Klaim Asuransi Ditolak Jika Melanggar Rambu-rambu Lalu Lintas

20/03/2020

Pengemudian

3 menit

Klaim Asuransi Ditolak Jika Melanggar Rambu-rambu Lalu Lintas
Asuransi kendaraan sangat membantu meringankan beban biaya saat terjadi musibah kecelakaan. Tapi jika melanggar rambu lalu lintas klaim asuransi ditolak.

Manfaat dari asuransi

Asuransi kendaraan memang menjadi pilihan utama dalam membantu meringankan beban saat terjadi kecelakaan. Namun nyatanya masih banyak orang yang belum memahami poin-poin penting yang berhubungan dengan klaim asuransi, sehingga masih banyak masyarakat awam yang merasa tidak terima ketika klaim asuransi ditolak karena sudah melanggar peraturan pada polis ataupun perundang-undangan.

>>> Hari Ini Sama-Sama Diluncurkan, Ini Beda New Agya dan New Ayla

Gambar menunjukan Asuransi Astra

Ikuti aturan ketika berkendara, jadilah pengemudi yang mengutamakan keselamatan

Seperti contoh masih sering kita dengar penggunaan istilah perlindungan “All Risk” dan beranggapan bahwa jenis perlindungan ini sudah menjamin “segala risiko”, padahal sebenarnya penggunaan istilah “All risk” adalah salah, dimana yang dimaksud sebenarnya adalah perlindungan komprehensif, dan perlu diketahui bahwa tidak semua kejadian dapat di-cover oleh pemegang polis dengan perlindungan komprehensif.
 
Sedangkan asuransi Total Loss Only (TLO) yang secara harfiah berarti “hanya (jika) kehilangan total”, yang dimaksud dengan kehilangan total adalah biaya perbaikan untuk kerugian yang terjadi nilainya sama atau lebih dari 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian, serta menjamin kerugian apabila kendaraan hilang karena dicuri.

>>> Tips Modifikasi Toyota New Agya 2020, Optimalisasi di 3 Sektor

Gambar menunjukan Sabuk pengaman

Keselamatan berkendara bisa dimulai dari diri sendiri

Penyebab Klaim Asuransi Ditolak

Namun perlu diingat kembali sekalipun jika seluruh jenis perlindungan sudah diambil, klaim akan tetap gugur atau klaim asuransi ditolak jika kecelakaan yang disebabkan karena kelalaian pengendara mobil melanggar Undang-Undang Lalu Lintas seperti tidak membawa SIM atau membawa SIM yang sudah habis masa berlakunya, melebihi kecepatan berkendara yang ditetapkan, menerobos lampu lalu lintas, kelebihan muatan, berkendara di bahu jalan, dan memotong marka jalan. Dimana hal-hal bersangkutan pelanggaran ini sudah jelas tercantum pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) BAB II Pengecualian Pasal 3 ayat 4.

“Garda Oto sendiri ingin selalu memberikan peace of mind dimanapun pelanggan kami berada, oleh karena itu tidak henti kami ingatkan setiap pelanggan untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas termasuk memperhatikan masa berlaku SIM. Selama semuanya sesuai dengan aturan yang berlaku, kami pun akan selalu siap membantu, tetaplah berkendara aman karena pelanggaran adalah awal dari kecelakaan” papar L. Iwan Pranoto selaku SVP Communication, Event & Service Management dalam keterangan resminya.

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top