Langkah Lengkap Bayar Pajak Kendaraan Online

05/10/2020

Pengemudian

8 menit

Share this post:
Langkah Lengkap Bayar Pajak Kendaraan Online
Bayar pajak kendaraan online bisa dilakukan di rumah saja tanpa perlu ke kantor Samsat. Anda tinggal mengunduh aplikasi Samsat Online Nasional, dan lakukan pembayaran secara daring.

Ketika terjadi pandemi Covid-19 di Indonesia, pemerintah mengeluarkan himbauan agar mengurangi aktivitas di luar rumah yang tak penting untuk meminimalisir terjadinya kontak langsung dengan orang banyak. Jika masih bisa dilakukan secara daring, maka sebaiknya kegiatan tersebut dilakoni cukup dari rumah saja tanpa perlu mengurangi efektifitas dan tujuan dari aktivitas tersebut.

Berbagai inovasi pun dikeluarkan oleh para institusi pemerintahan dan swasta demi memenuhi kebutuhan kegiatan yang beralih dari cara offline ke cara online. Termasuk diantaranya memberikan kemudahan masyarakat untuk membayar pajak kendaraan. Contohnya pihak Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang mengeluarkan kemudahan bayar pajak kendaraan online.

Bekerja sama dengan Dinas Pendapatan Provinsi, PT Jasa Raharja (Persero) dan sejumlah bank pemerintah maupun swasta, masyarakat di Tanah Air kini semakin dimudahkan untuk bayar pajak kendaraan online tanpa perlu datang ke kantor Samsat yang memiliki risiko penularan Covid-19 akibat adanya kontak langsung dengan banyak orang.

>>> Sebelum Beli Mobil Bekas, Cek Dulu Keaslian Dokumen Kendaraan

Mengenal Sistem Samsat Online dan Aplikasi e-Samsat di Indonesia

tarif PKB dan SWDKLLJ

Bayar PKB dan SWDKLLJ mobil maupun motor sekarang tak perlu repot antri di kantor Samsat

Demi menunjang sistem pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) secara online di tengah pandemi Covid-19, Korlantas Polri giat mensosialisasikan program Samsat Online Nasional melalui aplikasi mobile. Ini merupakan layanan jaringan elektronik yang diselenggarakan Tim Pembina Samsat Nasional untuk pembayaran dan pengesahan PKB, SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan), dan PNBP Pengesahan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) secara online.

Aplikasi e-Samsat tersebut dapat diunduh ke ponsel atau gadget lainnya yang bersistem operasi Android secara gratis melalui Google PlayStore. Dengan aplikasi mobile ini, wajib pajak bisa mendaftarkan kendaraan yang akan dibayarkan pajak tahunannya, mengetahui besarnya PKB dan SWDKLLJ dari sebuah kendaraan bermotor yang wajib dibayar dan masa berlakunya pajak kendaraan tersebut, menampilkan bukti e-pengesahan STNK, hingga melakukan pengaduan, kritik, atau saran terkait cara bayar pajak kendaraan online melalui aplikasi tersebut kepada pihak Korlantas Polri.

>>> Tips Lapor Pajak Online serta Cara Menghitung Pajak Mobil

Cara Bayar Pajak Kendaraan Online

Aplikasi Samsat Online Nasional

Aplikasi e-Samsat bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store

Untuk bisa menikmati kemudahan pembayaran PKB tanpa perlu repot datang ke kantor Samsat, sebaiknya siapkan dulu beberapa persyaratan dokumen untuk membayar PKB tahunan. Yaitu:

  • STNK asli untuk melihat nomor STNK dan Nomor Rangka dari kendaraan yang akan dibayarkan pajak tahunannya;
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk) asli pemilik kendaraan tersebut yang sesuai dengan mana di STNK.

Lalu berikut ini langkah-langkah untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online :

1. Unduh aplikasi e-Samsat

Sebelum melakukan pembayaran pajak kendaraan secara online, Anda harus lebih dulu mengunduh aplikasi "Samsat Online Nasional" di Google Play Store. Kemudian pasang aplikasi mobile tersebut di ponsel atau gadget Anda yang bersistem operasi Android.

2. Daftar Identitas Kendaraan

Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi tersebut dengan klik "Mulai", kemudian jika sudah tertampil menu pada e-Samsat, selanjutnya klik "Pendaftaran". Disini Anda diminta untuk memasukkan data identitas kendaraan yang akan dibayarkan pajak tahunannya. Mulai dari nomor polisi kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya, kemudian nomor KTP dari pemilik kendaraan, isi juga nomor rangka kendaraan tersebut, nomor ponsel yang bisa dihubungi untuk proses konfirmasi bukti kode bayar, serta alamat email Anda untuk pengiriman kode bayar dan e-Pengesahan STNK. Pastikan nomor ponsel dan alamat email masih aktif agar Anda tidak kesulitan untuk proses pembayaran PKB kendaraan tersebut.

