Lebih Murah, Tapi Ada Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak

24/03/2019

Pengemudian
Share this post:
Lebih Murah, Tapi Ada Potensi Bahaya Belajar Mengemudi Otodidak
Belajar mengemudi menjadi hal penting untuk seseorang yang ingin bisa dan akan sering mengemudi mobil baik untuk harian maupuan saat akhir pekan. Umumnya remaja atau bahkan orang dewasa meminta tolong temannya yang sudah pintar mengemudi untuk diajarkan cara mengemudi yang benar. Namun hati-hati, ada potensi bahaya belajar mengemudi otodidak untuk Anda.

1. Mobil Pribadi

Belajar mengemudi penuh risiko karena menggunakan mobil pribadi

Belajar mengemudi otodidak dengan mobil pribadi penuh risiko dan bisa merugikan Anda

Belajar mengemudi secara otodidak berarti menggunakan mobil sendiri yang tidak dilengkapi dengan pedal rem dan kopling emergency. Menurut Marcell Kurniawan, Training Director dari The Real Driving Center (RDC), pedal rem dan kopling emergency ini disiapkan khusus oleh lembaga kursus mengemudi. “Sehingga ketika dalam keadaan darurat, pendamping atau instruktur bisa mengoperasikan pedal bila si pengemudi panik atau ada salah,” ujarnya kepada Cintamobil.com. Akan berbahaya bila saat belajar mengemudi otodidak kedua orang panik bisa celaka.

>>> Mungkin Anda tertarik: Panduan Mengemudi Dengan Mobil Transmisi Otomatis

2. Kompeten Dalam Mengajar

Seseorang yang kompeten dalam mengajar akan lebih baik dalam mengajari mengemudi

Kompetensi dalam mengajar mengemudi jadi hal penting agar tetap aman dan nyaman

Umumnya belajar mengemudi otodidak didampingi oleh orang yang tidak kompeten dalam mengajar mengemudi. Pendamping tersebut hanya kompeten dalam mengemudi saja. Menurut Marcell, seorang instruktur perlu memiliki reaksi yang baik untuk dapat bertindak dengan cepat dan tepat. “Bila bukan instruktur yang kompeten biasanya sama-sama panik dan akibatnya bisa terjadi kecelakaan,” tukasnya.

>>> Tips pengemudian terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

3. Kebiasaan Mengemudi

Kebiasaan buruk mengemudi bisa menular pada orang yang diajarkan

Belajar mengemudi otodidak juga bisa membuat kebiasaan buruk ditularkan kepada orang yang baru belajar

Pendamping latihan saat belajar mengemudi otodidak biasanya akan disesuaikan dengan perilaku atau kebiasaan mengemudi yang jelek kepada yang diajarkan. Seperti halnya penilaian risiko yang tidak tepat atau mengambil risiko yang tidak perlu sehingga bisa menyebabkan kecelakaan.

>>> Aturan Menyalip Atau Mendahului Kendaraan Lain Di Depan Anda

4. Pengetahuan

Pengetahuan orang yang mengajarkan juga penting agar tahu peraturan lalu lintas

Pengetahuan rambu lalu lintas wajib diketahui saat belajar mengemudi

Seorang pendamping saat belajar mengemudi otodidak umumnya tidak diajarkan tentang pengetahuan-pengetahuan yang dibutuhkan oleh seorang pengemudi. Seperti pemeriksaan awal sebelum mengemudi, manajemen risiko, manajemen penglihatan, serta peraturan lalu lintas. Hal ini berpotensi bahaya karena bisa menjadi pelanggar aturan lalu lintas.

>>> Tips dan trik otomotif paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
 
back to top