Kiat Memilih Lampu Sorot Mobil, Aksesoris Offroad yang Banyak Digandrungi

12/01/2021

Pengemudian

8 menit

Lampu sorot mobil sejatinya berguna untuk memberikan penerangan tambahan manakala berkendara di jalanan yang gelap gulita atau pandangan tertutup kabut tebal

Setiap kendaraan bermotor yang bisa digunakan di jalan raya pasti dibekali dengan lampu. Karena lampu inilah yang bertugas menerangi jalan apabila kendaraan tersebut digunakan saat malam hari atau ketika hujan turun dengan lebat. Lampu juga yang dapat berfungsi sebagai alat komunikasi pengemudi dengan pengguna jalan lainnya.

Tapi terkadang banyak pengguna mobil yang mengeluhkan lamp utama kendaraannya kurang terang. Apalagi manakala mereka harus berkendara di tengah hujan sangat lebat yang disertai kabut tebal. Karenanya berbagai cara pun dilakukan demi kebutuhan akan penerangan yang lebih baik ini terpenuhi. Mulai dari mengganti lampu dengan daya (watt) lebih besar, dan bisa pula dengan cara mengganti jenis lampu yang dipakai misalnya dengan lampu LED (Light Emitting Diode) atau lampu HID (High-Intensity Discharge).

Namun selain itu, ada satu lagi cara yang sering dilakoni pemilik mobil apabila menginginkan kebutuhan pencahayaan lebih terang saat harus berkendara di medan dengan jarak pandang terbatas. Yaitu memasang lampu sorot mobil atau yang sering juga dikenal dengan sebutan lampu tembak mobil. Aksesoris ini menjadi senjata ampuh apabila penerangan dari lampu utama mobil tidak cukup memadai untuk memberikan pandangan ke arah depan. Dan seringnya, lampu sorot mobil super terang akan dipakai untuk kebutuhan kegiatan offroad malam hari. Mengingat medan offroad umumnya berupa hutan atau perkebunan yang tidak ada sama sekali penerangan. Lampu inilah yang akan bertugas sebagai sumber cahaya tambahan untuk dapat mengetahui keadaan sekitar.

Tetapi seiring berjalannya waktu, pemasangan lampu tembak bukan hanya sebagai lampu sorot mobil offroad. Mereka yang ingin penampilan mobilnya lebih keren dan bergaya mobil reli juga ada yang memasang lampu sorot aksesoris ini. Padahal kendaraannya lebih banyak digunakan di jalan raya yang notabene masih sering diberi penerangan jalan. Ya semua memang kembali lagi kepad si pemilik mobil. Mau pasang aksesoris yang memang sesuai fungsinya atau sekedar style semata. Yang jelas jika hendak memasang lampu sorot mobil, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ya.

Pahami Jenis Lampu Sorot Mobil Super Terang

Lampu Tembak di Atap Mobil

Saat ini semakin banyak lampu sorot halogen digantikan dengan yang tipe LED

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, lampu sorot mobil awalnya dipakai sebagai aksesoris untuk kebutuhan offroad. Lampu ini akan menjadi sumber cahaya terbaik manakala melintas di medan berupa hutan atau perkebunan yang tertutup kabut atau gelap gulita tanpa ada sama sekali sumber cahaya.

Awalnya lampu sorot menggunakan bohlam jenis halogen karena lampu ini dianggap yang paling dapat memberikan pancaran cahaya maksimal. Namun kemudian lampu jenis HID yang digunakan, dan kini lampu tembak mobil paling terang lebih banyak yang mengandalkan bohlam jenis LED atau HPLED (High-Power LED). Walaupun bukan berarti keberadaan lampu sorot halogen atau HID digantikan keberadaannya dengan lampu sorot mobil LED, hanya saja populasi lampu LED sorot mobil juga semakin beragam.

Ada beberapa alasan mengapa lampu LED sorot mobil lebih dipilih ketimbang lampu halogen. Antara lain satu buah lampu jenis LED memiliki pancaran sudah cukup terang namun hanya membutuhkan daya listrik yang kecil. Bakan jika beberapa buah lampu LED digabungkan, maka sanggup memberikan cahaya yang jauh lebih baik dari lampu halogen. Dan saat ini, lampu LED juga bisa dipilih keluaran warnanya, ada putih, kuning, biru, dan sebagainya.