3. Kode Pembayaran akan Dikirim lewat E-mail dan SMS

Setelah semua informasi pendaftaran kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya terisi lengkap, maka klik kolom "Lanjutkan". Nantinya akan tertampil informasi lengkap mengenai kendaraan tersebut termasuk jumlah pajak yang harus dibayarkan. Jika semuanya benar, klik kolom "Setuju", maka Anda akan dikirimkan SKKP elektronik dan kode bayar pajak kendaraan itu melalui e-mail atau SMS di nomor yang telah dicantumkan saat pendaftaran.

Bayar Pajak Kendaraan dari ATM

Bisa bayar via Bank, ATM, atau e-commerce

>>> Review Timor S515 1996: Sejarah Mobil Nasional Terbaik di Eranya

4. Bayar Lewat Bank, ATM, Mobile Banking, atau E-Commerce

Setelah mendapatkan kode bayar, Anda bisa langsung melakukan pembayaran pajak kendaraan (PKB) tersebut melalui beberapa cara. Bisa datang langsung ke bank, melalui ATM, menggunakan layanan mobile atau SMS banking, atau dari layanan e-commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Jika akan membayar melalui ATM, maka berikut tahapannya:

  • Pada menu utama di layar ATM pilih "Bayar";
  • Lalu klik "Menu Lainnya";
  • Kemudian pilih menu "Pajak / Penerimaan Negara" atau "Pajak",
  • Lalu pilih "e-Samsat", selanjutnya tinggal ikuti petunjuk dari menu di ATM tersebut.

Jika sudah membayar, simpan truk dari ATM itu sebagai bukti pembayaran PKB mobil Anda. Pembayaran pajak kendaraan ini bisa melalui bank BNI, BRI, Bank Mandiri, BCA, BTN, CIMB Niaga, dan Bank Permata.

5. Bukti Pengesahan STNK Dikirim via E-Mail

Setelah proses bayar pajak kendaraan online berhasil, maka Anda akan menerima bukti e-TBPKB melalui e-mail beserta bukti pengesahan STNK secara elektronik dari pihak Korlantas Polri. Bukti elektronik ini berlaku 30 hari sejak email tersebut diterima objek pajak untuk ditukarkan dengan stiker bukti pengesahan STNK yang asli.

6. Stiker Pengesahan STNK Bisa Dikirim ke Rumah

Apabila Anda telah menerima e-TBPKB dan e-Pengesahan STNK, maka ada dua langkah yang bisa Anda lakukan selanjutnya:

  • Pertama, menukarkan bukti elektronik itu di kantor atau gerai Samsat untuk mendapatkan stiker pengesahan STNK yang kemudian ditempel pada lembar STNK. Biasanya untuk menukarkan bukti stiker ini tidak perlu antri dan prosesnya terbilang cepat daripada Anda mengurus pembayarna pajak dari tahap awal.
  • Atau yang kedua, bisa dengan mengirimkan stiker pengesahan STNK tersebut langsung ke rumah Anda. Proses pengiriman akan memakan waktu maksimal 7 hari ke alamat yang sesuai dengan alamat di STNK. Jika alamat pengiriman tidak sesuai yang tertera di STNK, maka Anda wajib menghubungi pihak call center Korlantas Polri untuk mengkonfirmasi pengiriman ke alamat yang baru.

Nah, di atas adalah informasi lengkap mengenai Samsat Online dan prosedur cara bayar pajak kendaraan online. Di masa PSBB di tengah himbauan pemerintah untuk mengurangi interaksi akibat pandemi Covid-19, membayar pajak kendaraan tanpa keluar rumah adalah salah satui solusi terbaik.

>>> Pajak Mobil Baru 0% Belum Pasti, Penjualan Jadi Ikut Mandek

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Konsumen Tahan Bayar DP Gara-gara Wacana Pajak Mobil Baru 0%?

27/09/2020

Pasar mobil

4 menit

Kementerian Perindustrian tengah mengusulkan wacana pajak mobil baru 0%. Kabarnya dengan adanya wacana ini ada konsumen yang menahan bayar DP, benarkah?

Lihat juga

4 Jenis Pajak yang Membebani Mobil Baru

25/09/2020

Pasar mobil

4 menit

Setiap mobil baru biasanya dibebankan 4 instrumen pajak yang berbeda. Hal itu juga turut membuat harga mobil di setiap daerah berbeda meskipun modelnya sama.

Lihat juga

Di NTB, Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Bisa Lewat WhatsApp

24/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) meluncurkan inovasi baru berupa aplikasi SamsatApps untuk memudahkan warga membayar pajak kendaraan bermotor via Whatsapp.

Lihat juga

Cara Bayar Pajak di Aplikasi Si Ondel dari Samsat Online Jakarta

24/09/2020

Jual beli

2 menit

Samsat online Jakarta melalui Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akhirnya meluncurkan aplikasi Samsat Online Delivery untuk memudahkan membayar pajak.

Lihat juga

Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Sebaiknya Lewat Online

15/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Bayar Pajak Kendaraan Bermotor di tengah pandemi seperti saat ini tentunya cukup mengkhawatirkan. Tetap tenang saja Anda bisa membayarnya melalui online.

Lihat juga