Langkah Penting ketika Parkir di Tanjakan atau Penurunan

27/08/2018

Pengemudian
Share this post:
Langkah Penting ketika Parkir di Tanjakan atau Penurunan
Bagi pengendara mobil, terlebih ketika baru belajar, kadang mengalami kesulitan ketika parkir di tanjakan atau penurunan. Berbeda dengan parkir di jalanan datar, jalanan yang mendaki atau menurun memiliki beberapa keterampilan khusus.

Jika berada di jalan mendatar, parkir bisa langsung dilakukan tanpa perlu embel-embel lain. Tapi, ketika mobil berada di tanjakan dengan kemiringan yang mengkhawatirkan, ada lebih banyak resiko ketika memarkirkan mobil Anda. Ikuti beberapa langkah parkir di tanjakan atau daerah menurun untuk menjaga kendaraan Anda tetap aman selama ditinggalkan,

1. Perhatikan pijakan mobil

Jika Anda memarkirkan mobil secara paralel di atas bukit, terlebih dahulu cari posisi parkir yang aman. Jangan langsung mematikan kendaraan dan pastikan mobil berada pada sudut kemiringan yang tidak terlalu tajam.

Gambar yang menunjukan mobil yang parkir di jalan terjal

Pilih tempat yang tidak terlalu terjal ketika parkir (foto: Horizon 2020 Project)

>>> Sayangi Bumi dan Isinya, Begini Tips Berkendara Ramah Lingkungan

2. Alihkan ke gigi parkir / gigi 1

Setelah Anda memposisikan mobil Anda ke dalam ruang parkir, alihkan mobil ke gigi pertama jika Anda memiliki transmisi manual atau posisi P (park) jika mobil bertransmisi otomatis. Membiarkan mobil berada dalam keadaan netral atau D (drive) akan meningkatkan resiko Anda meluncur ke belakang atau depan.

Gambar yang menunjukan pengemudi yang sedang memegang rem tangan

Pastikan untuk tidak lupa mengaktifkan rem tangan (foto: Your Mechanic)

>>> Tertarik membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

3. Gunakan rem darurat/rem parkir

Sangat disarankan untuk menggunakan rem parkir kapanpun Anda memarkirkan kendaraan, terutama ketika parkir di atas bukit. Sebelum Anda mematikan mobil, penting untuk mengarahkan roda ke arah luar jalan agar mobil tidak terguling ke jalan jika rem parkir Anda bermasalah/blong.

4. Belokkan roda

Membelokkan roda saat parkir diperlukan untuk keselamatan pejalan kaki serta kendaraan lain yang melintas. Jika ban selaras dengan kendaraan, mobil akan lebih mudah meluncur ke bawah. Saat parkir menurun, putar setir ke arah kiri (ke arah trotoar) dan ketika parkir menanjak, putar setir ke kanan (ke arah jalan).

>>> Dapatkan berbagai informasi tips mengemudi lainnya ada di sini

Gambar yang menunjukan tips parkir dengan membelokkan roda

Berikut tips membelokkan roda ketika parkir di tanjakan/turunan (foto: BC Driving Blog)

5. Berhati-hati sebelum pergi

Setelah parkir dan ingin menghidupkan kendaraan, jangan lupa untuk menekan pedal rem sebelum menonaktifkan rem tangan kendaraan untuk mencegah mobil meluncur ke bawah. Selain itu, sama seperti parkir pada umumnya, selalu perhatikan spion untuk menghindari pejalan kaki serta kendaraan lain yang melintas di belakang mobil.

Parkir di tanjakan atau penurunan memang membutuhkan kewaspadaan tingkat tinggi. Masalahnya, tak jarang kendaraan langsung meluncur ke bawah ketika pedal rem terlepas atau rem tangan tidak terpasang. Hindari kondisi menyusahkan ketika parkir dan selagi bisa; cari daerah mendatar yang lebih landai dibandingkan pendakian atau penurunan tajam sebagai tempat parkir.

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top