Lakukan 7 Tips Ini Untuk Mengusir Kebosanan Saat Perjalanan Mudik

31/05/2019
Perjalanan mudik yang panjang dan lama bisa sangat membosankan, namun Anda tak perlu cemas. Anda bisa menyiasatinya agar perjalanan mudik tetap menyenangkan dan tak terasa melelahkan.

Momen mudik lebaran jadi momen tahunan paling ditunggu sebagian masyarakat Indonesia, khususnya bagi yang mencari nafkah di perantauan. Namun ada tantangan yang mesti dihadapi yaitu perjalanan dari tempat kerjanya hingga di kampung halaman. Beberapa pemudik hanya perlu menempuh perjalanan beberapa jam karena tempat tinggalnya yang 'dekat' dari tempat tinggalnya. Sementara yang lain harus menempuh perjalanan panjang karena kampung halamannya nun jauh di sana.

Bagi Anda yang berencana mudik ke kampung halaman yang jauh perlu mempersiapkan secara matang. Perjalanan mudik bisa lebih panjang dari hari-hari biasa karena padatnya lalu lintas sebab di saat yang sama ada pemudik lain yang juga sedang dalam perjalanan ke kampung halaman. Perjalanan yang panjang selain melelahkan juga bisa sangat membosankan.

Seorang penumpang termenung dalam kendaraan

Menempuh perjalanan jauh di kendaraan bisa memicu kebosanan

Nah, tips-tips yang dibagikan uprint.id berikut membantu perjalanan mudik Anda tetap menyenangkan, tidak terasa melelahkan dan tidak membosankan.

1. Bertukar tempat duduk

Kalau Anda mudik bareng teman, keluarga atau sahabat, Anda bisa saling bertukar tempat duduk beberapa kali untuk mendapatkan suasana lain dan pemandangan yang berbeda dari sebelumnya.

>>> Biar Aman, Pastikan Anda Mengatur Posisi Duduk Sebelum Mengemudi

2. Tidur

Kalau tak bisa bertukar tempat duduk dikarenakan perjalanan mudik Anda sendirian, Anda bisa mengurangi rasa bosan dengan tidur di sepanjang perjalanan. Ini akan lebih bermanfaat buat Anda daripada melamun. Waktu Anda juga terasa lebih cepat dan Anda tiba ditempat tujuan tanpa rasa lelah.

3. Membaca novel

Kalau Anda tidak bisa tidur karena memang tidak mengantuk, Anda bisa membaca berbagai buku bacaan, novel, majalah, koran dan sebagainya. Ini bisa mengurangi kebosanan saat perjalanan mudik karena pikiran Anda terfokus pada sesuatu yang Anda baca. Persiapkan bahan-bahan bacaan di atas dalam jumlah yang cukup, terlebih jika Anda masuk kategori kutu buku dan pembaca cepat, persiapkan lebih banyak buku bacaan.

>>> Cari mobil impian? Cuma di Cintamobil.com

Foto menunjukkan seorang penumpang mobil sedang membaca buku

Membaca lebih bermanfaat ketimbang melamun

4. Bermain kuis

Bermain kuis bersama dengan teman seperjalanan membuat suasana lebih ceria. Anda bisa mempersiapkan materinya sebelum berangkat atau seketika saat di perjalanan. Dengan suasana yang ceria perjalanan mudik jadi lebih menyenangkan.

5. Mendengarkan musik atau menonton film

Bagi Anda yang penggemar musik dan film, Anda bisa mengurangi rasa bosan saat perjalanan mudik dengan mendengarkan musik favorit atau menonton film-film unggulan. Gunakan gadget Anda dan headset agar tidak mengganggu pengendara lain.

>>> Tips Memilih Headunit Mobil Biar Mudik Jadi Tidak Membosankan

6. Kurangi melihat jam

Terkadang karena merasa sudah cukup lama di dalam kendaraan dan belum juga sampai tujuan, mata bolak-balik melihat jam tangan atau jam di handphone. Ini membuat Anda justru makin gelisah. Dibanding sering melihat jam lebih baik digunakan untuk menikmati perjalanan dengan melihat pemandangan luar.

Foto menunjukkan pengemudi memakai jam tangan

Bolak balik melihat jam, tandanya sudah sangat gelisah

7. Mengabadikan momen

Jika Anda mudik menggunakan mobil pribadi Anda bisa berhenti sejenak di lokasi-lokasi tertentu yang Anda anggap menarik untuk mengabadikan momen. Jika perjalanan mudik ditempuh melalui jalan tol yang panjang, Anda bisa berhenti rest area, selain mengabadikan momen Anda juga bisa istirahat barang sejenak. Jika tidak puasa atau di malam hari, Anda bisa memanfaatkan rest area untuk mengisi perut dan membeli oleh-oleh.

>>> Tips dan trik menarik lainnya selalu ada disini

Fatchur Sag

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain