Keuntungan Memilih Mobil Keluarga dengan Sistem Penggerak Roda Depan

05/10/2020

Pengemudian

2 menit

Share this post:
Keuntungan Memilih Mobil Keluarga dengan Sistem Penggerak Roda Depan
Memilih mobil keluarga seperti model MPV maupun hatchback tak jarang menggunakan sistem penggerak roda depan, apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan?

Konfigurasi penggerak roda belakang sering digunakan pada awal-awal industri otomotif, Baru pada era 80-an, semakin banyak kendaraan menggunakan sistem penggerak roda depan. Sebagian besar kendaraan yang dikhususkan untuk pengendaraan bersama keluarga menggunakan sistem penggerak ini, diantaranya Mitsubishi Xpander maupun Nissan Livina. Apa keuntungan memilih mobil keluarga dari sistem penggerak roda depan?

1. Mesin efisien

Dilansir dari Hyundai Indonesia, mobil dengan sistem penggerak ini mampu menyalurkan tenaga tanpa harus melalui as yang panjang. Pada mobil berpenggerak roda belakang, as menjadi lebih panjang sehingga membuat lebih banyak tenaga. Hal ini tentu saja mengurangi tenaga yang terbuang akibat perjalanan dari mesin ke as roda.

mesin mobil penggerak roda depan
Tak banyak tenaga yang terbuang dari mesin

Bukan hanya untuk efisiensi mesin dan tenaga, pertimbangan sistem penggerak ini mampu memberikan banyak komponen yang bisa distandarisasi, sebagaimana dijelaskan oleh Express and Star. Dengan begitu, biaya produksi menjadi lebih sedikit, dan berdampak pada harga mobil yang bisa dibuat lebih terjangkau.

>>> 7 Pilihan Mobil 7 Penumpang Paling Nyaman di Indonesia

2. Konfigurasi kompak

Selain itu, konfigurasi dan peletakkan komponen pada kendaraan terbilang ergonomis. Tak membutuhkan ruang tambahan untuk penempatan as maupun girboks. Hal ini sangat terasa pada kabin penumpang yang terasa lebih lega. Mengingat tidak ada gundukan pada lantai yang seringkali mengurangi kepraktisan berkendara.

kendaraan yang memiliki komponen penggerak roda depan
Komponen pengendaraan sebagian besar terletak pada as depan

Begitu juga dengan as yang lebih pendek dan komponen yang kompak, konfigurasi mobil dengan sistem penggerak roda depan memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan penggerak roda belakang. Dengan bobot yang ringan, hal ini tentu saja meningkatkan performa serta menambah efisiensi bahan bakar yang bisa dimaksimalkan.

>>> 10 Pilihan Mobil Keluarga Murah Dibawah Rp 100 Juta

3. Meningkatkan pengendalian

Bukan hanya untuk kenyamanan penumpang di dalam kabin, sistem ini bisa dibilang lebih aman dan lebih mudah dikendalikan. Terutama ketika Anda sedang berkendara di jalanan yang licin atau basah pada saat hujan. Kenyaman lebih terasa mengingat komponen pengendaraan berada di depan, sehhingga menekan ban depan dan menghasilkan cengkraman yang lebih baik.

ban mobil Hyundai berwarna putih
Mobil memiliki pengendalian dengan daya cengkram ban yang cukup baik

>>> Tips Mempersiapkan Kendaraan Sebelum Masuk Musim Hujan

Sedangkan sisi negatifnya, keseimbangan mobil tidak lebih baik dibandingkan ketika Anda menggunakan kendaraan berpenggerak roda belakang. Apalagi ketika berkendara dengan kecepatan yang tinggi, tak menutup kemungkinan mobil menjadi lebih mudah mengalami oversteer yang berbahaya bagi Anda dan pengguna jalan lainnya.

Setiap sistem yang digunakan pada kendaraan memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Ada banyak pilihan yang bisa Anda dapatkan untuk penggerak roda belakang maupun depan. Dalam memilih mobil keluarga terbaik, pastikan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

>>> Beragam pilihan mobil keluarga terbaik lainnya bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Cari Mobil Keluarga Mewah? Ini 4 Pilihannya

14/09/2020

Jual beli

8 menit

Ketika memilih mobil keluarga mewah, tentu yang dicari bukan hanya kenyamanan paling optimal untuk seluruh anggota keluarga, namun juga prestige demi menjaga status sosial dari keluarga tersebut.

Lihat juga

10 Pilihan Mobil Keluarga Murah Dibawah Rp 100 Juta

11/09/2020

Jual beli

8 menit

Ada banyak pilihan mobil keluarga murah dibawah Rp 100 juta yang bisa Anda bawa pulang. Namun kali ini kami akan rekomendasikan unit yang usianya belum lebih dari 10 tahun namun saat ini harganya kian menarik.

Lihat juga

Tips Memilih Mobil Keluarga Terbaik

09/07/2020

Jual beli

8 menit

Saat memilih mobil keluarga terbaik, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal. Mulai dari kapasitas penumpang, kemampuan mengangkut barang, hingga efisiesi BBM (Bahan Bakar Minyak) dari kendaraan tersebut

Lihat juga

Pilihan Mobil Keluarga Murah Irit dan Nyaman di Indonesia

23/05/2020

Jual beli

8 menit

Mencari mobil keluarga murah irit dan nyaman tentu merupakan proses selektif yang ketat. Meski demikian, di Indonesia ada beberapa mobil yang masuk dalam kategori ini.

Lihat juga

Waspada, Mobil Keluarga Jadi Sasaran Empuk Penjahat di Tengah Pandemi

23/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Buat pemilik mobil keluarga seperti Toyota Avanza dan sejenisnya sebaiknya lebih waspada, saat ini mobil semacam itu sering jadi sasaran empuk pencurian.

Lihat juga