Life Hack: Cara Cepat Mendinginkan Kabin yang Panas Ketika Parkir

28/05/2018

Pengemudian
Share this post:
Life Hack: Cara Cepat Mendinginkan Kabin yang Panas Ketika Parkir
Salah satu hal yang menyebalkan ketika cuaca panas adalah kabin mobil bersuhu panas ketika Anda tinggalkan di parkiran. Banyak yang tidak tahu, tapi mendinginkan kabin yang panas ketika parkir tanpa AC, sangat mudah dan hanya butuh beberapa langkah saja.

Cerahnya cuaca sangat berpengaruh besar terhadap mobil yang diparkir, khususnya langsung dibawah terik matahari. Seringkali hawa panas masih mengendap beberapa saat bahkan setelah AC dihidupkan. Tetapi dengan beberapa trik saja, Anda dengan cepat bisa mendinginkan kabin yang panas saat parkir tanpa AC.

1. Membanting pintu mobil dari sisi ke sisi

Menggunakan AC terbilang kurang efektif dalam mendinginkan kabin. Hawa panas hanya akan membuat AC bekerja lebih keras dan menggunakan lebih banyak tenaga. Cara satu ini terbukti sangat efisien dalam mengeluarkan hawa panas yang terperangkap di dalam kabin. Sejauh ini, dalam beberapa kali percobaan, cara ini sangat ampuh untuk mendinginkan kabin mobil.

Gambar yang menunjukan mobil yang membuka kedua pintu dan bagian atap

Membuka pintu akan membuat pergantian udara terjadi

Caranya adalah dengan membuka kedua sisi pintu mobil dengan jendela yang masih tertutup. Setelah itu, banting pintu dengan lembut tapi cepat. Dalam ilmu fisika, udara panas akan terbawa keluar diganti oleh udara luar yang lebih sejuk. Anda juga bisa menggunakan dua sisi pintu penumpang.

>>> Begini cara mempersiapkan AC untuk menghadapi udara panas

2. Menggunakan kipas AC

Cara cepat untuk menyegarkan udara panas di dalam kabin adalah dengan menggantinya dengan udara yang lebih dingin di luar. Caranya adalah dengan menurunkan jendela dan mengatur nyala AC dengan pengaturan udara segar, bukan resirkulasi. Tingkatkan kecepatan kipas hingga maksimum dan pengaturan AC yang paling dingin.

Bagi Anda yang memiliki kendaraan dengan sunroof, penggantian udara bisa lebih mudah dilakukan. Jadi, daripada menurunkan jendela, Anda hanya tinggal membuka atap mobil dan beraih ke mode AC terdingin dengan kipas paling maksimal dan asupan udara segar akan datang.

Gambar yang menunjukan sunroof pada mobil sedan dengan warna perak

Sunroof mempermudah keluarnya udara panas dari kabin

Setelah itu, udara panas akan mulai disedot ke luar dan diganti dengan udara dingin dari luar. Dalam beberapa menit, ketika suhu kabin akan terasa lebih nyaman, tutup jendela dan alihkan ke mode resirkulasi agar tidak membebani AC mobil Anda terlalu banyak. Tapi ingat, cara ini membutuhkan lebih banyak tenaga dan mesin akan bekerja lebih berat. Hindari menggunakan cara ini sesering mungkin.

>>> Tips pengemudian lainnya ada disini

3. Gunakan sun shade

Salah satu cara untuk menghindari panasnya kabin adalah dengan memberikan perlindungan terlebih dahulu dari panas matahari itu sendiri. Caranya adalah dengan menutup jendela dengan sun shade dan menghalangi masuknya sinar matahari berlebihan yang membuat kabin menjadi panas.

Gambar yang menunjukan seorang teknisi yang sedang memasang sun shade pada jendela mobil

Sun shade bisa mengurangi sinar matahari yang masuk

Selain itu, pastikan untuk memarkir mobil Anda di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung. Dengan ini, Anda bisa mengurangi penumpukan udara panas di dalam mobil sehinga membantu Anda lebih mudah mendinginkan kabin yang panas ketika parkir dan menghindari efek rumah kaca yang terjadi pada mobil.

>>> Dapatkan tips otomotif lainnya disini

Share this post:
 
back to top