Kemudian lampu tembak untuk mobil juga dibedakan atas sifat pancaran cahaya yang dihasilkan lampu tersebut. Ada yang tipe spot, flood, dan tipe pencil beam. Tipe spot umumnya cahaya yang dihasilkan lebih ramping namun bisa menjangkau objek lebih dari 500 meter. Namun untuk lampu tembak jenis flood memiliki pancaran yang lebih menyebar tetapi jangkauan sinarnya tidak terlalu jauh. Terkakhir adalah pencil beam yang punya sifat seperti spotlight tetapi jangkauan cahanya jauh lebih panjang. Ada pencil beam yang mampu memancarkan cahaya hingga jarak 1,5 kilometer.

Sementara dari segi bentuk, baik lampu sorot halogen atau yang LED ada yang ditawarkan dalam bentuk bulat dan persegi. Semua tinggal menyesuaikan saja dengan selera atau kebutuhan Anda. Namun semakin besar ukuran lampu sorot, maka semakin terang pula pancaran cahaya yang bisa dihasilkannya.

>>> Nyetir Mobil saat Hujan Deras, Lampu Mana yang Sebaiknya Dinyalakan?

Perhatikan Penempatan Lampu Sorot

Lampu Sorot Mobil Offroad

Jangan sampai lampu sorot menyilaukan orang lain

Lampu sorot mobil offroad tentu akan berguna sekali saat melakukan kegiatan di medan yang membutuhkan penerangan jelas. Selain itu, sebenarnya keberadaan lampu ini juga bisa sedikit mendongkrak penampilan mobil Anda.

Namun selain jenisnya, yang perlu diperhatikan saat hendak memasang lampu sorot adalah posisi dari lampu tersebut. Jangan sampai posisi lampu malah bisa membahayakan orang lain ketika lampu tersebut diaktifkan. Nah berikut ini ada beberapa posisi penempatan lampu sorot mobil yang bisa Anda pertimbangkan.

  • Di Bumper Depan

Memasang spotlight pada bagian bumper depan adalah hal yang paling sering dilakukan pemilik mobil. Yang perlu diperhatikan adalah pastikan lampu diatur arah pancaran cahyanya sejajar dengan sorotan lampu utama. Dan di posisi ini lampu sorot tipe flood kurang cocok dipasang karena pancarannya akan terlalu menyebar.

  • Di Atap Depan

Posisi penempatan lampu sorot lainnya yang juga bisa diaplikasikan adalah pada atap mobil yang biasanya tepat di bagain atas kaca depan. Dengan posisi ini, penerangan yang bisa dilakukan lampu akan lebih maksimal. Namun jangan sampai cahaya lampu mengenai bagian kap mesin, untuk menghindari refleksi sinar ke kap mesin yang malah membahayakan pengemudi. Jadi pastikan agar jatuhnya cahaya jangan terlalu ke arah bawah.

  • Di Pilar A

Posisi terakhir yang bisa dimanfaatkan juga untuk memasang lampu sorot adalah pada pilar A mobil. Alangkah lebih baik jika lampu sorot dengan silat menyebar yang terpasang di bagian ini. Karena nantinya akan membantu pengemudi ataupun navigator demi mengetahui objek lain dari arah depan saat berkendara di malam hari atau ketika kabut tebal turun.

>>> Begini Cara Buat Rangkaian 3 Relay Lampu Depan Mobil

Harga Lampu Sorot Mobil Terbaik

Bicara harga lampu sorot untuk mobil tentunya di pasaran sangat bervariasi. Untuk lampu sorot universal yang pancaran cahanya tidak terlalu jauh dengan menggunakan 8 buah LED harganya ada dikisaran Rp 200.000. Namun kalau mau yang berkualitas dan siap dipakai offroad atau jenis lampu sorot LED bar maka dibanderol mulai dari Rp 2 jutaan hingga Rp 6 jutaan. Tentunya ada harga ada kualitas, makin mahal maka kualitas lampu juga lebih baik.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya seputar mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa fungsi lampu sorot untuk mobil Offroad?
Lampu sorot ini bertugas sebagai sumber cahaya tambahan untuk dapat mengetahui keadaan sekitar
Jenis Lampu Sorot Mobil Mana paling Terang?
Bohlam jenis LED atau HPLED (High-Power LED) adalah pilihan yang bagus untuk Anda
Berapa harga lampu sorot mobil?
Lampu sorot di pasaran sangat bervariasi. Untuk lampu sorot universal menggunakan 8 buah LED harganya ada dikisaran Rp 200.000, lampu sorot LED bar maka dibanderol mulai dari Rp 2 jutaan hingga Rp 6 jutaan

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top