Bakar di Berbagai Negara di Afrika

27/05/2018

Pengemudian
Share this post:
Life Hack Liburan: Perbedaan Pengisian Bahan Bakar di Berbagai Negara di Afrika
Setelah beberapa waktu lalu kita bahas tentang perbedaan pengisian bahan bakar di Asia, kali ini kita akan liburan ke negara-negara padang pasir dengan segala keeksotisannya. Bagi yang ingin liburan dan berkendara, perhatikan perbedaan pengisian bahan bakar di berbagai negara di Afrika.

Liburan di negara-negara di benua Afrika memang harus mempersiapkan stamina yang cukup. Dengan luasnya sabana dan perjalanan jarak jauh antar kota, menyewa sebuah mobil menjadi salah satu pilihan liburan yang menyenangkan. Agar tidak keliru, berikut perbedaan pengisian bahan bakar di berbagai negara di Afrika.

1. Mesir

Salah satu negara yang menjadi tujuan wisata dengan piramida dan kebudayaannya, penduduk Mesir menyebut pom bensinnya dengan nama Banzem. Pelayanan yang diberikan sudah full service dengan petugas pom bensin yang akan mengisikan bahan bakar kendaraan Anda. Dan yang paling penting, sediakan sekitar 3-5 Pound Mesir untuk tips bagi petugas pengisian bahan bakar. Cukup murah, hanya sekitar Rp. 2.000 – Rp. 4.000.

Gambar yang menunjukan stasiun pengisian bahan bakar yang ada di negara Mesir

Stasiun pengisian bahan bakar Total yang ada di Mesir

Sama seperti di Jepang, petugas akan memberikan jasa pembersihan windshield, wiper dan spion mobil. Bahan bakar yang ditawarkan yaitu bensin ron 82, 92, dan Premium 95 dan diesel. Pom bensin yang umum ditemukan di Mesir adalah Emarat Mesir, Total, Gastec, dan Oilibya.

2. Moroko

Di Moroko, pom bensin biasanya disebut dengan Mahatat Bnzyn atau Banzem Petrol Station. Sama seperti Mesir, pom bensin disini juga ada petugas yang mengisikan bahan bakar Anda dengan tips debesar 3 Dirham Moroko atau Rp. 4.500. Masalahnya, pom bensin di Moroko hanya menerima pembayaran secara tunai.

Gambar yang menunjukan stasiun pengisian berwarna hijau di Moroko

Afriquila, salah satu landmark pengisian bahan bakar di Moroko

Karena Moroko secara sejarah dekat dengan Spanyol dan Prancis, jadi Anda bisa mendengar bahasa-bahasa tersebut di negara ini. Contohnya, bensin disini disebut Sans Blomb yang berasal dari bahasa Prancis sedangkan gazole yang berarti diesel.

>>> Perbedaan pengisian bahan bakar di negara-negara di Asia

3. Afrika Selatan

Karena Afrika Selatan merupakan bekas jajahan Inggris, jadi pom bensin disini juga masih disebut dengan Petrol Station atau Filling Station. Di negara ini, Anda bisa mengisi bahan bakar di Shell, Engen, Sasol, BP, dan Caltex dengan bahan bakar bensin ron 93 dan 95, serta diesel.

Gambar yang menunjukan pom bensin Caltex dengan warna dasar merah dan putih yang ada di Afrika Selatan

Caltex, salah satu penyedia layanan pengisian bahan bakar di Afrika Selatan

Pembayaran bisa dilakukan dengan tunai dan kartu kredit. Afrika merupakan salah satu negara yang menerima kartu kredit, bahkan kartu kredit international. Tapi, siapkan juga uang receh sebanyak R5 sampai R10 atau sama dengan Rp. 5.000 – Rp. 10.000 untuk tip, karena ada petugas yang akan mengisikan bahan bakar Anda.

>>> Tips pengemudian lainnya ada disini

4. Turki

Meskipun Turki berada di Asia, tapi nuansa yang diberikan masih memiliki warna Afrika. Disini, pom bensin disebut dengan nama Benzincini. Bahan bakar yang ditawarkan hanya ada dua, yaitu Benzine dan Mazot atau Dizel (diesel). Turki merupakan salah satu negara dengan harga bahan bakar tertinggi di dunia. Jadi, siapkan uang lebih untuk mengisi bbm Anda disini.

Gambar yang menunjukan stasiun pengisian bahan bakar yang ada di Turki

Stasiun pengisian bahan bakar Petro Ofisi yang ada di Turki

Anda bisa membayar dengan tunai, kartu kredit, dompet digital, dan kartu pra-bayar. Layanan self-service tidak biasa dilakukan di Turki, tapi biasanya pengemudi membayar di muka ke kasir. Setelah itu, Anda akan menerima tanda terima untuk diberikan kepada petugas pompa yang akan mengisi tangki Anda. Tapi, tetap saja sediakan uang receh sekitar 2 – 3 Turkish Lira, atau sekitar Rp. 6.000 – Rp. 9.000.

Perbedaan pengisian bahan bakar di berbagai negara di Afrika bisa membingungkan. Tapi, kebanyakan pom bensin disini menyarankan Anda untuk memberikan uang tip bagi petugas pengisian. Jadi, tetap sediakan uang receh ketika melakukan pengisian bahan bakar jika Anda tidak mau mendapatkan tatapan sinis dari petugas pengisi bahan bakar.

>>> Tips dan trik terkini lainnya ada disini

Share this post:
 
back to top